Doa Sholat Witir Lengkap dan Artinya
Doa Sholat Witir Lengkap dan Artinya

Doa Sholat Witir Lengkap dan Artinya

Sholat witir merupakan salah satu jenis sholat sunnah yang wajib dikerjakan oleh umat muslim. Sholat witir berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah sholat yang terakhir. Sholat witir biasa dilakukan sebagai penutup sholat malam. Sebagai umat muslim, tentunya kita harus mengetahui doa sholat witir dan artinya. Berikut ini adalah doa witir lengkap dengan artinya.

Pertama, Berdiri Dengan Tertib

Pertama-tama, sebelum melakukan sholat witir, kita harus berdiri dengan tertib. Berdiri dengan tertib dalam sholat witir adalah kewajiban bagi setiap umat muslim. Dalam berdiri dengan tertib ini, kita harus membaca doa berikut ini: “Allahumma laka shalati al-falaq, wa laka shalati al-nas.” (Ya Allah, aku berdoa kepada-Mu dengan shalat al-Falaq dan shalat al-Nas).

Kedua, Ruku’

Setelah berdiri, selanjutnya adalah ruku’. Dalam ruku’, kita harus mengucapkan doa berikut ini: “Subhana Rabbi al-Adhim” (Maha Suci Tuhan Yang Maha Agung).

Ketiga, I’tidal

Setelah itu adalah i’tidal. I’tidal adalah keadaan setelah ruku’. Dalam keadaan i’tidal, kita harus mengucapkan doa berikut ini: “Subhana Rabbi al-Ala” (Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi).

Keempat, Sujud

Setelah itu adalah sujud. Sujud adalah salah satu posisi dalam sholat. Dalam posisi sujud ini, kita harus mengucapkan doa berikut ini: “Subhana Rabbi al-A’la” (Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi).

Kelima, Berdiri Lagi

Setelah sujud, kita harus berdiri kembali. Dalam keadaan berdiri, kita harus mengucapkan doa berikut ini: “Allahumma laka shalati al-falaq, wa laka shalati al-nas.” (Ya Allah, aku berdoa kepada-Mu dengan shalat al-Falaq dan shalat al-Nas).

Keenam, Duduk Antar Dua Sujud

Setelah itu kita harus duduk antara dua sujud. Dalam keadaan duduk, kita harus mengucapkan doa berikut ini: “Allahumma laka shalati al-falaq, wa laka shalati al-nas.” (Ya Allah, aku berdoa kepada-Mu dengan shalat al-Falaq dan shalat al-Nas).

Ketujuh, Sujud Lagi

Setelah itu kita harus melakukan sujud lagi. Dalam sujud ini, kita harus mengucapkan doa berikut ini: “Subhana Rabbi al-A’la” (Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi).

Kedelapan, Berdiri Berulang-ulang

Setelah itu kita harus berdiri berulang-ulang sampai tiga kali. Dalam keadaan berdiri ini, kita harus mengucapkan doa berikut ini: “Allahumma laka shalati al-falaq, wa laka shalati al-nas.” (Ya Allah, aku berdoa kepada-Mu dengan shalat al-Falaq dan shalat al-Nas).

Kesembilan, Salawat

Setelah itu, kita harus melewati salawat. Salawat adalah doa yang ditujukan untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Dalam salawat ini, kita harus mengucapkan doa berikut ini: “Allahumma salli ala Muhammad wa ala ali Muhammad. Kama sallaita ala ibrahima wa ala ali ibrahima, innaka hamidum majid.” (Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada Muhammad dan keluarganya seperti yang Engkau limpahkan kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia).

Kesepuluh, Salam

Setelah itu, kita harus melakukan salam. Salam adalah penutup dari sholat witir. Dalam salam ini, kita harus mengucapkan doa berikut ini: “Assalamu alaikum wa rahmatullah wa barakatuh” (Kesejahteraan dan rahmat Allah dan berkah-Nya semoga selalu menaungi kamu).

Kesimpulan

Itulah tadi doa sholat witir lengkap dengan artinya. Doa sholat witir adalah doa yang harus dibaca oleh umat muslim dalam melakukan sholat witir. Dengan mengetahui doa sholat witir dan artinya, diharapkan kita dapat melakukan sholat witir dengan benar dan sempurna.