Doa Sujud Tilawah dan Artinya
Doa Sujud Tilawah dan Artinya

Doa Sujud Tilawah dan Artinya

Salah satu ibadah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sujud tilawah. Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan setelah selesai membaca Al-Qur’an. Ibadah ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan takwa dan menghormati Al-Qur’an. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui doa yang harus dibaca saat melakukan sujud tilawah. Berikut adalah doa sujud tilawah dan artinya.

Doa Sujud Tilawah

Doa yang harus dibaca saat melakukan sujud tilawah adalah sebagai berikut:

“Subhana rabbi al-A’la”

Arti Dari Doa Sujud Tilawah

Doa sujud tilawah mengandung arti “Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi”. Dengan membaca doa ini, kita akan menghormati dan memuliakan Tuhan karena Dia adalah Yang Maha Suci dan Maha Tinggi. Ini adalah salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur kita atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Keutamaan Sujud Tilawah

Ketika membaca doa sujud tilawah, kita akan mengungkapkan rasa syukur kita atas nikmat Al-Qur’an. Dengan melakukan sujud tilawah, kita juga akan mendapatkan pahala yang besar. Selain itu, sujud tilawah juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan ketaqwaan kita. Dengan melakukan sujud tilawah, kita akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT.

Niat Sujud Tilawah

Ada beberapa niat yang harus dilakukan sebelum melakukan sujud tilawah. Pertama, kita harus berniat untuk melakukan ibadah sujud tilawah. Kedua, kita harus berniat untuk mengungkapkan rasa syukur kita atas nikmat Al-Qur’an. Ketiga, kita harus berniat untuk mendapatkan pahala yang besar. Keempat, kita harus berniat untuk meningkatkan ketaqwaan kita. Dengan mengikuti semua niat ini, kita dapat menyempurnakan ibadah sujud tilawah.

Waktu Sujud Tilawah

Sujud tilawah dapat dilakukan setelah selesai membaca Al-Qur’an. Namun, jika kita merasa bahwa belum cukup waktu untuk melakukan sujud, kita dapat melakukannya setelah selesai salat. Begitu juga, kita dapat melakukan sujud tilawah setelah selesai membaca doa-doa lain. Hal ini akan membantu kita untuk meningkatkan ketaqwaan dan mengungkapkan rasa syukur kita atas nikmat Al-Qur’an.

Bacaan Doa Sujud Tilawah

Selain doa sujud tilawah, kita juga dapat membaca doa-doa lain setelah membaca Al-Qur’an. Doa-doa tersebut antara lain:

“Subhanallahi Walhamdulillahi Wala Ilaaha Illallah Wallahu Akbar”

“Allahumma Inni As-Aluka Rahmataka Wa Barakaatuka Wa ‘Afiyatuka Wa’ Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka Wa ‘Aafiyatuka”

“Allahumma Innii As’alukal Husna Wal Khairee Wa Maalika Wa Ma’ahidhi Wa Ma’aboodhi Wa Ma’asheer Ma’al Muslimeen”

Kesimpulan

Kesimpulannya, sujud tilawah adalah salah satu ibadah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa yang harus dibaca saat melakukan sujud tilawah adalah “Subhana rabbi al-A’la”. Doa ini mengandung arti “Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi”. Dengan melakukan sujud tilawah, kita akan mendapatkan pahala yang besar dan meningkatkan ketaqwaan kita. Kita juga harus mengikuti niat yang telah ditentukan untuk melakukan sujud tilawah. Selain doa sujud tilawah, kita juga dapat membaca doa-doa lain setelah membaca Al-Qur’an.