Doa Sholat Tahajud Pendek Latin dan Artinya
Doa Sholat Tahajud Pendek Latin dan Artinya

Doa Sholat Tahajud Pendek Latin dan Artinya

Sholat tahajud adalah salah satu dari 5 waktu sholat yang wajib di lakukan oleh seorang muslim. Sholat tahajud dikerjakan di malam hari dan merupakan sholat sunnah yang dikerjakan selepas sholat Isya. Wajib bagi seorang muslim untuk mengerjakan sholat tahajud sebanyak mungkin, karena terdapat banyak sekali pahala yang akan di terima jika mengerjakan sholat tahajud ini.

Di dalam sholat tahajud terdapat doa-doa yang dibaca sebelum dan sesudah sholat. Doa-doa tersebut dalam bahasa arab dan juga ada doa yang dalam bahasa Latin. Berikut doa sholat tahajud pendek dalam bahasa Latin dan artinya.

Doa Sholat Tahajud Pendek Latin

Subhana rabbi yal a’laa wa bihamdih.

Artinya

Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi dan Segala Puji Bagi-Nya.

Doa Sholat Tahajud Pendek Latin Lainnya

Subhanallahi wa bihamdihi, subhanallahil adziim.

Artinya

Maha Suci Allah dan Segala Puji Bagi-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung.

Doa sholat tahajud dalam bahasa Arab juga ada, di antaranya adalah “Allahumma innaka ‘affuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni” yang artinya “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan mencintai pengampunan maka ampunilah aku.” Dan masih banyak lagi doa-doa lainnya.

Beberapa keutamaan sholat tahajud antara lain, doa yang dibaca di dalam sholat tahajud dijamin Allah akan di kabulkan. Jika seorang muslim mengerjakan sholat tahajud di malam hari, Allah akan mengangkat derajatnya di sisi-Nya. Juga sholat tahajud merupakan sholat yang dapat menghapus dosa dan menangkal godaan setan.

Mengenai jumlah rakaat sholat tahajud, minimal berjumlah 2 rakaat dan maksimal berjumlah 12 rakaat. Namun ada beberapa ulama yang menyebutkan jumlah rakaat sholat tahajud boleh sampai 20 rakaat. Semua jumlah tersebut tentu saja boleh dilaksanakan sesuai dengan kemampuan dan kehendak seseorang.

Adapun cara melaksanakan sholat tahajud sendiri sama dengan sholat lainnya. Jika seorang muslim ingin mengerjakan sholat tahajud, maka setelah melakukan sholat Isya, ia dapat memulai sholat tahajud dengan niat sholat tahajud. Setelah itu ia dapat membaca doa-doa yang telah disebutkan sebelumnya dan berlanjut ke takbiratul ihram dan melaksanakan ruku, sujud, duduk dan sebagainya seperti biasa.

Kesimpulan

Doa sholat tahajud adalah salah satu dari 5 waktu sholat yang wajib di lakukan oleh seorang muslim. Doa sholat tahajud dalam bahasa Latin yaitu Subhana rabbi yal a’laa wa bihamdih dan Subhanallahi wa bihamdihi, subhanallahil adziim. Adapun jumlah rakaat sholat tahajud minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Melaksanakan sholat tahajud di malam hari dijanjikan banyak pahala dan dapat menangkal godaan setan.