Doa Sujud Tilawah Beserta Artinya
Doa Sujud Tilawah Beserta Artinya

Doa Sujud Tilawah Beserta Artinya

Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan oleh orang yang sedang membaca Al-Quran. Sujud ini biasanya dilakukan setelah membaca lima ayat Al-Quran yang berurutan. Sujud ini merupakan salah satu bentuk ibadah yang diwajibkan bagi seorang muslim agar lebih dekat lagi dengan Allah SWT. Selain itu, sujud tilawah juga memiliki makna khusus yaitu sebagai penghormatan atas mukjizat kalimat-kalimat yang disampaikan dalam Al-Quran.

Doa sujud tilawah adalah sebuah doa yang biasa diucapkan saat melakukan sujud tilawah. Doa ini juga menjadi sebuah pengingat bagi kita untuk bersyukur atas anugerah Allah SWT yaitu Al-Quran. Doa sujud tilawah sendiri memiliki banyak bentuk, tergantung dari berbagai literatur yang ada. Namun ada beberapa doa yang paling umum digunakan, seperti doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Doa Sujud Tilawah yang Dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW

Berikut adalah doa sujud tilawah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu :

“Subhana rabbiyal adhim, subhana rabbiyal a’la, subhana rabbiyal a’zhim.”

Arti dari doa sujud tilawah tersebut adalah “Maha Suci Tuhan Yang Maha Agung, Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi, Maha Suci Tuhan Yang Maha Besar”.

Doa Sujud Tilawah Lainnya

Selain doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, ada juga doa sujud tilawah lainnya. Berikut adalah beberapa diantaranya :

“Subhana rabbiyal a’la, subhana rabbiyal karim, subhana rabbiyal a’zhim.”

Arti dari doa sujud tilawah tersebut adalah “Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi, Maha Suci Tuhan Yang Maha Murah hati, Maha Suci Tuhan Yang Maha Besar”.

“Subhana rabbiyal a’la, subhana rabbiyal a’zzim, subhana rabbiyal a’zhim.”

Arti dari doa sujud tilawah tersebut adalah “Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi, Maha Suci Tuhan Yang Maha Agung, Maha Suci Tuhan Yang Maha Besar”.

“Subhana rabbiyal a’la, subhana rabbiyal a’zhim, subhana rabbiyal alim.”

Arti dari doa sujud tilawah tersebut adalah “Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi, Maha Suci Tuhan Yang Maha Besar, Maha Suci Tuhan Yang Maha Mengetahui”.

Manfaat Sujud Tilawah

Selain membaca doa saat melakukan sujud tilawah, ternyata ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari sujud ini. Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan adalah ketenangan. Melakukan sujud membuat kita lebih tenang dan khusuk dalam membaca Al-Quran. Selain itu, sujud juga bisa meningkatkan konsentrasi kita dan membuat kita lebih fokus dalam membaca Al-Quran.

Selain itu, sujud juga bisa membuat kita lebih dekat lagi dengan Allah SWT. Dengan melakukan sujud, kita bisa menyampaikan harapan, keinginan, dan keluh kesah kita kepada Allah SWT. Ini bisa membuat kita merasa lebih damai dan tentram dalam menghadapi masalah-masalah yang ada.

Pentingnya Mengucapkan Doa Sujud Tilawah

Mengucapkan doa saat melakukan sujud tilawah adalah salah satu bentuk penghormatan kita kepada Allah SWT. Dengan mengucapkan doa tersebut, kita bisa menyampaikan rasa syukur kita atas anugerah Allah SWT yaitu Al-Quran. Selain itu, kita juga bisa menyampaikan keinginan dan keluh kesah kita kepada Allah SWT.

Mengucapkan doa saat melakukan sujud tilawah juga bisa membuat kita lebih tenang dan damai. Dengan menyampaikan doa tersebut, kita dapat merasa bahwa kita memiliki tempat untuk menyampaikan harapan dan keinginan kita kepada Allah SWT. Ini bisa membuat kita merasa lebih nyaman dan tentram dalam menghadapi masalah-masalah yang ada.

Kesimpulan

Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan oleh orang yang sedang membaca Al-Quran. Doa sujud tilawah adalah sebuah doa yang biasa diucapkan saat melakukan sujud tilawah. Doa sujud tilawah sendiri memiliki banyak bentuk, tergantung dari berbagai literatur yang ada. Selain membaca doa saat melakukan sujud tilawah, ternyata ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari sujud ini. Mengucapkan doa saat melakukan sujud tilawah adalah salah satu bentuk penghormatan kita kepada Allah SWT. Dengan menyampaikan doa tersebut, kita bisa menyampaikan rasa syukur kita atas anugerah Allah SWT yaitu Al-Quran.