Doa Tidur dan Bangun Tidur Beserta Artinya
Doa Tidur dan Bangun Tidur Beserta Artinya

Doa Tidur dan Bangun Tidur Beserta Artinya

Doa tidur dan bangun tidur ialah salah satu doa yang biasanya diucapkan oleh umat Islam di seluruh dunia. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk memohon perlindungan Allah dari segala keburukan dan kejahatan. Doa ini juga merupakan bacaan yang perlu dibaca setiap orang Islam setiap hari. Doa ini diucapkan ketika hendak tidur dan ketika bangun tidur. Doa ini merupakan salah satu cara untuk memulai hari dengan sebaik-baiknya, yaitu dengan memohon perlindungan Allah SWT.

Doa Tidur yang Dicontohkan Nabi

Doa yang biasa diucapkan ketika hendak tidur adalah “bismillahirrahmanirrahim”. Doa ini banyak disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW. Artinya adalah “Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Doa ini merupakan doa yang sangat umum diucapkan oleh umat Islam di seluruh dunia. Doa ini diucapkan sebelum memulai segala aktivitas dan ketika hendak tidur.

Selain doa “bismillahirrahmanirrahim”, ada juga doa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika hendak tidur. Doa ini berbunyi “Allaahumma bismika amutu wa ahya” yang artinya “Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan dengan nama-Mu aku hidup”. Doa ini bisa diulang-ulang sampai tiga kali. Doa ini merupakan doa untuk memohon perlindungan Allah SWT dari segala kejahatan.

Doa Bangun Tidur yang Dicontohkan Nabi

Ketika bangun tidur, Nabi Muhammad SAW biasa mengucapkan doa berbunyi “Alhamdulillahiladzi ahyaanaa ba’da ma amaatanaa wa ilayhin nushoor”. Artinya adalah “Segala puji bagi Allah, yang telah memberikan kami hidup setelah kami mati dan hanya kepada-Nya kami kembali”. Doa ini diucapkan untuk mengungkapkan syukur kepada Allah atas nikmat hidup yang telah diberikan-Nya.

Selain itu, ada juga doa yang lain yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika bangun tidur. Doa tersebut berbunyi “Allaahumma la sahla illama ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla”. Artinya adalah “Ya Allah, tidak ada mudah tanpa Engkau memberikan mudah, dan Engkau Maha memberikan kemudahan ketika orang merasa kesulitan”. Doa ini merupakan doa untuk memohon mudahnya segala urusan dan kehendak Allah SWT.

Kesimpulan

Doa tidur dan bangun tidur merupakan doa yang sangat penting untuk dicontohkan oleh umat Islam. Doa ini biasa diucapkan setiap hari oleh Nabi Muhammad SAW. Doa tidur yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW adalah “bismillahirrahmanirrahim”. Sedangkan doa bangun tidur adalah “Alhamdulillahiladzi ahyaanaa ba’da ma amaatanaa wa ilayhin nushoor” dan “Allaahumma la sahla illama ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla”. Doa-doa ini merupakan doa untuk memohon perlindungan dan kemudahan Allah SWT dalam segala urusan.

Kesimpulan

Doa tidur dan bangun tidur adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk memohon perlindungan dan kemudahan Allah SWT. Doa-doa ini diucapkan setiap hari oleh umat Islam di seluruh dunia. Doa tidur adalah “bismillahirrahmanirrahim”, sedangkan doa bangun tidur adalah “Alhamdulillahiladzi ahyaanaa ba’da ma amaatanaa wa ilayhin nushoor” dan “Allaahumma la sahla illama ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla”. Doa ini merupakan cara untuk memulai hari dengan sebaik-baiknya.