Doa Untuk Ayah yang Sudah Meninggal Arab dan Artinya
Doa Untuk Ayah yang Sudah Meninggal Arab dan Artinya

Doa Untuk Ayah yang Sudah Meninggal Arab dan Artinya

Doa adalah suatu bentuk ungkapan rasa harapan, permintaan, maupun ucapan terima kasih kepada Allah SWT. Doa merupakan salah satu cara untuk menghubungkan diri kita sebagai manusia dengan Tuhan yang setiap saat melihat kita. Terutama bagi mereka yang sudah meninggal, doa merupakan bentuk penghargaan terbaik untuk mereka.

Meninggalnya seseorang memang selalu menyisakan kesedihan. Banyak orang yang ingin mendoakan kebaikan kepada orang yang sudah tiada, namun masih bingung mau mengucapkan doa yang tepat. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa doa untuk ayah yang sudah meninggal (Arab dan artinya).

Doa Untuk Ayah yang Sudah Meninggal Arab dan Artinya

1. اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيرِنَا وَكَبِيرِنَا.
Artinya: “Ya Allah, ampunilah mereka yang masih hidup, yang sudah meninggal, yang hadir, yang tidak hadir, yang kecil dan yang besar.”

2. اَللَّهُمَّ رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ فَاغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا.
Artinya: “Ya Allah, Tuhan segala sesuatu, maka ampunilah kami yang masih hidup, yang sudah meninggal, yang hadir, yang tidak hadir.”

3. اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِينُكَ عَلَى رَوْحِ الْمَوْتَى وَنَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ عَمَلِهِمْ وَنَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ لِأَهْلِهِمْ.
Artinya: “Ya Allah, kami memohon pertolonganmu untuk roh orang yang telah meninggal, kami memohon kebaikan dari amal mereka, dan kami memohon keselamatan untuk keluarga mereka.”

4. اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِوَالِدِيْنَا وَإِخْوَانِنَا وَأَصْحَابِنَا وَأَهْلِنَا وَإِخْوَانِنَا وَأَصْحَابِنَا.
Artinya: “Ya Allah, ampunilah orang tua kami, saudara-saudara kami, teman-teman kami, keluarga kami, saudara-saudara kami dan teman-teman kami.”

5. اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا دَعْوَةَ الْمُؤْمِنِينَ وَتَسْأَلْنَا عَنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَاجْعَلْ عَمَلَنَا عُمْلاً مُقِيماً وَأَجِرْنَا مِنْ وَرَائِنَا.
Artinya: “Ya Allah, janganlah Engkau larang doa orang-orang beriman dan tanyakanlah kepada kami tentang ahli surga. Jadikanlah amal kami sebagai amalan yang tetap dan anugerahilah kami balasan yang baik.”

6. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَعَجِّلْ فَرَجَهُمْ وَالْعَافِيَةَ لِأَهْلِهِمْ وَاغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ.
Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada Muhammad dan keluarganya, cepatlah memberikan kesembuhan kepada mereka dan keamanan bagi keluarga mereka. Ampunilah orang-orang beriman dan berimanah, serta orang-orang muslim dan muslimah.”

7. اَللَّهُمَّ اجْعَلْ فِيْ قَبْرِهِ مَحْبُوْباً وَاجْعَلْهُ فِيْهِ رَوْضَةً مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ وَاغْفِرْ لَهُ مَا تَعْلَمُ مِنْ ذَنْبِهِ وَأَجِرْنَا مِنْ وَرَائِنَا.
Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dia disukai di dalam kubur dan jadikanlah dia di dalamnya sebagai kebun dari kebun-kebun surga. Ampunilah kesalahannya yang Engkau ketahui dan anugerahilah kami balasan yang baik.”

8. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِأَسْمَائِكَ الْحُسْنَى، وَأَدْعِيَائِكَ الْقُرْآنِ، أَنْ تَغْفِرَ لِوَالِدِينِي كُلَّهُمَا وَتَرْحَمَهُمَا كَمَا