Doa Tayamum dan Artinya
Doa Tayamum dan Artinya

Doa Tayamum dan Artinya

Doa tayamum adalah doa yang dibaca ketika orang tidak dapat menggunakan air untuk suci dari hadats, dan bersuci dengan pasir dan tanah. Doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW dan diwajibkan bagi umatnya. Doa ini merupakan salah satu dari lima doa wajib yang harus dipelajari oleh para muslim, sehingga mereka dapat mengucapkannya dengan benar.

Apa yang Dimaksud dengan Doa Tayamum?

Doa tayamum adalah doa yang dibaca ketika seorang muslim melakukan tayamum, yaitu suci dengan pasir dan tanah. Doa tayamum sebagai ganti dari wudhu biasa yang menggunakan air. Ini bisa dilakukan jika tidak ada air, atau jika seseorang memiliki masalah kesehatan yang mengharuskannya tidak menggunakan air. Doa ini harus dibaca sebelum melakukan tayamum.

Apa Isi Doa Tayamum?

Doa tayamum berisi niat untuk tayamum dan berdoa kepada Allah SWT agar memberikan kebersihan dan keselamatan. Doa tayamum terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Niat tayamum, yaitu menyatakan niat untuk melakukan tayamum.
  • Membaca basmalah, yaitu membaca kalimat “Bismillah”.
  • Membaca doa, yaitu membaca doa yang berbunyi: “Allahumma inni a’udzu bika minal-khams, wa a’udzu bika minal-jubni, wa a’udzu bika minal-junubi, wa a’udzu bika minal-harami, wa a’udzu bika minal-ghani, wa a’udzu bika minal-faqri”
  • Membaca salam, yaitu membaca kalimat “Assalamu alaikum wa rahmatullah”.

Mengapa Doa Tayamum Wajib Dibaca?

Doa tayamum wajib dibaca karena ada perintah dari Allah SWT dan Rasul-Nya tentang hal ini. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, jika kamu dalam keadaan junub, maka bersucihlah (dengan tayamum)” (QS. Al-Ma’idah [5]: 6). Sedangkan dari hadits Rasulullah SAW, beliau bersabda: “Barangsiapa yang melakukan tayamum, maka hendaklah ia mengucapkan niat dan doa.”

Manfaat Doa Tayamum

Doa tayamum memiliki manfaat yang banyak bagi umat muslim. Di antaranya adalah:

  • Membantu umat muslim melakukan suci dari hadats, meskipun tidak ada air.
  • Menghormati perintah Allah SWT dan Rasul-Nya.
  • Membantu umat muslim untuk menjaga kesucian dan ketaqwaannya.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Membaca Doa Tayamum?

Setelah membaca doa tayamum, seseorang harus segera melakukan tayamum. Caranya adalah dengan mengusapkan tangan secara bersamaan ke pasir atau tanah, lalu membasuhkan muka dan kedua tangan dengan pasir atau tanah tersebut. Usapan kedua tangan harus dilakukan secara bersamaan, dan usapan ke muka harus dilakukan secara berurutan. Cara ini juga harus dilakukan ketika seseorang akan melakukan tayamum untuk shalat.

Apa yang Diharamkan Ketika Melakukan Tayamum?

Ada beberapa hal yang harus dihindari ketika melakukan tayamum, di antaranya:

  • Tidak boleh menggunakan pasir atau tanah yang berasal dari bangkai atau tempat-tempat yang tidak layak.
  • Tidak boleh menggunakan pasir atau tanah yang sudah terkena keringat, lumpur, atau sesuatu yang mengandung najis.
  • Tidak boleh menggunakan pasir atau tanah yang berasal dari tempat yang sudah diketahui tempatnya.
  • Tidak boleh menggunakan pasir atau tanah yang berasal dari tempat yang sudah diketahui bahwa ada sesuatu yang kotor di sana.

Kesimpulan

Doa tayamum adalah doa yang dibaca ketika melakukan tayamum, yaitu bersuci dengan pasir dan tanah. Doa tayamum ini adalah salah satu dari lima doa wajib yang harus dipelajari oleh umat muslim. Doa tayamum ini memiliki manfaat yang banyak bagi umat muslim, di antaranya membantu umat muslim untuk menjaga kesucian dan ketaqwaannya. Setelah membaca doa tayamum, seseorang harus segera melakukan tayamum dengan cara mengusapkan tangan ke pasir atau tanah, lalu membasuhkan muka dan kedua tangan dengan pasir atau tanah tersebut.