Doa Tahiyat Awal dan Akhir dan Artinya
Doa Tahiyat Awal dan Akhir dan Artinya

Doa Tahiyat Awal dan Akhir dan Artinya

Doa tahiyat awal dan akhir adalah doa yang biasa diucapkan saat melakukan sholat. Doa ini dianjurkan untuk dibaca sebelum dan setelah melakukan sholat. Doa tahiyat awal dan akhir juga memiliki arti yang sangat luas dan kaya. Maksud dan tujuannya adalah untuk menyatakan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya.

Menurut hadits Nabi Muhammad SAW, kita disarankan untuk membaca doa tahiyat awal dan akhir ini sebelum dan setelah melakukan sholat. Hal ini penting untuk menunjukkan rasa hormat dan syukur kita kepada Allah SWT. Doa tahiyatawal dan akhir juga merupakan ibadah yang sangat penting dan dianjurkan untuk dilakukan setiap orang yang beragama Islam.

Doa Tahiyat Awal

Doa tahiyat awal berasal dari bahasa Arab yang berarti “memuliakan Allah” atau “mengagungkan Allah”. Doa tahiyat awal dibaca sebelum melakukan sholat. Doa ini mengandung arti yang luas dan kaya. Maksud dan tujuannya adalah untuk menyatakan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya. Berikut ini adalah doa tahiyat awal yang biasa dibaca:

“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, Ar-rahmanir-rahim, Maaliki yaumid-din, Iyyaka na’budu wa Iyyaka nasta’in, Ihdinas-siratal-mustaqim, Siratalladzina an’amta ‘alayhim, Ghayril-magdubi ‘alayhim walad-dallin”

Arti Doa Tahiyat Awal

Doa tahiyat awal secara harfiah berarti “Selamat untuk kamu, berkat rahmat Allah, Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Penyayang, Kami berserah diri kepada-Mu, Kami meminta pertolongan kepada-Mu, Tunjukkanlah kami jalan yang lurus, Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, dan jauhilah kami dari orang-orang yang zalim dan dhalim”.

Doa Tahiyat Akhir

Doa tahiyat akhir juga dikenal dengan sebutan doa tasbih. Doa tahiyat akhir biasa dibaca setelah melakukan sholat. Maksud dan tujuannya adalah untuk menyatakan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya. Doa tahiyat akhir berasal dari bahasa Arab yang berarti “mengagungkan Allah” atau “memuliakan Allah”. Berikut ini adalah doa tahiyat akhir yang biasa dibaca:

“Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama shallaita ‘ala ibrahim wa ‘ala ali ibrahim, innaka hamidum majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala ibrahim wa ‘ala ali ibrahim, innaka hamidum majid.”

Arti Doa Tahiyat Akhir

Doa tahiyat akhir secara harfiah berarti “Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, seperti yang Engkau limpahkan kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Ya Allah, berilah berkah kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, seperti yang Engkau berikan kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung”.

Kesimpulan

Doa tahiyat awal dan akhir adalah doa yang biasa diucapkan saat melakukan sholat. Doa ini dianjurkan untuk dibaca sebelum dan setelah melakukan sholat. Doa tahiyat awal dan akhir juga memiliki arti yang sangat luas dan kaya yaitu untuk menyatakan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya. Dengan membaca doa ini, kita dapat menunjukkan rasa hormat dan syukur kita kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Doa tahiyat awal dan akhir adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca sebelum dan setelah melakukan sholat. Doa ini mengandung arti yang luas dan kaya. Dengan membaca doa tahiyat awal dan akhir, kita dapat menunjukkan rasa hormat dan syukur kita kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya.