Doa Tahiyat Akhir dan Artinya
Doa Tahiyat Akhir dan Artinya

Doa Tahiyat Akhir dan Artinya

Doa tahiyat akhir adalah salah satu doa yang diucapkan setelah selesai melaksanakan shalat. Doa ini biasanya diucapkan berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Doa ini juga disebut dengan doa tasbih atau doa tahmid. Di dalam doa ini, seseorang berterimakasih kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya.

Makna Doa Tahiyat Akhir

Doa tahiyat akhir merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT. Di dalam doa ini, seseorang menyampaikan rasa syukur karena telah diberi nikmat yang tidak terhingga. Makna utama dari shalat adalah rasa syukur kepada Allah SWT. Oleh karena itu, doa tahiyat akhir juga merupakan bentuk pengungkapan syukur kepada Allah SWT.

Cara Membaca Doa Tahiyat Akhir

Cara membaca doa tahiyat akhir adalah dengan membaca doa berikut ini: “Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shallayta ‘alaa ibraaheema wa ‘alaa aali ibraaheema innaka hameedum majeed”. Ini adalah doa yang disebutkan oleh Rasulullah SAW. Setelah membaca doa ini, seseorang juga biasanya mengucapkan doa lain sebagai tambahan. Misalnya, “Sallallaahu ‘alaa Muhammad, Sallallaahu ‘alayhi wa sallam.”

Arti Doa Tahiyat Akhir

Doa tahiyat akhir berarti “Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah melimpahkan shalawat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.” Doa ini juga berkaitan dengan salawat, yaitu ungkapan syukur kepada Allah SWT atas nikmat-nikmat-Nya yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW.

Faedah Membaca Doa Tahiyat Akhir

Membaca doa tahiyat akhir seseorang akan mendapatkan banyak faedah, antara lain:

  • Menambah keimanan seseorang kepada Allah SWT.
  • Meningkatkan rasa syukur seseorang kepada Allah SWT.
  • Meningkatkan ketaatan seseorang kepada Allah SWT.
  • Membangun kecintaan seseorang kepada Rasulullah SAW.
  • Meningkatkan kesabaran dan ketabahan seseorang dalam menghadapi cobaan.

Doa Tahiyat Akhir di Luar Shalat

Doa tahiyat akhir juga bisa dilakukan di luar shalat. Caranya adalah dengan membaca doa berikut ini: “Allahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa shallayta ‘alaa ibraaheema wa ‘alaa aali ibraaheema innaka hameedum majeed.” Setelah itu, seseorang juga bisa mengucapkan doa lain sebagai tambahan. Misalnya, “Sallallaahu ‘alaa Muhammad, Sallallaahu ‘alayhi wa sallam.”

Hukum Membaca Doa Tahiyat Akhir

Membaca doa tahiyat akhir diwajibkan oleh syariat Islam. Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW menyatakan bahwa seseorang harus membaca doa tahiyat akhir setelah selesai shalat. Oleh karena itu, membaca doa tahiyat akhir adalah sebuah kewajiban bagi setiap orang yang melakukan shalat.

Kesimpulan

Doa tahiyat akhir adalah doa yang biasa diucapkan ketika selesai melaksanakan shalat. Doa ini merupakan ungkapan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya. Cara membacanya adalah dengan membaca doa berikut ini: “Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad, kamaa shallayta ‘alaa ibraaheema wa ‘alaa aali ibraaheema innaka hameedum majeed”. Membaca doa tahiyat akhir diwajibkan oleh syariat Islam dan memiliki banyak faedah yang bisa diperoleh oleh seseorang.