Doa Surah Al Mulk dan Artinya
Doa Surah Al Mulk dan Artinya

Doa Surah Al Mulk dan Artinya

Surah Al Mulk adalah surah ke-67 dalam Al-Quran yang terdiri dari 30 ayat. Surah ini disebut pula dengan al-Mulk atau al-Tabaarak. Surah Al Mulk merupakan surah Makkiyah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengingatkan kita tentang kehidupan akhirat dan kehidupan dunia yang hakiki. Dengan mengingatkan kita bahwa hanya Allah SWT yang memiliki kekuasaan atas segala sesuatu. Kita bisa membaca doa Surah Al Mulk agar Allah SWT menjaga kita dari segala macam fitnah dan bencana.

Doa Surah Al Mulk yang biasa dibaca adalah: “Ya Allah, masukkanlah aku ke dalam surga-Mu dan lindungilah aku dari siksa Neraka-Mu.” Doa ini dapat kita baca setiap hari sebagai bentuk penghormatan kita kepada Allah SWT. Doa Surah Al Mulk juga bisa dibaca ketika kita berada di dalam keadaan gentar, takut, atau sedang mengalami masalah. Dengan membaca doa ini, kita dapat mengharapkan perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT.

Meskipun doa Surah Al Mulk memang sudah umum dibaca oleh umat Islam, namun artinya masih banyak yang belum mengetahuinya. Berikut ini adalah beberapa ayat dan artinya dari surah Al Mulk:

Ayat 1 dan Artinya

Ayat pertama dari surah Al Mulk adalah: “Bismillaahir rohmaanir rohiim” yang artinya adalah “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang”.

Ayat 2 dan Artinya

Ayat kedua dari surah Al Mulk adalah “Alhamdulillaahirabbil aalamiin” yang artinya “Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam”.

Ayat 3 dan Artinya

Ayat ketiga dari surah Al Mulk adalah “Ar rohmaanir rohiim” yang artinya “Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang”.

Ayat 4 dan Artinya

Ayat keempat dari surah Al Mulk adalah “Malaikat dan roh yang murni” yang artinya “Keluarlah malaikat-malaikat dan roh-roh yang murni”.

Ayat 5 dan Artinya

Ayat kelima dari surah Al Mulk adalah “Sesungguhnya Tuhanmu adalah Allah yang satu” yang artinya “Sesungguhnya Tuhanmu adalah Allah yang Esa”.

Ayat 6 dan Artinya

Ayat keenam dari surah Al Mulk adalah “Yang menguasai segala sesuatu” yang artinya “Allah yang menguasai segala sesuatu”.

Ayat 7 dan Artinya

Ayat ketujuh dari surah Al Mulk adalah “Yang menciptakan dan mengatur” yang artinya “Allah yang menciptakan dan mengatur segala sesuatu”.

Ayat 8 dan Artinya

Ayat kedelapan dari surah Al Mulk adalah “Yang menjadi saksi atas segala sesuatu” yang artinya “Allah yang menjadi saksi atas segala sesuatu”.

Ayat 9 dan Artinya

Ayat kesembilan dari surah Al Mulk adalah “Yang menjadikan malam dan siang mengikuti satu sama lain” yang artinya “Allah yang menjadikan malam dan siang mengikuti satu sama lain”.

Ayat 10 dan Artinya

Ayat kesepuluh dari surah Al Mulk adalah “Yang mengurung dan menjaga manusia” yang artinya “Allah yang mengurung dan menjaga manusia”.

Kesimpulan

Doa Surah Al Mulk adalah doa yang biasa dibaca oleh umat Islam untuk memohon perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT. Doa ini juga bisa dibaca ketika kita berada di dalam keadaan gentar, takut, atau sedang mengalami masalah. Dengan membaca doa ini, kita dapat mengharapkan perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT. Arti dari ayat-ayat dalam surah Al Mulk juga harus kita ketahui agar kita bisa benar-benar mengerti maksud dari doa yang kita baca.