Doa Untuk Orang Tua dari Alquran dan Artinya
Doa Untuk Orang Tua dari Alquran dan Artinya

Doa Untuk Orang Tua dari Alquran dan Artinya

Di antara nikmat terbesar yang Allah berikan kepada kita adalah orang tua. Allah menciptakan orang tua sebagai sumber inspirasi dan motivasi bagi anak-anaknya. Orang tua yang baik selalu memiliki kasih sayang yang besar terhadap anak-anaknya dan mengajarkan mereka nilai-nilai positif. Dengan demikian, doa untuk orang tua adalah salah satu cara terbaik untuk mengungkapkan rasa cinta dan hormat kita terhadap mereka.

Doa untuk orang tua dalam Alquran merupakan cara untuk mengungkapkan rasa syukur dan bersyukur atas nikmat Allah. Kata-kata yang terkandung dalam doa tersebut mengingatkan kita untuk selalu mengingat Allah dan mengikuti petunjuk-Nya. Berikut adalah beberapa doa untuk orang tua yang terdapat dalam Alquran dan artinya.

Doa Untuk Orang Tua yang Terdapat dalam Alquran dan Artinya

1. Doa yang terdapat dalam surat Al-Isra ayat 23-24: “Dan katakanlah: “Ya Tuhanku, berikanlah ampunan kepada mereka kedua orang tuaku, sebagaimana mereka berdua telah merawatku sejak kecil”. Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah kedua orang tuaku, karena mereka telah merawatku dengan baik sejak aku masih kecil.

2. Doa yang terdapat dalam surat Al-Anbiya ayat 87: “Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berdoa: “Ya Tuhanku, jadikanlah dari keturunanku (umat) yang berserah diri (kepada-Mu)”. Artinya: Ya Tuhanku, jadikanlah dari keturunanku (umat) yang berserah diri kepada-Mu.

3. Doa yang terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 83: “Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata (kepada orang tuanya): “Ya bapakku, sesungguhnya aku telah melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka lihatlah apa yang engkau pandang”. Artinya: Ya bapakku, aku benar-benar melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka lihatlah apa yang engkau pandang.

4. Doa yang terdapat dalam surat Al-Ahqaf ayat 15: “Ya Tuhanku, berikanlah aku petunjuk (untuk berbuat baik) terhadap orang tua-ku, sesungguhnya mereka telah membimbingku sejak kecil”. Artinya: Ya Tuhanku, berikanlah aku petunjuk untuk berbuat baik terhadap orang tua-ku, karena mereka telah membimbingku sejak kecil.

5. Doa yang terdapat dalam surat Al-Mumtahanah ayat 4: “Ya Tuhanku, berikanlah kebaikan kepada kedua orang tua-ku, sebagaimana mereka telah membesarkanku sewaktu aku masih kecil”. Artinya: Ya Tuhanku, berikanlah kebaikan kepada kedua orang tua-ku, karena mereka telah membesarkanku sewaktu aku masih kecil.

6. Doa yang terdapat dalam surat Asy-Syura ayat 40: “Ya Tuhanku, berikanlah aku karunia dari sisi-Mu dan perbaikilah aku dalam urusanku dengan orang tua-ku”. Artinya: Ya Tuhanku, berikanlah aku karunia dari sisi-Mu dan perbaikilah aku dalam urusanku dengan orang tua-ku.

7. Doa yang terdapat dalam surat An-Nisa ayat 36: “Ya Tuhanku, berikanlah kebaikan kepada kedua orang tua-ku, sebagaimana mereka telah membesarkanku sewaktu aku masih kecil”. Artinya: Ya Tuhanku, berikanlah kebaikan kepada kedua orang tua-ku, karena mereka telah membesarkanku sewaktu aku masih kecil.

8. Doa yang terdapat dalam surat Al-Isra ayat 24: “Ya Tuhanku, berikanlah aku (kebaikan) dari sisi-Mu dan perbaikilah aku dalam urusanku dengan orang tua-ku”. Artinya: Ya Tuhanku, berikanlah aku (kebaikan) dari sisi-Mu dan perbaikilah aku dalam urusanku dengan orang tua-ku.

9. Doa yang terdapat dalam surat Al-Maidah ayat 25: “Ya Tuhanku, berikanlah ampunan kepada kedua orang tua-ku, sebagaimana mereka telah merawatku sejak kecil”. Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah kedua orang tua-ku, karena mereka telah merawatku dengan baik sejak aku masih kecil.

10. Doa yang terdapat dalam surat Al-Ankabut ayat 8: “Ya Tuhanku, berikanlah aku (kebaikan) dari sisi-Mu dan perbaikilah aku dalam urusanku dengan orang tua-ku”. Artinya: Ya Tuhanku, berikanlah aku (kebaikan) dari sisi-Mu dan perbaikilah aku dalam urusanku dengan orang tua-ku.

Kesimpulan

Doa untuk orang tua adalah salah satu cara terbaik untuk mengungkapkan rasa cinta dan hormat kita terhadap mereka. Dengan demikian, doa untuk orang tua dalam Alquran merupakan cara untuk mengungkapkan rasa syukur dan bersyukur atas nikmat Allah. Selain itu, doa tersebut juga mengingatkan kita untuk selalu mengingat Allah dan mengikuti petunjuk-Nya. Oleh karena itu, marilah kita selalu berdoa untuk orang tua kita agar Allah senantiasa melindungi dan memberkati mereka.