Doa Tolak Bala Bahasa Arab dan Artinya
Doa Tolak Bala Bahasa Arab dan Artinya

Doa Tolak Bala Bahasa Arab dan Artinya

Doa tolak bala adalah salah satu cara untuk melindungi diri dari berbagai gangguan. Ia biasanya ditujukan kepada Allah Swt atau Tuhan yang Maha Esa. Doa ini mengandung berbagai makna, di antaranya adalah suatu usaha untuk memohon perlindungan dan kekuatan dari Tuhan. Doa tolak bala juga dapat digunakan untuk menolak berbagai bencana alam maupun gangguan duniawi.

Doa tolak bala dalam bahasa Arab merupakan salah satu cara untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah Swt. Beberapa doa tolak bala yang dapat ditemukan dalam bahasa Arab adalah doa tolak bala dari Quran dan juga doa-doa yang ditulis oleh para ulama di masa lalu. Berikut adalah beberapa doa tolak bala dalam bahasa Arab beserta artinya.

Doa Tolak Bala dari Al-Quran

Doa yang paling populer dalam bahasa Arab adalah doa yang ditemukan dalam Al-Quran. Doa ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin memohon perlindungan dari Allah Swt terhadap berbagai gangguan. Berikut adalah beberapa doa tolak bala dari Al-Quran dan artinya.

1. “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, kejahatan jin, dan kejahatan manusia.” (QS. Al-Mukminun, 23:97)
Artinya: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari segala bentuk kejahatan yang bisa datang dari diriku sendiri, jin, dan manusia.”

2. “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari godaan syaitan yang terkutuk.” (QS. Al-A’raf, 7:200)
Artinya: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari godaan syaitan yang terkutuk.”

3. “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesesatan yang jauh.” (QS. Al-Kahfi, 18:17)
Artinya: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kesesatan yang jauh.”

Doa Tolak Bala dari Hadist

Selain doa tolak bala yang ditemukan dalam Al-Quran, terdapat juga doa tolak bala yang diriwayatkan oleh Rosulullah SAW. Beberapa doa tolak bala dari hadist adalah sebagai berikut beserta artinya.

1. “La hawla wala quwata illa billah.” (HR. Muslim)
Artinya: “Tidak ada daya dan kekuatan selain dari Allah.”

2. “Allahumma inni as’aluka al-Huda wa al-Hasyan wa al-‘Afiyat.” (HR. Abu Dawud)
Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, kebaikan, dan kesehatan.”

3. “Allahumma inni a’udzu bika minal-ma’thami wal maghram.” (HR. Abu Dawud)
Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala bentuk kejahatan dan siksaan.”

Doa Tolak Bala dari Ulama

Selain doa tolak bala yang ditemukan dalam Al-Quran dan hadist, terdapat juga doa tolak bala yang ditulis oleh para ulama di masa lalu. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut beserta artinya.

1. “Allahumma anta Rabbi, laa ilaaha illa anta, khalaqtani wa ana abduka, wa ana ‘ala ahdika wa wa’dika mastata’tu, a’udzu bika min sharri ma sana’tu, abu’u laka bi ni’matika ‘alaa iyyaka na’budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilaika nas’a wa nahfizu wa narju rahmataka wa nakhsha ‘adhaabaka inna ‘adhaabaka bi kulli syai’in alim.”
Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku terikat dengan sumpah dan janji-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari segala bentuk kejahatan yang telah Engkau ciptakan. Aku memuji-Mu dengan segala nikmat-Mu. Aku menyembah-Mu dan berdoa kepada-Mu dan hanya kepada-Mu aku berseru. Aku berlindungan kepada-Mu dan aku takut akan siksaan-Mu, sesungguhnya siksaan-Mu benar-benar meliputi segala sesuatu.”

2. “Allahumma inni as’aluka min fadhlika wa rahmatika wa maghfiratika wa ‘afiyatika wa ‘izzatika wa karomatika wa quwwatika wa qudratika wa jalalaka wa jamalaka wa ni’matika wa adlika wa barakatika wa syukrika wa ‘azamatika wa kibriyya’ika wa ‘izzatika wa shukrika wa ‘ilmika wa hikmatika wa fadhlika.”
Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu anugerah, rahmat, ampunan, kesehatan, kemuliaan, kemuliaan, kekuatan, kekuasaan, kemuliaan, keindahan, nikmat, keadilan, berkah, syukur, keagungan, kemuliaan, syukur, ilmu, hikmah, dan anugerah-Mu.”

Kesimpulan

Doa tolak bala dalam bahasa arab merupakan salah satu cara untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT. Beberapa doa tolak bala dapat ditemukan dalam Al-Quran, hadist, dan juga doa-doa yang ditulis oleh para ulama di masa lalu. Dengan berdoa tolak bala, kita berharap dapat memohon perlindungan dan keselamatan dari berbagai gangguan.