Doa Tarawih dan Witir dan Artinya
Doa Tarawih dan Witir dan Artinya

Doa Tarawih dan Witir dan Artinya

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Dalam bulan ini, para hamba Allah diajak untuk beribadah dengan lebih intes dan mensucikan hati dari dosa-dosa. Salah satu ibadah yang dianjurkan di bulan Ramadhan adalah sholat Tarawih dan Witir.

Sholat Tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan di bulan Ramadhan. Sholat ini dilakukan setelah sholat Isya sebanyak 11 rakaat. Jumlah tersebut dapat ditambah sampai 21 rakaat. Sedangkan Witir adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah sholat Tarawih, dengan jumlah minimal 3 rakaat dan maksimal 11 rakaat.

Doa-doa Tarawih dan Witir adalah doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut ini adalah doa-doa tersebut beserta artinya:

Doa Tarawih

Doa tarawih adalah doa yang dibaca sebelum memulai sholat tarawih. Doa ini diawali dengan mengucapkan takbir. Berikut ini adalah doa tarawih beserta artinya:

اللَّهُمَّ اهْدِنِىْ فِىْ مُصْحَفِىْ وَ فِىْ عِلْمِىْ وَ عَافِنِىْ فِىْ بَدَنِىْ وَ ارْزُقْنِىْ فِىْ رِزْقِىْ

Artinya: “Ya Allah, berilah petunjuk kepadaku dalam membaca Al-Quran, berilah ilmu kepadaku, sehatkanlah tubuhku dan berilah rizki yang halal kepadaku.”

Doa Witir

Doa witir adalah doa yang dibaca sebelum memulai sholat witir. Doa ini berbeda dengan doa tarawih. Berikut ini adalah doa witir beserta artinya:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَ خَيْرَ مَا فِيْهَا وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَ شَرِّ مَا فِيْهَا

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu segala kebaikan di dalamnya (sholat witir) dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, serta aku berlindung kepada-Mu dari keburukan di dalamnya dan segala keburukan yang ada di dalamnya.”

Kesimpulan

Sholat Tarawih dan Witir merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan di bulan Ramadhan. Sholat tarawih berjumlah 11 rakaat sampai 21 rakaat, sedangkan sholat witir berjumlah minimal 3 rakaat sampai 11 rakaat. Doa-doa yang digunakan untuk sholat tarawih dan witir adalah doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dengan membaca dan mengamalkan doa tersebut, diharapkan kita dapat mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT.