Doa Tahajud Latin Beserta Arti dan Juga Panduannya
Doa Tahajud Latin Beserta Arti dan Juga Panduannya

Doa Tahajud Latin Beserta Arti dan Juga Panduannya

Sholat serta doa tahajud merupakan ibadah sunnah yang disarankan oleh rosulullah saw sebab didalamnya tentu banyak sekali keutamaan yang akan didapatkan.

Waktu buat melakukan sholat tahajud ialah pada malam hari, jadi barang siapa yang dapat melaksanakannya tentu akan Allah SWT hendak angkat derajat seorang tersebut.

Didalam penerapan sholat terdapat sebagian doa yang jadi paling sering ataupun yang kerap diucap doa tahajud.

Sholat serta doa tahajud sangat disarankan oleh rosulullah saw buat ummatnya yang beriman. Sebab banyak khasiat didalamnya sehingga bila teratur melaksanakannya allah hendak mengangkat derajat seseorang hamba tersebut.

Anjuran Sholat Serta Doa Tahajud Menurut Pada Hadits

Sebab sehabis melakukan sholat tahajud tersebut Kamu nantinya disarankan buat doa tahajud terlebih dulu sebagaimana rosulullah saw telah bersabda:

(يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ)

Yang artinya sebagai berikut ini :’’Rabb kita tabaroka wa ta’ ala turun tiap malam ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam terakhir, kemudian Ia mengatakan:

‘ Siapa yang berdoa pada- Ku, saya hendak memperkenankan doanya. Siapa yang memohon pada- Ku, tentu akan Kuberi. Serta siapa yang memohon ampun pada- Ku, tentu hendak Kuampuni’.’’( HR Bukhari).

Ikuti sebagian hadits dibawah ini terpaut anjuran mengenai sholat tahajud:

1.     Hadits Pertama

افْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَ صَلَاةُ اللَّيْلِ

Adapun arti nya yaitu sebagai berikut ini:

Sebaik- baik puasa setelah puasa Ramadhan merupakan puasa pada bulan Allah, yaitu Muharram. Sebaik- baik shalat sehabis shalat wajib merupakan shalat malam.”( HR Muslim).

2.     Hadits Ke Dua

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ )15

 آَخِذِينَ مَا آَتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ )16

 كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (17

 وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ )18

Adapun arti nya yaitu sebagai berikut ini:

‘’ Sebetulnya orang- orang yang bertaqwa itu terletak dalam taman- taman( syurga) serta mata air- mata air, sembari menerima seluruh pemberian Rabb mereka.’’

‘’Sebetulnya mereka saat sebelum itu di dunia merupakan orang- orang yang berbuat kebaikan.’’

‘’Di dunia mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam.’’

‘’Serta senantiasa memohonkan ampunan diwaktu pagi saat sebelum fajar.’’

Dari 2 hadits tersebut tentunya sudah lumayan jelas kalau sholat sangat disarankan lalu juga doa tahajud oleh rosulullah saw.

Adapun doa tahajud yang diajarkan nabi saw :

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفَ) اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ

Dari abu umamah tersebut dia mengatakan:

‘’rosulullah saw ditanya, wahay rosulullah, doa apakah yang sangat didengar? Dia mengatakan, doa ditengah malam terakhir, dan sehabis sholat- sholat wajib.’’( hadis riwayat tirmidzi)

(اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْت فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ)

Bacaan latin doa tahajud:

‘’allahumma rabbana lakal hamdu anta qayyimussamaa waati wal ardi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihina. ‘’

‘’wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihina, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’ dukal haqqu, wa liqaa’ uka haqqun, wa qaula haqqun.’’

‘’wal jannatu haqqun, wannaaru hoqqun, wannabiyyuuna haqqun. Wa muhammadun shallallahu‘ alaihi wasallama haqqun wassaa’ atu haqqun.’’

‘’allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa’ alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu.’’

‘’faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkartu. Wa maa asrartu, wa maa a’ lantu, wa maa anta a’ lamu bihiminni. ‘’

‘’antal muqaddimu, wa antal mu’ akhkhiru, laa ilaaha illaa anta. Wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.’’

Adapun arti doa tahajud nya yaitu sebagai berikut ini:

Ya allah, untuk mu seluruh puji, engkaulah penegak langit, bumi, serta apa yang ada pada nya. Bagi- mu lah seluruh puji, milik engkaulah kerajaan langit, bumi, serta apa yang terdapat padanya.

Bagi- mulah seluruh puji, engkaulah pemberi sinar langit serta bumi serta apa saja yang terdapat di dalamnya. Bagi- mulah seluruh puji, engkaulah penguasa langit serta bumi.

Bagi- mulah seluruh puji, engkaulah yang maha benar, janji- mu itu benar, berjumpa dengan- mu merupakan benar, firman- mu merupakan benar,

Surga itu benar, neraka itu juga benar. Para nabi itu benar, muhammad shallallahu‘ alaihi wa sallam itu benar, kiamat itu benar.

Ya allah,  hanya kepada-Mulah aku berserah diri, kepada-Mulah aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal. Kepada-Mu aku kembali, kepada-Mu aku mengadu, serta kepada-Mu aku berhukum.

Hingga, ampunilah dosaku yang sudah dulu sekali serta yang setelah itu, yang aku sembunyikan serta yang terang-terangan, serta yang lebih engkau tahu daripada aku.

Engkaulah yang mendahulukan serta engkaulah yang mengemudiankan, tidak terdapat tuhan melainkan engkau”.

Keutamaan Doa Tahajud

Salah satu keutamaan doa tahajud tidak terdapat jilbab diantara hamba dengan tuhannya sehingga doa tersebut lebih gampang dikabulkan.

1.     Doanya jadi gampang terkabul

Sebagaimana sabda rosulullah saw ini:

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Adapun arti nya yaitu sebagai berikut ini:

Rabb kita tabaroka wa ta’ ala turun tiap malam ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam terakhir, kemudian ia mengatakan:

‘‘ siapa yang berdoa pada-ku, saya hendak memperkenankan doanya. Siapa yang memohon pada-ku, tentu hendak kuberi. Serta siapa yang memohon ampun pada-ku, tentu hendak kuampuni.”( hr bukhari).

2.     Dinaikan derajatnya oleh allah swt

Seseorang hamba yang tekun melaksanakan sholat serta doa tahajud hingga allah swt hendak mengangkut derajat hambanya tersebut.

Sehingga terasa mengalir senang dalam tiap harinya, lenyap seluruh keruwetan pada dunia. Serta allah dekatkan seseorang hamba tersebut dengan si pencipta.

Sebagaimana firman allah swt didalam quran surah al-isra’ ayat 79:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Adapun arti nya yaitu sebagai berikut ini:

Serta pada sebagian malam, lakukanlah salat ( selaku sesuatu ibadah) bonus bagimu: mudah-mudahan tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

3.     Dibimbing allah dalam tiap langkah

Allah akan senantiasa memberikan jalan bathiniah untuk hamba yang aktif dalam melakukan sholat serta doa tahajud. Sehingga saat hamba tersebut memperoleh permasalahan maka gampang buat menyelesaikannya.

Perihal ini semapat di informasikan oleh ustad adi hidayat terpaut 4 janji allah untuk hambanya yang melaksanakannya.

4.     Allah hapus serta tangkal dari perbuatan dosa

Bila allah swt telah membagikan tutorial kepada seseorang hamba pastinya hendak mempunyai akhlak yang mulia. Perilaku yang baik serta pastinya dihindarkan allah dari melaksanakan dosa ataupun maksiat.

Ketentuan Penerapan Sholat Tahajud

Ketentuan yang sangat utama dalam melakukan sholat tahajud merupakan dilaksanakan di malam hari usai melakukan sholat isya sampai saat sebelum waktu shubuh.

Sholat tahajud dilaksanakan sebanyak 2 rakaat dengan jumlahnya yang tidak terbatas. Apabila menjajaki Kerutinan Rasulullah SAW, laksanakan sholat 2 rakat sebanyak 4 kali serta tutup dengan sholat witir sebanyak 3 rakaat.

jalani sholat 2 rakaat dengan 2 kali sujud serta satu kali salam. Jangan lupa juga buat berdzikir serta berdoa dan tentu jangan kurang ingat buat berserah diri kepada Allah SWT.

Tata cara Sholat Tahajud Sholat tahajud merupakan ibadah yang berat buat dikerjakan tetapi memiliki keutamaan yang tentunya lumayan banyak.

Karena, sholat ini di coba pada malam hari ataupun tepatnya pada sepertiga malam terakhir. Jumlahnya juga sesungguhnya tidaklah terbatas.

Tetapi, apabila mengacu pada hadis tersebut bahwa Nabi Muhammad SAW tidak sempat mengerjakan sholat tahajud lebih dari 11 ataupun 13 rakaat. Berikut merupakan tata cara melaksanakan sholat tahajud secara lengkap.

  1. Pertama baca niat sholat tahajud
  2. Lalu melaksanakan takbiratul ihram
  3. Selanjutnya membaca doa iftitah
  4. Kemudian membaca al-fatihah
  5. Setelah itu membaca surat dalam al-quran, rasullullah saw umumnya membaca surat-surat yang panjang
  6. Lalu rukuk dengan tumaninah sambil membaca doa rukuk
  7. Selanjutnya itidal dengan tumaninah sambil membaca doa itidal
  8. Kemudian sujud dengan tumaninah sambil membaca doa sujud
  9. Setelah itu mengulang gerakan semacam rakaat awal
  10. Pada tahiyat akhir, selanjutnya membaca doa tahiyat akhir
  11. Lalu Melaksanakan gerakan salam
  12. Sehabis salam, kemudian disunahkan membaca teks wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat serta istigfar
  13. Lalu Membaca Doa Tahajud

Bahkan Waktu Melaksanakan Sholat Tahajud yaitu sebagai berikut ini.

1.     Sepertiga Malam waktu yang Pertama

Sholat tahajud bisa dikerjakan yaitu pada waktu sepertiga malam awal. Waktu itu sekitar pada rentang sehabis sholat Isya sampai pada jam 22. 00.

Namun, buat mengerjakannya wajib dimulai dengan tidur terlebih dulu sejenak atau sebentar saja.

Tidak terdapat batas menimpa banyaknya rekaat melaksanakan sholat tahajud tersebut. Namun, supaya keiistimewaan yang ada di dalamnya diraih, hendaknya butuh dibarengi ke-istiqomaahan dari setiap tindakannya.

2.     Sepertiga Malam waktu yang Kedua

Sepertiga malam kedua jadi waktu utama buat melaksanakan sholat Tahajud. Waktu sepertiga malam tersebut biasanya pada jam 22. 00 sampai 01. 00.

Waktu sholat tahajud ini tetu memanglah susah diterapkan. Karena, mayoritas orang tidak bisa bangun di waktu-waktu seperti tersebut.

Konon, Doa tahajud diwaktu ini dipercaya mempunyai fadhilah serta keiistimewaan besar yang hendak didapatkan bagi yang melaksanakannya.

3.     Sepertiga Malam waktu yang Terakhir

Melaksanakan sholat sunnah pada sepertiga malam terakhir ialah waktu yang sangat utama. Bila direntangkan, waktu sepertiga malam terakhir itu antara jam 01. 00 sampai saat sebelum merambah waktu subuh.

Demikianlah uraian pendek terpaut doa ini mudah-mudahan berguna buat kita seluruh, serta Allah senantiasa membagikan kekuatan buat hambanya yang istiqomah melaksanakan ibadah serta doa tahajud.