Doa sholat tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT
Doa sholat tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT

Doa sholat tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT

Doa shalat tahajjud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT merupakan salah satu sunnah dalam Islam. Menurut Al-Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qadir Jawas hukum untuk Qiyamul Lail ini adalah sunnah.

Shalat merupakan rukun Islam kedua yang harus ditunaikan karena wajib. Selain shalat fardhu lima waktu ada juga shalat sunnah yang dianjurkan dalam Islam. Ini dikerjakan untuk semata-mata mendapat kebaikan. Salah-satunya adalah Tahajjud.

Shalat ini merupakan ibadah yang dilaksanakan di malam hari saat sepertiga malam. Lebih baik disepertiga malam terakhir. Dengan senantiasa mengerjakan ibadah ini secara rutin, maka doa dan hajatnya akan dikabulkan.

Definisi Shalat Tahajud yang Perlu Diketahui

Sebutan lainnya untuk ibadah ini adalah shalat malam. Ini karena dikerjakan hanya diwaktu malam saja setelah isya. Ini dapat dikerjakan setelah melaksanakan shalat isya harus tidur walau sebentar sebelum shalat subuh. Dikerjakan sebanyak dua rakaat salam.

Ketentuan serta syarat di dalamnya adalah dikerjakan setelah shalat isya dan setelah tidur. Jumhur Ulama mengatakan bahwa jika dikerjakan tanpa tidur terlebih dahulu, maka tidak dinamakan Tahajjud melainkan shalat hajat istikharah taubat atau witir.

Hal ini dikatakan oleh Syekh Sulaiman bin Muhammad bin Umar Al Bujairomi yaitu dalam mengerjakan sunnah ini yakni sunnah setelah tidur.

Doa shalat tahajjud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT adalah sunnah muakkad atau sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Hal tersebut dimuat dalam Al-Quram, sunnah Rasulullah dan dalam Ijma.

Rasulullah menganjurkan untuk selalu melaksanakannya karena memiliki keutamaan serta keistimewaan besar di dalamnya. Sesuai dengan firman-Nya dalam Surat Al-Muzammil ayat 1 hingga 20.

Dalam ayat ini dijelaskan bahwasanya Allah telah memberi waktu umat Islam untuk memanjatkan doa dan memohon hajat ke pada-Nya. Seuai dengan HR. Iman Tirmidji dan Ahmad bahwa Rasulullah mengatakan untuk mengerjakannya serta sebagai jalan mendekatkan diri kepada Allah juga penebus dosa dan mencegahnya dan terhindar penyakit.

Keistimewaan dari Sholat Tahajud

Shalat ini merupakan amalan sebaik-baiknya setelah shalat wajib 5 waktu. Sebagaimana sabdanya yang berbunyi “sebaik-baiknya puasa adalah saat Ramadhan dan sebaiknya shalat fardhu adalah shalat malam. Lebih baik melengkapi dengan membaca doa shalat tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Hal tersebut adalah sebuah kemuliaan untuk mukmin. Membentuk kebiasaan baik dan shalih. Dilakukan untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Keistimewaan lainnya adalh dapat menghapus kesalahan dan menjauhkan dari perbuatan tercela.

Istimewanya lagi karena merupakan wasiat Rasulullah ke pada warga Madinah saat datang ke sana. Dengan rajin mengerjakan ibadah di malam hari ini maka niscaya akan diangkat derajatnya.

Ibadah ini juga akan membantu dalam menguatkan hafalan Al-Quran. Dan bagi kamu yang sering sulit bangun untuk shalat subuh, cobalah mengerjakan ibadah ini setiap mala seperti orang dahulu. Sesungguhnya Rasulullah tidak pernah meninggalkan ibadah ini dan selalu membaca doa shalat tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Dalil Tentang Shalat Tahajud

Dengan mengetahui keistimewaanya jadi sebagai umat muslim hendaknya melaksnakannya karena keistimewaan tersebut. Adapun dalilnya dimuat dalam Surat Al-Isra ayat 79 dan Sabda Rasulullah.

Sesungguhnya amalan tersebut tidak pernah dilewatkan oleh Nabi Muhammad kala itu. untuk itu, beliau mengingatkan kaumnya untuk tidak ketinggalan dalam mengerjakan ibadah dan membaca doa shalat Tahajjud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Surat Al-Isra ayat 79 yang berarti “dan sebagian malam sembahyang tahajjudlah engkau sebagai tambahan dalam beribadah, agar Allah mengangkat derajatmu ke tempat terpuji”.

Adapun Sabda rasulullah “pada setiap malam Allah SWT turun ke langit hingga tersisa sepertiga malam terakhir. Dalam firman-Nya adakah hamba yang meminta akan kukabulkan, hamba yang beristighfar sehingga akan kuampuni kesalahannya.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Tahajud

dalam hal tata cara melaksananya sama dengan ibadah sunnah pada umumnya. Pertama harus bersuci. Sayyid Sabiq dalam fiqih mengatakan untuk berniat sebelum tidur untuk melaksanakan shalat Tahajjud agar tidak tertinggal dan mendapatkan pahala.

Dalam sunnah yang disampaikan Syaikh Wahbah Az-Zuhaili mengatakan bahwa hendaknya untuk bersiwak (sikat gigi) dahulu sebelum melaksanakannya. Shalat ini dikerjakan dua rakaat shalat. Kemudian dilanjutkan dengan Doa sholat tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Untuk jumlah rakaatnya terdapat berbagai macam pendapat dari ulama. Ada yang membatasi hingga delapan rakaat saja. ada yang tidak membatasinya. Rasulullah melaksanakannya dengan 11 rakaat termasuk witir atau 13 rakaat dengan witir.

Dalam hal niat ulama mengatakan niat di baca dalam hati karena melafazkannya tidak termasuk dalam syarat sahnya. Namun, ulama lainnya berpendapat melafazkan niat adalah sunnah agar hadir niat yang baik di hati.

Pendapat lainnya dalam madzhab Maliki yakni tidak perlu melafazkan niat karena tidak dicontohkan Rasulullah SAW. Adapun lafaz niatnya “ushalli sunnata tahajudi rakaataini lillahi taala.” Artinya “aku niat shalat tahajjud dua rakaat karena Allah Taala.”

Doa shalat Tahajjud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT

Doa shalat tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT hendaknya dibaca dan dihapal untuk umat muslim. Dengan ini keberkahan akan semakin melimpah dalam mengerjakan ibadah di malam hari tersebut.

Jika kamu tidak bisa melapalkan dalam bahasa Arab, boleh menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa apapun karena Allah akan memahami hambanya. Memohonlah sebanyak-banyaknya di sepertiga malam yang dijanjikan Allah.

Mohonlah ampunan atas segala kesalahan yang dilakukan di masa lalu. Mintalah dihidayahkan dan diberi rahmat untuk hidupmu. Mintalah semoga kebaikan menyertai di dunia dan di akhirat kelak.

Jika saat mengalami masalah yang tidak bisa diatasi, maka mintalah dan memohonlah di waktu tersebut agar segera diberi jalan keluar dan diselesaikan masalahnya. Untuk doanya tidak memerlukan doa khusus.

Doa shalat tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT merupakan sebuah permintaan yang mulia dan mustajab. Ini karena dikerjakan diwaktu-waktu mustajab yakni di sepertiga malam dan memohon sebaik-baiknya kepada Allah.

Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda Allah akan turun ke dunia manusia setiap malam hingga tersisa sepertiga malam dan berfirman bahwa akan siapapun yang berdoa dan meminta ampunan akan kuampuni dia.

Kemudian bacalah doa ini sehabis shalat Tahajjud

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qoddamtu, wa maa akhkhartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Bacalah saat selesai dua rakaat atau selesai semua rakaat sebelum menambahkan witir. Bisa juga dibaca ketika sujud atau pada saat menjelang salam sebelum tasyahud. Maka sesungguhnya janji Allah adalah kebenaran.

Doa Iftitah Shalat Tahajud

Selain doa shalat tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT ada juga doa lainnya. Dalam mengerjakannya, Rasulullah mengajarkan doa khusus yang bisa diikuti. Adalah do khusus tersebut adalah doa iftitah. Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas.

“aalllhuma lak alhamd ‘ant nur alsamawat wal’ard waman fihina, walak alhamd ‘ant qayim alsamawat wal’ard waman fihina, walak alhamd ‘ant rabu alsamawat wal’ard waman fihina, ‘ant alhaqu, wawaeduk alhaqu, waqawluk alhaqu, waliqawuk alhaqu, waljanat haqun, walnaar haqun, walsaaeat haqun, aalllhuma lak ‘aslamtu, wabik amantu, waealayk tawakaltu, wa’iilayk ‘anabtu, wabik khasamtu, wa’iilayk hakamtu. faghfir li ma qadamt wama ‘akhartu, wama ‘asrart wama ‘aelantu, ‘ant almuqadim wa’ant almuakhiru, ‘ant ‘iilhi la ‘iilh ‘iilaa ‘ant”

Adapun artinya “Ya Allah, segala puji hanya milik-Mu, yang telah mengatur langit dan bumi serta segala isinya.. segala puji hanya milik-Mu, yang telah mengatur langit dan bumi serta segala isinya. segala puji hanya milik-Mu, yang telah mengatur langit dan bumi serta segala isinya. Maha benar Engkau, janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar. Surga itu ada, neraka itu ada, dan kiamat itu ada.

Hanya kepadamu kami memasrahkan diri dan hanya kepada-Mu lah aku beriman, bertawakkal, serah diri, bertaubat. Hanya karena petunjuk dari-Mu aku berdebat, memohon keputusan, olehnya ampunilah segala dosa yang telah kulakukan atau di masa mendatang, baik secara sembunyi atau terang-terangan. Engkau awal dan akhir, kau adalah Tuhanku, tiada Tuhan yang wajib disembah selain daripada-Mu” (HR. Muslim, Ibnu Majah dan Ahmad)

angan. Engkau yang paling awal dan yang paling akhir. Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. (HR. Muslim, Ibnu Majah dan Ahmad)

kedua adalah riwayat Bunda Aisyah “allahuma raba jibril wamikayiyl wa’iisrafil fatir alsamawat wal’ard ealim alghayb walshahadat ‘ant tahkum bayn eibadik fima kanuu fih yakhtalifuna, ahdini lima akhtulif fih min alhaqi bi’iidhnik ‘iinak ‘ant tahdi man tasha’ ‘iilaa sirat mustaqim

artinya “Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, dan Israfil. Pencipta langit dan bumi. Yang mengetahui yang gaib dan yang nampak. Engkau yang memutuskan diantara hamba-Mu terhadap apa yang mereka perselisihkan. Berilah petunjuk kepadaku untuk menggapai kebenaran yang diperselisihan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki menuju jalan yang lurus.” (HR. Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud).

Waktu Terbaik untuk Melaksanakan Sholat Tahajud

Ini dilaksanakan sehabis tidur. Waktunya adalah sejak ba’da Isya sampai sebelum terbit fajar. Untuk waktu terbaiknya adalah di sepertiga malam. Terkadang ibadah ini disebut qiyamul lail. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua qiyamul lail adalah shalat tahajjud.

Ustadz Adi Hidayat menerangkan bahwa pengertiannya diambil dari bahasa Arab yakni tidur berbaring atau “hajada”. Bangun setelah berbaring ditambah ta’. Jika digabungkan keduanya maka menjadi tahajjada. Lalu kemudian bentuk perintahkan menjadi Tahajjud.

Mendirikan shalat lima waktu adalah kewajiban bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Selain itu ada ibadah lainnya yang sangat dianjurkan Rasulullullah untuk dikerjakan. Salah-satunya adalah shalat malam atau tahajjud. Dan bacaan doa sholat tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Amalan ini dikerjakan di sepertiga malam dan memiliki banyak keistimewaan yang dijanjikan oleh Allah SWT. Rasulullah tidak pernah sekalipun melewatkan ibadah ini. untuk itu hendaklah untuk mengerjakannya agar mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW.

Adapun untuk mengerjakannya sama dengan shalat sunnah pada umumnya, terdiri dari dua rakaat salam, untuk jumlahnya terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama. Namun kerjakanlah dengan membaca doa shalat tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT.