Doa Taraweh dan Artinya
Doa Taraweh dan Artinya

Doa Taraweh dan Artinya

Doa taraweh adalah doa khusus yang dipersembahkan umat muslim di bulan Ramadhan. Doa taraweh merupakan bagian dari ibadah puasa yang dilakukan oleh umat muslim di bulan Ramadhan. Doa taraweh dibaca setelah melaksanakan shalat taraweh. Shalat taraweh adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan di bulan Ramadhan. Doa taraweh dibaca setelah shalat taraweh sebagai bentuk penyempurnaan ibadah puasa.

Doa taraweh merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, untuk mengucapkan bacaan-bacaan doa yang mengandung kemuliaan dan kebesaran Allah SWT, serta berbagi rahmat dan berkah-Nya. Doa ini juga menjadi sarana untuk berdoa kepada Allah SWT, agar diberikan keberkahan dan keselamatan di dunia dan akhirat.

Doa taraweh adalah doa yang dibaca secara berjamaah setelah melaksanakan shalat taraweh. Doa ini biasanya dibaca dalam bahasa Arab. Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat khusus dan dapat memberikan pengertian yang lebih mendalam. Tentunya, doa taraweh yang dibaca dalam bahasa Arab akan memiliki makna yang lebih khusus dibandingkan dengan bahasa lainnya.

Berikut ini adalah doa taraweh dan artinya dalam bahasa Indonesia:

Doa Taraweh dan Artinya

1. “Allahumma innaka ‘affuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annee” (Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, mencintai pengampunan, maka ampunilah aku”).

2. “Rabbighfirlee wa tubb alayya innaka antat-tawwabu-razziq” (Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepada aku karunia-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Maha Pemberi rezeki”).

3. “Yaa Hayyu Yaa Qayyumu bi-Rahmatika astagheeth” (Artinya: “Ya Maha Hidup, Ya Maha Mandiri, dengan rahmat-Mu aku mohon pertolongan”).

4. “Rabbana wa-lakal hamdu ‘alaa ma hadanaa laka wa’alaa ma laa hadana laka wa ‘alaa hadanaa laka wa’alaa ma laa hadana laka” (Artinya: “Ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu atas apa yang telah Kami hadiahkan kepada-Mu dan atas apa yang belum Kami hadiahkan kepada-Mu, dan atas apa yang telah Kami hadiahkan kepada-Mu dan atas apa yang belum Kami hadiahkan kepada-Mu”).

5. “Allahumma innaka taqdiyya wa la yutqaa ‘alayka shay’un faqdiyhu wa li-wahdika al-haqq” (Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Menentukan, tidak ada yang dapat menentukan sesuatu yang Engkau tentukan. Maka tentukanlah yang benar untuk kepentingan kebenaran”).

6. “Rabbana aatina fid-dunya hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qina ‘adhaaban-naar” (Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka”).

7. “Rabbighfirli waliwalidayya wa lilmu’minina yawma yaqumul hisaab” (Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku, orang tua dan saudara-saudaraku pada hari pembalasan”).

8. “Rabbana zalamna anfusana wa illam tagfir lana wa tarhamna lanakunanna minal khoir” (Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah berbuat dosa terhadap diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami akan termasuk orang-orang yang merugi”).

9. “Allahummaghfirlee warhamnee wahdinee warzuqnee” (Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, beri rahmat kepadaku, arahkan aku dan berilah rezeki kepadaku”).

10. “Rabbana hablana min azwaajina wadhurriyyaatina qurrata ‘ayooni wa jalna lilmuttaqeena imaaman” (Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan yang sholeh, agar kami dapat menjadi orang-orang yang bertakwa dan memimpin orang lain dengan contoh yang baik”).

Kesimpulan

Doa taraweh adalah doa khusus yang dipersembahkan umat muslim di bulan Ramadhan. Doa ini juga merupakan bagian dari ibadah puasa yang dilakukan oleh umat muslim di bulan Ramadhan. Doa taraweh merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, untuk mengucapkan bacaan-bacaan doa yang mengandung kemuliaan dan kebesaran Allah SWT, serta berbagi rahmat dan berkah-Nya. Dengan mengucapkan doa taraweh dan artinya, umat muslim berharap dapat mendapatkan keberkahan dan keselamatan di dunia dan akhirat.