Doa untuk Orang yang Meninggal dan Artinya
Doa untuk Orang yang Meninggal dan Artinya

Doa untuk Orang yang Meninggal dan Artinya

Ketika seseorang yang kita cintai pergi, kadang-kadang kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan. Di saat-saat seperti itu, doa adalah salah satu cara untuk mengungkapkan perasaan kita dan melakukan sesuatu untuk mereka. Berikut adalah beberapa doa untuk orang yang meninggal dan artinya.

Doa Arwah

Doa Arwah adalah doa yang diucapkan untuk almarhum/almarhumah. Doa ini dapat dibaca pada saat shalat jenazah dan juga pada saat lainnya. Doa Arwah adalah: “اللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه وأكرم نزله ووسع مدخله واغسله بالثلج والماء والبرد ونقه من الذنوب والخطايا كما نقيت الثوب الأبيض من الدنس”. Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, berilah kesembuhan kepadanya, ampuni kesalahannya, dan berilah kemuliaan kepadanya. Lapangkanlah tempatnya di sisi-Mu dan bersihkanlah dia dengan salju, air, dan dingin serta bersihkanlah dia dari dosa dan kesalahan seperti mencuci pakaian putih dari noda”.

Doa-doa Lain

Selain Doa Arwah, ada beberapa doa lain yang dapat kita ucapkan untuk orang yang telah meninggal. Salah satu doa yang dapat kita ucapkan adalah: “Ya Allah, jadikanlah almarhum/almarhumah orang yang diterima dan dimasukkan ke dalam surga-Mu. Engkau-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. Doa ini dapat kita baca pada saat shalat jenazah ataupun pada saat lainnya. Doa ini berarti: “Ya Allah, jadikanlah almarhum/almarhumah orang yang diterima dan dimasukkan ke dalam surga-Mu. Engkau-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Doa Nurbuat

Doa Nurbuat adalah doa yang diucapkan untuk almarhum/almarhumah yang telah meninggal dunia. Doa ini berbunyi: “اللهم اغشناه بالغفران والرحمة والإحسان وأبدله دارا خيرا من داره وأهلا خيرا من أهله واغنه بغنى من عندك وارض الله نفسه بالإسلام”. Artinya: “Ya Allah, berilah kepada almarhum/almarhumah ampunan dan rahmat-Mu, dan berikanlah kepadanya sebuah rumah yang lebih baik dari rumahnya sebelumnya, dan berikanlah kepadanya keluarga yang lebih baik dari keluarganya sebelumnya, dan karuniakanlah kepadanya kaya raya yang datang dari-Mu, dan Allah menghendaki kebaikan bagi dirinya dengan Islam”.

Doa Dzikir

Doa Dzikir (do’a memohon kepada Allah) juga merupakan salah satu doa yang dapat kita ucapkan untuk almarhum/almarhumah. Doa Dzikir berbunyi: اللهم احشره في جناتك الأعلى واغفر له ما تغفر للمؤمنين وأسكنه في الجنان الأعلى والأفضل. Artinya: “Ya Allah, berkatilah dia dengan surga-Mu yang paling tinggi, ampuni dia seperti Engkau ampuni orang-orang beriman, dan tempatkanlah dia di surga yang paling tinggi dan paling mulia”.

Doa Syafaat

Doa Syafaat (do’a memohon pertolongan) adalah salah satu doa yang dapat kita ucapkan untuk almarhum/almarhumah. Doa Syafaat berbunyi: “اللهم اجعل في قبره نورا واجعل عند كرسيك نورا واجعل من أجله رحمة وأحسن من أجله رحمة”. Artinya: “Ya Allah, jadikanlah cahaya di kuburannya, jadikanlah cahaya di hadapan takhta-Mu, dan berilah rahmat kepadanya dan berilah rahmat yang lebih baik kepadanya”.

Doa Istighfar

Doa Istighfar (memohon maaf kepada Allah) juga merupakan salah satu doa yang dapat kita ucapkan untuk almarhum/almarhumah. Doa Istighfar berbunyi: “اللهم انا نسألك العفو والعافية والغفران والرحمة”. Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu ampunan dan kesembuhan, ampunan dan rahmat-Mu”.

Doa Qunut

Doa Qunut adalah doa yang diucapkan untuk almarhum/almarhumah. Doa Qunut berbunyi: “اللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه وأكرم نزله واغسله بالثلج والماء والبرد واجعله من الصالحين”. Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, berilah kesembuhan kepadanya, ampuni kesalahannya, dan berilah kemuliaan kepadanya. Lapangkanlah tempatnya di sisi-Mu dan bersihkanlah dia dengan salju, air, dan dingin serta jadikanlah dia termasuk orang-orang yang saleh”.

Kesimpulan

Doa adalah salah satu cara untuk mengungkapkan rasa hormat dan rasa sayang kita kepada orang yang telah meninggal dun