Doa Sujud Syukur dan Artinya
Doa Sujud Syukur dan Artinya

Doa Sujud Syukur dan Artinya

Doa sujud syukur adalah salah satu doa dalam Islam yang dibaca ketika seseorang sudah berada dalam posisi sujud. Dengan mengerjakan doa sujud syukur ini, maka orang yang melakukannya dapat mengungkapkan rasa syukur dan bersyukur pada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya. Doa ini banyak disebutkan dalam Al-Quran, agar umat Islam dapat menyadari betapa beruntungnya mereka atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Arti Doa Sujud Syukur

Arti doa sujud syukur adalah ucapan rasa syukur yang ditujukan kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Dengan mengucapkan doa ini, kita menegaskan kembali rasa syukur kita atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Doa ini mengingatkan kita betapa bersyukurnya kita harus kepada Allah, dan mengingatkan kita pada fakta bahwa kita sebagai manusia tidaklah sempurna, dan tidak dapat berbuat apa-apa tanpa bantuan-Nya.

Bacaan Doa Sujud Syukur

Doa sujud syukur dibaca dengan lafadz berikut ini: “Subhaanal-malikul quddoos, Robbanaa wa lakal hamd”. Artinya: “Maha Suci Tuhan Yang Maha Kuasa, Maha Terpuji, Rabb kami dan kepada-Mulah segala puji.” Bacaan doa ini merupakan salah satu bacaan doa yang dianjurkan untuk diucapkan ketika kita berada dalam posisi sujud. Dengan mengucapkan doa ini, maka kita dapat menyatakan rasa syukur dan kerendahan hati kita kepada Allah SWT.

Keutamaan Doa Sujud Syukur

Keutamaan doa sujud syukur adalah bahwa Allah akan mengabulkan doa yang diajukan oleh orang yang mengucapkan doa ini. Selain itu, Allah juga akan memberikan pahala yang besar kepada orang yang rutin mengucapkan doa ini ketika berada dalam posisi sujud. Menurut hadits Rasulullah SAW, barangsiapa yang melakukan sujud syukur maka Allah akan mengangkat derajatnya dan memberikan kemudahan dalam segala hal yang ia lakukan.

Cara Mengucapkan Doa Sujud Syukur

Untuk mengucapkan doa sujud syukur, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, berdiri tegak dengan kaki yang rapat (sholat berdiri).
  • Kedua, lakukan takbir (kalimat Allohu Akbar).
  • Ketiga, lakukan sujud dengan menyentuh lantai dengan dua telapak tangan dan dua lutut (jika bisa).
  • Keempat, ucapkan doa sujud syukur.

Setelah itu, kita dapat beranjak dari posisi sujud dan melanjutkan ibadah lainnya.

Doa Sujud Syukur dalam Al-Quran

Doa sujud syukur juga disebutkan dalam Al-Quran, salah satunya adalah surat An-Nahl ayat 49 yang berbunyi: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman: ”Bersembahyanglah kamu kepada-Ku, maka bersembahyanglah kamu (dengan bersujud).” Maka berbahagialah orang-orang yang berbuat baik, yaitu orang-orang yang melakukan sujud syukur ketika berada dalam posisi sujud.

Manfaat Doa Sujud Syukur

Dengan mengucapkan doa sujud syukur, maka kita dapat merasakan manfaat-manfaat sebagai berikut:

  • Pertama, kita akan merasakan ketenangan jiwa dan pikiran.
  • Kedua, kita akan merasakan berkah dan rahmat Allah SWT.
  • Ketiga, kita akan merasakan kekuatan dan keberanian dalam menghadapi masalah dan kesulitan.
  • Keempat, kita akan merasakan kedamaian dan kebahagiaan.

Dengan mengucapkan doa sujud syukur ini, kita dapat memperoleh manfaat-manfaat tersebut.

Kesimpulan

Doa sujud syukur adalah salah satu doa yang dianjurkan untuk diucapkan ketika seseorang berada dalam posisi sujud. Doa sujud syukur ini memiliki arti yaitu ucapan rasa syukur yang ditujukan kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Dengan mengucapkan doa ini, kita akan merasakan ketenangan jiwa dan pikiran, serta manfaat-manfaat lainnya. Oleh karena itu, marilah kita rutin mengucapkan doa sujud syukur ini dalam kehidupan sehari-hari.