Doa Sujud Terakhir dan Artinya
Doa Sujud Terakhir dan Artinya

Doa Sujud Terakhir dan Artinya

Doa sujud terakhir atau sering juga disebut doa sajadah adalah doa yang biasa dilafalkan ketika melakukan sujud terakhir saat salat. Doa ini merupakan doa yang sangat penting karena di dalamnya terkandung berbagai macam manfaat dan arti yang dapat memberikan keberkahan bagi orang yang mengamalkannya.

Doa sujud terakhir diawali dengan mengucapkan “Subhanallah” yang berarti “Mahasuci Allah”. Ucapan ini merupakan penghormatan kepada Allah dan menunjukkan kerendahan hati seorang hamba kepada-Nya. Ucapan ini juga menunjukkan bahwa kita sebagai hamba menyadari kebesaran Allah yang Maha Suci.

Setelah itu, kita melanjutkan dengan mengucapkan “Alhamdulillah” yang berarti “Segala Puji Bagi Allah”. Ucapan ini merupakan ungkapan syukur dan rasa hormat karena Allah telah memberikan segala nikmat kepada kita. Kita juga mengungkapkan kerendahan hati kita ketika mengucapkan ucapan ini.

Selanjutnya, kita melanjutkan dengan mengucapkan “Allahu Akbar” yang berarti “Allah Maha Besar”. Ucapan ini merupakan ungkapan kebesaran Allah dan penghormatan kita kepada-Nya. Dengan mengucapkan ucapan ini, kita juga menunjukkan bahwa Allah adalah yang Maha Besar dan Maha Kuasa.

Kemudian, kita melanjutkan dengan mengucapkan “La ilaha illallah” yang berarti “Tidak ada yang Maha Kuasa selain Allah”. Ucapan ini merupakan pengakuan bahwa Allah adalah yang Maha Kuasa dan semua kekuatan datang dari-Nya. Dengan mengucapkan ucapan ini, kita juga menunjukkan penghormatan kita kepada-Nya.

Kemudian, kita melanjutkan dengan mengucapkan “Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu Akbar” yang berarti “Mahasuci Allah, Segala Puji Bagi Allah, Tidak ada yang Maha Kuasa selain Allah dan Allah Maha Besar”. Ucapan ini merupakan penggabungan dari 4 kalimat sebelumnya yang merupakan ungkapan rasa syukur dan penghormatan kita kepada Allah.

Setelah itu, kita melanjutkan dengan mengucapkan “La hawla wala quwwata illa billah” yang berarti “Tidak ada daya upaya dan kekuatan selain dari Allah”. Ucapan ini merupakan pengakuan bahwa kita menyadari bahwa Allah adalah yang Maha Kuasa dan tidak ada yang dapat menandingi kekuatannya. Dengan mengucapkan ucapan ini, kita juga menunjukkan kerendahan hati kita kepada-Nya.

Kemudian, kita melanjutkan dengan mengucapkan “Rabbana Aatina Fiddunya Hasana wa fil Aakhirati hasana waqina adzabannar” yang berarti “Ya Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka”. Ucapan ini merupakan permohonan doa kepada Allah agar kita diberikan kebaikan di dunia dan akhirat dan juga agar kita terlindungi dari azab neraka.

Kemudian, kita melanjutkan dengan mengucapkan “Rabbighfirlii wa rahmataka arju kullahu taala alaika” yang berarti “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan rahmat-Mu tercurah kepadaku. Segala puji bagi Allah Yang Maha Tinggi”. Ucapan ini merupakan permohonan doa kepada Allah agar kita diberikan ampunan dan rahmat-Nya.

Setelah itu, kita melanjutkan dengan mengucapkan “Rabbana lakal hamd” yang berarti “Ya Tuhanku, semua puji bagi-Mu”. Ucapan ini merupakan ungkapan rasa syukur dan penghormatan kita kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita.

Kesimpulan

Doa sujud terakhir atau doa sajadah merupakan doa yang penting karena di dalamnya terkandung berbagai macam manfaat dan arti yang dapat memberikan keberkahan bagi orang yang mengamalkannya. Doa ini terdiri dari 8 kalimat yang berbeda yang berisi rasa syukur, penghormatan dan permohonan doa kepada Allah. Dengan mengamalkan doa ini, kita dapat merasakan manfaat dan arti yang terkandung di dalamnya dan menjadi semakin dekat dengan Allah.