Doa Sholat Wajib dan Artinya
Doa Sholat Wajib dan Artinya

Doa Sholat Wajib dan Artinya

Salat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan oleh umat Muslim. Dilakukan lima kali dalam sehari, salat merupakan waktu yang tepat untuk menyampaikan doa pada Allah SWT. Selain itu, salat juga merupakan moment untuk mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kesucian hati dan memperkuat komitmen untuk beribadah kepada Allah SWT.

Untuk melaksanakan salat, kita diwajibkan untuk berdoa. Doa tersebut harus diketahui sehingga dapat dilafalkan dengan baik dan tepat. Berikut ini adalah doa sholat wajib beserta artinya.

Doa Sholat Wajib

Doa sholat wajib yang harus dilafalkan adalah:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيطَانِ الرَّجِيمِ (A’udzu Billahi minash shaitanir rajim)

Arti Doa Sholat Wajib

Doa sholat wajib bermakna: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk”. Doa ini adalah doa yang sering disebut sebagai “doa masuk sholat”. Doa ini dilafalkan setiap kali kita akan melakukan sholat.

Doa ini adalah salah satu doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW saat ia melakukan sholat. Doa ini juga sering disebut sebagai “doa masuk sholat” karena ia harus dilafalkan sebelum kita mulai melakukan sholat.

Dengan mengucapkan doa ini, kita dapat terhindar dari godaan setan dan bisa menjalankan sholat dengan tenang dan tulus. Kita juga dapat mengingatkan diri kita bahwa kita harus selalu berhati-hati dari godaan setan dan jangan sampai tergoda olehnya.

Bacaan Doa Sholat Wajib Lainnya

Selain doa sholat wajib di atas, ada juga beberapa bacaan doa lainnya yang harus dilafalkan sebelum melakukan salat. Doa-doa ini adalah:

اللَّهُـمَّ إِنِّـي أَسْأَلُـكَ بِرَحْمَتِـكَ الَّتِي وَسِـعَتْ كُلَّ شَـيء (Allahumma inni as-aluka bi-rahmatika-l-latii wasi’at kullu syai’in)

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu”.

وَأَسْأَلُـكَ الْـجَـنَّةَ وَأَعُـوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَـبْر (Wa as-aluka-l-jannata wa a’udzu bika min ‘adzaabi-l-qabri)

Artinya: “Dan aku memohon kepada-Mu surga dan aku berlindung kepada-Mu dari siksaan kubur”.

Doa Sholat Sunnah

Selain doa sholat wajib, ada juga doa sholat sunnah yang bisa dilafalkan. Doa sholat sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW adalah:

اللَّهُ ِمَّ اهْدِنِي فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ (Allahummahdini fi-man hadait wa ‘afini fi-man ‘afait wa tawallani fi-man tawallait wa barik li fi-ma a’tait wa qini sharra ma qadait)

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk dalam orang yang Engkau beri petunjuk, jagalah aku dengan orang yang Engkau beri perlindungan, dan berilah aku pertolongan dalam orang yang Engkau beri pertolongan, dan berkahilah aku dengan apa yang Engkau berikan, dan peliharalah aku dari kejahatan apa yang Engkau tetapkan”.

Kesimpulan

Doa sholat wajib adalah doa yang wajib dilafalkan sebelum melakukan sholat. Doa ini telah diajarkan oleh Rasulullah SAW dan merupakan salah satu cara untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan. Selain itu, ada juga doa sholat sunnah yang dapat dilafalkan untuk meningkatkan kualitas sholat kita.