Doa Sholat Tahajud Lengkap dengan Artinya
Doa Sholat Tahajud Lengkap dengan Artinya

Doa Sholat Tahajud Lengkap dengan Artinya

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari. Sholat tahajud ini dianjurkan agar kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sholat tahajud ini adalah sholat yang paling utama diantara sholat sunnah lainnya. Karena, sholat tahajud adalah salah satu cara untuk meningkatkan ketaqwaan kita.

Meskipun begitu, banyak orang yang belum tahu cara melaksanakan sholat tahajud dan doa-doa yang harus dibaca saat melakukannya. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap mengenai doa sholat tahajud lengkap dengan artinya.

Cara Melakukan Sholat Tahajud

Pertama, Anda harus mempersiapkan diri untuk melakukan sholat tahajud. Sebelum sholat, sebaiknya kita bersuci dulu dengan cara mandi atau wudhu. Setelah itu, carilah tempat yang tenang dan rileks untuk melaksanakan sholat tahajud. Jika sudah, lakukanlah tahiyat awal (tahiyatul masjid).

Kemudian, setelah tahiyat awal selesai, lakukanlah dua rakaat sholat tahajud. Pada rakaat pertama, setelah membaca surat Al Fatihah, bacalah surat Al Kafirun dan Al Ikhlas. Setelah itu, rukuk dan sujud sambil membaca doa sholat tahajud. Pada rakaat kedua, bacalah surat Al Kafirun dan Al Ikhlas, rukuk dan sujud sambil membaca doa sholat tahajud. Setelah itu, lakukanlah tasbih, tahmid, tahlil, dan dzikir lainnya.

Doa Sholat Tahajud Lengkap dengan Artinya

Doa sholat tahajud yang pertama adalah doa ketika masuk ke dalam sholat yang artinya: “Allahumma inni a’udzu bika minal-jubni wal-bukhli wal-harami wal-maghrami” yang artinya “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dari kemalasan, kebodohan, perbuatan mungkar dan perbuatan durhaka”.

Kemudian, doa ketika selesai salam yang artinya: “Rabbighfirli warhamni wajburni wa’fu ‘anni” yang artinya “Ya Rabbku, ampunilah aku, rahmatilah aku, karuniakanlah aku dan perkenankanlah aku”.

Selanjutnya, doa ketika ruku’ yang artinya: “Subhanallahi walhamdulillahi wala ilaha illallah wallahu Akbar” yang artinya “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar”.

Kemudian, doa ketika sujud yang artinya: “Subhanallahi walhamdulillahi wala ilaha illallah wallahu Akbar wa la hawla wala quwwata illa billahil aliyyil adzim” yang artinya “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar, tidak ada daya dan kekuatan selain milik Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung”.

Selanjutnya, doa ketika duduk diantara dua sujud yang artinya: “Rabbanaghfirli warhamni wahdini warzuqni wa’fu ‘anni” yang artinya “Ya Rabbku, ampunilah aku, rahmatilah aku, tunjukkanlah aku jalan yang benar dan perkenankanlah aku”.

Kemudian, doa ketika berdiri setelah dua rakaat yang artinya: “Allahumma antas salam wa minkas salam tabarakta ya dzal jalali wal ikram” yang artinya “Ya Allah, Engkau Maha Penyayang dan Maha Suci, Maha berkuasa dan Maha Penyayang”.

Lalu, doa ketika berdiri diakhir sholat yang artinya: “Rabbighfirli zunubi wa isrif anni sayyi’ati wa thabbit qalbi ala deenik” yang artinya “Ya Rabbku, ampunilah aku atas dosa-dosaku, hindarkan aku dari perbuatan jahat dan teguhkanlah hatiku dalam agama-Mu”.

Kesimpulan

Itulah beberapa doa sholat tahajud lengkap dengan artinya. Dengan berdoa saat sholat tahajud diharapkan kita dapat semakin dekat dengan Allah SWT dan meningkatkan ketaqwaan kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.