Doa Tawaf Wada dan Artinya
Doa Tawaf Wada dan Artinya

Doa Tawaf Wada dan Artinya

Tawaf adalah salah satu rukun haji yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada para hamba-Nya. Tawaf dikerjakan oleh jamaah haji sebagai bentuk penghormatan kepada Ka’bah. Tawaf merupakan salah satu ritual dari perjalanan haji dan umrah. Saat melakukan tawaf, para jamaah biasanya melafalkan doa-doa yang berkaitan dengan tawaf. Salah satu doa yang dilafalkan saat melakukan tawaf adalah doa tawaf wada.

Doa tawaf wada atau yang juga dikenal dengan doa Khutbah Tawaf adalah doa yang dibaca oleh jamaah haji saat melakukan tawaf terakhir sebelum melakukan wukuf di Arafah. Doa tawaf wada ini juga disebut dengan Khutbah Tawaf karena doa ini biasanya disampaikan dengan khotbah. Doa tawaf wada ini diawali dengan hamdalah, lalu disusul dengan doa seperti berikut:

Arti Doa Tawaf Wada

Arti doa tawaf wada adalah sebagai berikut: “Ya Allah, aku bersaksi bahwa segala puji bagimu, semata-mata kepada-Mu, dan bahwa Engkau adalah Allah yang Maha Esa, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Mu.”

Doa tawaf wada ini menekankan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang disembah. Dan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah hamba dan utusan-Nya. Doa tawaf wada juga bertujuan untuk meyakinkan jamaah haji bahwa mereka telah melakukan tawaf dengan sempurna.

Faedah Doa Tawaf Wada

Faedah dari doa tawaf wada adalah sebagai berikut:

1. Memperteguh iman, karena dengan doa tawaf wada kita mengakui bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang disembah dan bahwa Muhammad SAW adalah hamba dan utusan-Nya.

2. Memperkuat ikatan dengan Allah SWT, karena dengan melafalkan doa tawaf wada kita menyatakan pengabdian dan ketaatan kita kepada-Nya.

3. Menjadi penyempurna ibadah haji, karena dengan melaksanakan doa tawaf wada, kita telah melaksanakan salah satu rukun haji dengan baik.

Kapan dan Bagaimana Doa Tawaf Wada Dilafalkan?

Doa tawaf wada harus dilafalkan oleh jamaah haji saat melakukan tawaf terakhir sebelum melakukan wukuf di Arafah. Doa tawaf wada biasanya dilafalkan di antara tawaf ketujuh dan tawaf kedelapan. Doa ini harus dilafalkan dengan bacaan yang jelas dan dengan khusyuk. Untuk memastikan bahwa doa tawaf wada telah dilafalkan dengan benar, sebaiknya Anda memperhatikan khotbah yang disampaikan oleh imam saat melakukan tawaf.

Kesimpulan

Doa tawaf wada adalah salah satu doa yang harus dilafalkan oleh jamaah haji saat melakukan tawaf terakhir sebelum melakukan wukuf di Arafah. Doa ini menekankan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang disembah dan bahwa Muhammad SAW adalah hamba dan utusan-Nya. Doa tawaf wada juga bertujuan untuk meyakinkan jamaah haji bahwa mereka telah melakukan tawaf dengan sempurna. Selain itu, doa ini juga bermanfaat untuk memperteguh iman, memperkuat ikatan dengan Allah SWT, dan menjadi penyempurna ibadah haji.