Doa Sujud Tilawah Arab dan Artinya
Doa Sujud Tilawah Arab dan Artinya

Doa Sujud Tilawah Arab dan Artinya

Doa sujud tilawah adalah salah satu doa yang kita rekomendasikan untuk kita baca setelah menyelesaikan Al-Quran. Doa ini merupakan salah satu doa yang dapat menghormati Al-Quran dan setiap kata yang kita baca. Doa sujud tilawah bisa kita lakukan dengan cara membaca doa tersebut sambil melakukan sujud. Selain itu, bagi kalian yang tidak bisa melakukan sujud, kamu bisa saja membaca doa sujud tilawah tanpa sujud sebagai bentuk penghormatan kepada Al-Quran.

Kata-Kata Doa Sujud Tilawah Arab

Doa sujud tilawah Arab adalah kalimat yang harus kita ucapkan setelah membaca Al-Quran. Doa sujud tilawah berisi kalimat-kalimat syukur dan penghormatan kepada Allah SWT. Berikut adalah kata-kata doa sujud tilawah Arab dan artinya:

Subhaana rabbi al-a’laa (الحمد لله الأعلى) – Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi.
Wabihamdika wata’aalaa jadduka wa la ilaha gairuka (وبحمدك وتعالى جدك ولا إله غيرك) – Segala puji bagi-Mu yang Maha Tinggi, Maha Agung dan Tidak ada Tuhan selain Engkau.

Manfaat dan Keutamaan Doa Sujud Tilawah

Doa sujud tilawah memiliki berbagai manfaat dan keutamaan yang harus kita dapatkan. Berikut adalah manfaat dan keutamaan doa sujud tilawah:

Pertama, doa sujud tilawah dapat menambah keyakinan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa sujud tilawah, kita akan lebih yakin dan percaya bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Dengan begitu, kita akan lebih dekat dengan Allah SWT.

Kedua, doa sujud tilawah juga dapat menambahkan rasa syukur kita terhadap Allah SWT. Dengan membaca doa sujud tilawah, kita akan merasa lebih bersyukur dan menghargai setiap kata yang kita baca dalam Al-Quran. Dengan begitu, kita akan lebih dekat dengan Al-Quran.

Bagaimana Cara Membaca Doa Sujud Tilawah?

Cara membaca doa sujud tilawah adalah dengan mengucapkan doa tersebut sambil melakukan sujud. Berikut adalah cara yang benar dan tepat untuk melakukan doa sujud tilawah:

Pertama, bersiap-siaplah untuk melakukan sujud dengan cara menyandarkan tangan di lantai. Setelah itu, kamu bisa mulai membaca doa sujud tilawah. Ucapkan doa dengan jelas dan tekun. Setelah selesai membaca doa, kamu bisa melakukan sujud sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT.

Doa Sujud Tilawah dalam Bahasa Indonesia

Berikut adalah doa sujud tilawah dalam bahasa Indonesia:

Mahasuci Tuhanku yang Mahatinggi, segala puji bagi-Mu yang Mahatinggi, Mahaagung dan tidak ada tuhan selain Engkau.

Doa Sujud Tilawah dalam Al-Quran

Doa sujud tilawah juga tercantum dalam Al-Quran. Berikut adalah doa sujud tilawah dalam ayat Al-Quran:

“Katakanlah: “Maha Suci Allah, Tuhan yang Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan.” (QS. Al-Isra: 111)

Kesimpulan

Doa sujud tilawah adalah salah satu doa yang wajib kita baca setelah menyelesaikan Al-Quran. Doa sujud tilawah ini berisi kalimat-kalimat syukur dan penghormatan kepada Allah SWT. Doa ini juga dapat menambahkan keyakinan kita kepada Allah SWT dan merasa lebih bersyukur dengan semua nikmat yang diberikan-Nya. Selain itu, doa sujud tilawah dalam Al-Quran juga tercantum dalam ayat Al-Quran. Oleh karena itu, mari kita ucapkan doa sujud tilawah dan menghargai setiap kata yang kita baca dalam Al-Quran.