Doa Sholat Tarawih dan Artinya
Doa Sholat Tarawih dan Artinya

Doa Sholat Tarawih dan Artinya

Sholat tarawih merupakan salah satu ritual ibadah yang dilakukan oleh umat muslim selama bulan suci Ramadhan. Sholat tarawih merupakan kegiatan penting bagi umat muslim karena merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sholat tarawih ini terdiri dari berbagai macam doa dan jumlah rakaat yang berbeda-beda. Namun, banyak juga orang yang belum mengetahui arti dari doa-doa tersebut. Maka dari itu, artikel ini akan membahas doa sholat tarawih dan artinya.

Doa Sebelum Sholat Tarawih

Doa sebelum sholat tarawih adalah doa yang dibaca oleh umat muslim sebelum memulai sholat tarawih. Doa ini berisi harapan kepada Allah SWT agar Allah SWT menerima sholat yang akan dilakukan. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni as-aluka bi-rahmatika wa’dz-dzatiika, wa-rzuqni fardlaka wa-ajirni min syarri maa ajir.” Artinya adalah “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu dan karunia-Mu, dan aku meminta kepada-Mu untuk memberi aku (kemampuan untuk) mengerjakan tugas-Mu dan aku memohon perlindungan dari segala kejahatan.”

Doa Setelah Sholat Tarawih

Selain doa sebelum sholat tarawih, umat muslim juga harus mengucapkan doa setelah sholat tarawih. Doa ini berisi harapan umat muslim agar Allah SWT menerima amal ibadah mereka. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni as-aluka bi-rahmatika wa’dz-dzatiika, wa-rzuqni fardlaka wa-ajirni min syarri maa ajir.” Artinya adalah “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu dan karunia-Mu, dan aku meminta kepada-Mu untuk memberi aku (kemampuan untuk) mengerjakan tugas-Mu dan aku memohon perlindungan dari segala kejahatan.”

Doa Selesai Sholat Tarawih

Setelah melaksanakan sholat tarawih, umat muslim juga harus mengucapkan doa selesai sholat tarawih. Doa ini berisi harapan umat muslim agar Allah SWT memberikan pahala kepada mereka atas amal ibadah yang telah mereka lakukan. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma anta syafi wa la syafi illa anta, wa anta a’lamu bi syai-in syafi.” Artinya adalah “Ya Allah, Engkau yang menyembuhkan dan tidak ada yang bisa menyembuhkan selain Engkau, dan Engkau yang mengetahui dengan pasti segala yang bisa menyembuhkan.”

Doa Berbuka Puasa

Selain itu, umat muslim juga harus mengucapkan doa berbuka puasa saat berbuka puasa. Doa ini berisi harapan umat muslim agar Allah SWT memberikan pahala kepada mereka atas amal ibadah yang telah mereka lakukan. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma laka sumtu wa a’la rizqika aftartu.” Artinya adalah “Ya Allah, aku berpuasa karena Engkau dan aku berbuka puasa dengan rezeki yang Engkau berikan.”

Doa Niat Sholat Tarawih

Selain itu, umat muslim juga harus mengucapkan doa niat sholat tarawih saat akan melakukan sholat tarawih. Doa ini berisi harapan umat muslim agar Allah SWT menerima amal ibadah mereka. Doa ini adalah sebagai berikut: “Nawaytu alal-khairi haithu kana wa aqimu alshalata wajibatan li-rabbi al-‘alamin.” Artinya adalah “Aku niat melakukan kebaikan di tempat ini dan aku mengerjakan shalat wajib karena Tuhan semesta alam.”

Doa Setelah Membaca Al-Quran

Selain itu, umat muslim juga harus mengucapkan doa setelah membaca Al-Quran saat melakukan sholat tarawih. Doa ini berisi harapan umat muslim agar Allah SWT memberikan pahala kepada mereka atas amal ibadah yang telah mereka lakukan. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni as-aluka bi-rahmatika wa’dz-dzatiika, wa-rzuqni fardlaka wa-ajirni min syarri maa ajir.” Artinya adalah “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu dan karunia-Mu, dan aku meminta kepada-Mu untuk memberi aku (kemampuan untuk) mengerjakan tugas-Mu dan aku memohon perlindungan dari segala kejahatan.”

Doa Setelah Sholat Tarawih Sunnah

Terakhir, umat muslim juga harus mengucapkan doa setelah sholat tarawih sunnah. Doa ini berisi harapan umat muslim agar Allah SWT menerima amal ibadah mereka. Doa ini adalah sebagai berikut: “Allahumma inni as-aluka bi-rahmatika wa’dz-dzatiika, wa-rzuqni fardlaka wa-ajirni min syarri maa ajir.” Artinya adalah “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu dan karunia-Mu, dan aku meminta kepada-Mu untuk memberi aku (kemampuan untuk) mengerjakan tugas-Mu dan aku memohon perlindungan dari segala kejahatan.”

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa sholat tarawih merupakan ritual ibadah penting bagi umat muslim. Umat muslim harus mengucapkan beberapa doa sebelum, selama, dan sesudah melakukan sholat tarawih. Doa-doa tersebut dapat membantu umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan-Nya. Dengan mengetahui doa-doa tersebut dan artinya, umat muslim