Doa Sholat Muhammadiyah Beserta Artinya
Doa Sholat Muhammadiyah Beserta Artinya

Doa Sholat Muhammadiyah Beserta Artinya

Sholat Muhammadiyah adalah salah satu doa yang dituntunkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini biasanya dibaca ketika seseorang akan melakukan sholat atau ibadah lainnya. Doa ini sering disebut juga sebagai doa sholat hajat dan dapat diartikan sebagai permintaan maaf atas segala dosa yang telah dilakukan. Doa ini adalah doa yang sangat bermakna dan dapat menjadi bacaan yang panjang dan berulang-ulang. Pada artikel ini akan dibahas tentang doa sholat Muhammadiyah beserta artinya.

Doa sholat Muhammadiyah pada dasarnya dibaca untuk memohon kepada Allah agar mampu menjalankan ibadah dengan hati yang tulus. Doa ini diawali dengan “Bismillahirrahmanirrahim” yang artinya “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.” Kata-kata ini diucapkan karena Allah adalah sumber dari segala kebaikan, dan kita memohon agar Allah selalu memberikan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita sebagai hamba-Nya.

Selanjutnya, doa sholat Muhammadiyah berbunyi “Allahumma innaka afuwun tuhibbul afwa fa’fu anni” yang artinya “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan menyukai orang yang bertaubat, maka ampunilah aku.” Doa ini bertujuan untuk memohon maaf atas segala dosa yang telah dilakukan. Setelahnya, seseorang harus berulang kali membaca doa ini untuk menegaskan lagi permintaan maafnya.

Selanjutnya, doa sholat Muhammadiyah berbunyi “Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta kholaqtu wahai ana abduka wabnu amatika nashkuruka wanastaghfiruka wala nukil lahud dina illa anta” yang artinya “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau, Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu dan anak sahaya-Mu, aku bersyukur kepada-Mu dan memohon ampun kepada-Mu. Aku tidak menyekutukan Engkau dengan sesuatu pun.” Doa ini bertujuan untuk mengingatkan kita bahwa Allah adalah Tuhan yang Maha Kuasa dan Maha Pencipta.

Selanjutnya, doa sholat Muhammadiyah berbunyi “Rabbanaghfir li kholki wakhluf lahu minka wakhluf lahu minka wa a’fu anni” yang artinya “Ya Tuhanku, ampunilah segala dosa yang telah kulakukan, dan berilah aku keberanian untuk mengubah diri dan menjadi orang yang lebih baik, serta ampunilah aku.” Doa ini bertujuan untuk memohon ampun dan kesempatan untuk menjadi orang yang lebih baik.

Selanjutnya, doa sholat Muhammadiyah berbunyi “Allahumma inni a’udzubika min khairi maa a’udzubika min syarri maa a’udzubika min fahsya’i maa a’udzubika min syaqatatil maut” yang artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebaikan yang Engkau berikan, aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang Engkau berikan, aku berlindung kepada-Mu dari kesalahan yang kuperbuat, dan aku berlindung kepada-Mu dari kematian.” Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah dari segala keburukan dan kesalahan yang mungkin kita lakukan.

Selanjutnya, doa sholat Muhammadiyah berbunyi “Allahumma inni a’udzubika minal ghammi wal ahli wal maghfirati wal qabri” yang artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesedihan, kehilangan, ampunan, dan kematian.” Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah dari segala kesedihan dan kesulitan yang mungkin kita alami dalam hidup.

Selanjutnya, doa sholat Muhammadiyah berbunyi “Allahumma inni a’udzubika min syarri nafsi wamin syarri qalbi wamin syarri ayni” yang artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan yang ada pada diriku, hatiku, dan mata ku.” Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah dari segala keburukan yang mungkin kita lakukan.

Selanjutnya, doa sholat Muhammadiyah berbunyi “Allahumma inni a’udzubika minal jubni wal bukhti wal jasi qobti” yang artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kepura-puraan, kemalasan, dan kekurangan harta.” Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah dari segala kelemahan dan kemalasan yang mungkin kita miliki.

Selanjutnya, doa sholat Muhammadiyah berbunyi “Allahumma inni a’udzubika min syarri aliyya wamin syarri aliyya wal a’udzubika min syarri ahlil ardhi” yang artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang ada di atas dan di bawah tanah ini.” Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan yang mungkin kita lakukan.

Selanjutnya, doa sholat Muhammadiyah berbunyi “Allahumma inni a’udzubika minal kasali walharami” yang artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala kemalasan dan kemaksiatan.” Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah dari segala kemalasan dan kemaksiatan yang mungkin kita lakukan.

Kesimpulan

Doa sholat Muhammadiyah adalah salah satu doa yang dituntunkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini biasanya dibaca ketika seseorang akan melakukan