Doa Tahiyat Akhir Beserta Artinya
Doa Tahiyat Akhir Beserta Artinya

Doa Tahiyat Akhir Beserta Artinya

Tahiyat akhir adalah doa yang kita ucapkan saat kita selesai melaksanakan shalat. Doa ini juga disebut doa tahiyatul shalat atau tahiyyatul masjid. Doa tahiyat akhir ini salah satu bagian dari shalat yang wajib diucapkan. Doa tahiyat akhir ini diucapkan dengan bacaan tertentu yang disebut bacaan tahiyat akhir. Doa ini diawali dengan bismillahirrahmanirrahim dan diakhiri dengan dua kalimat salam. Doa ini merupakan amalan sunnah yang wajib dilaksanakan dan jika kita lupa mengucapkannya maka kita masih diperbolehkan untuk mengucapkannya.

Doa tahiyat akhir ini diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya. Doa ini dijelaskan oleh beliau dalam banyak hadits. Salah satu hadits yang menjelaskan tentang doa tahiyat akhir ini adalah hadits dari Aisyah radhiallahu ‘anha, ia berkata : “Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang melakukan shalat lalu ia mengakhirinya dengan mengucapkan dua kalimat salam, maka diampuni semua dosanya yang telah lalu”. (HR. Muslim).

Berikut ini adalah doa tahiyat akhir beserta artinya :

Arab

التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ

Artinya

Tahiyyatun lillahi wassalawatu wat tayyibatu, as-salamu ‘alayka ayyuhan nabiyyu warahmatullahi wabarakaatuh, as-salamu ‘alaina wa ‘ala ibadillahi ssaaliheen.

Terjemahan Lengkapnya

Segala puji bagi Allah, segala shalawat dan salam bagi Allah, dan segala kebaikan. Kesejahteraan beserta rahmat Allah dan berkah-Nya bagimu, wahai Nabi. Kesejahteraan beserta rahmat Allah dan berkah-Nya bagi kami dan seluruh hamba Allah yang sholeh.

Dalam doa ini kita berterima kasih kepada Allah SWT atas segala nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita. Kita juga berharap agar Allah SWT terus memberikan rahmat dan berkah-Nya kepada kita. Selain itu, kita juga menyampaikan salam kepada Rasulullah SAW dan para hamba Allah yang sholeh.

Keutamaan Mengucapkan Doa Tahiyat Akhir

Doa tahiyat akhir ini memiliki keutamaan yang sangat besar. Dari hadits-hadits yang telah disebutkan di atas, kita dapat melihat bahwa Allah SWT akan memberikan balasan yang baik bagi orang yang mengucapkan doa tahiyat akhir ini. Allah SWT akan memberikan ampunan kepada orang yang mengucapkan doa tahiyat akhir ini dengan ikhlas dan tulus.

Selain itu, doa tahiyat akhir ini juga memberikan kekuatan dan ketenangan kepada orang yang mengucapkannya. Kekuatan dan ketenangan ini akan membantu orang yang mengucapkannya untuk melanjutkan kehidupannya dengan lebih baik. Doa tahiyat akhir ini juga akan membantu orang yang mengucapkannya untuk menjauh dari dosa dan kemungkaran.

Kesimpulan

Doa tahiyat akhir adalah doa yang wajib diucapkan saat kita selesai melaksanakan shalat. Doa ini merupakan amalan sunnah yang wajib dilaksanakan dan memiliki keutamaan yang sangat besar. Dengan mengucapkan doa tahiyat akhir ini, kita akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan juga memperoleh kekuatan dan ketenangan. Oleh karena itu, kita harus mengucapkan doa tahiyat akhir ini setiap kali kita selesai melaksanakan shalat.