Doa Sholat Jumat dan Artinya
Doa Sholat Jumat dan Artinya

Doa Sholat Jumat dan Artinya

Hari Jumat adalah hari yang istimewa di Islam. Di hari ini, umat muslim diharapkan untuk melaksanakan sholat jumat. Sholat Jumat merupakan salah satu dari 5 sholat wajib yang harus dilakukan oleh seorang muslim. Selain itu, sholat jumat juga memiliki kedudukan yang sangat tinggi di sisi Allah SWT. Oleh sebab itu, sholat jumat harus dilaksanakan dengan baik dan benar.

Di dalam melaksanakan sholat jumat, seorang muslim harus mengucapkan doa yang disebut dengan doa sholat jumat. Doa sholat jumat harus dibaca dengan paham dan tata cara yang benar. Selain itu, doa sholat jumat juga bisa dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Berikut adalah doa sholat jumat dan artinya dalam bahasa Indonesia.

Doa Sholat Jumat dan Artinya

Doa pertama adalah doa ketika selesai sholat. Doa ini berbunyi : “الحَمْدُ للهِ الذي اَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُشُورُ” yang artinya “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kita setelah mematikan kita, dan hanya kepada-Nya-lah kita kembali.”

Doa kedua adalah doa ketika berdiri di hadapan imam. Doa ini berbunyi : “السَلامُ عَلَيْكَ يا رَسُولَ اللهِ” yang artinya “Kesejahteraan semoga tercurah kepadamu wahai Rasulullah.”

Doa ketiga adalah doa ketika imam berdiri. Doa ini berbunyi : “اللّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ” yang artinya “Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu.”

Doa keempat adalah doa ketika imam membaca Al-Quran. Doa ini berbunyi : “اللَّهُمَّ انْزِلْ عَلَيْنَا سُرُرَ الثَّقَلَيْنِ وَنَجِّنَا مِنْ الظُّلْمَاتِ” yang artinya “Ya Allah, turunkanlah kepada kami cahaya kebenaran dan selamatkanlah kami dari kegelapan.”

Doa kelima adalah doa ketika imam berduduk. Doa ini berbunyi : “اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ” yang artinya “Ya Allah, ya Tuhan manusia, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang selalu bertaubat dan jadikan aku termasuk orang-orang yang suci.”

Doa keenam adalah doa ketika imam berduduk di antara dua sujud. Doa ini berbunyi : “اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ” yang artinya “Ya Allah, ampunilah dosaku yang telah lalu, dosaku yang akan datang, dosaku yang tersembunyi, dan dosaku yang diketahu orang lain.”

Doa ketujuh adalah doa ketika imam duduk di antara dua sujud. Doa ini berbunyi : “اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَاهْدِنِي وَعَافِنِي وَارْزُقْنِي” yang artinya “Ya Allah, ampunilah aku, berilah rahmat kepadaku, tunjukkan aku jalan yang benar, berilah kesehatan kepadaku, dan berilah rezeki kepadaku.”

Doa kedelapan adalah doa ketika imam berduduk di antara dua sujud. Doa ini berbunyi : “اللَّهُمَّ ادْخِلْنِي الْجَنَّةَ وَأَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ” yang artinya “Ya Allah, masukkanlah aku ke dalam surga dan bantulah aku untuk selalu mengingat dan memuji-Mu.”

Doa kesembilan adalah doa ketika imam berduduk di antara dua sujud. Doa ini berbunyi : “اللَّهُمَّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَاجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ” yang artinya “Ya Allah, anugerahkanlah aku rahmat dari sisi-Mu dan jadikanlah aku orang yang selalu bertaubat.”

Doa kesepuluh adalah doa ketika imam berduduk di antara dua sujud. Doa ini berbunyi : “اللَّهُمَّ انْصُرْنِي وَسَدِّدْ لِي وَاغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَيَسِّرْ لِي” yang artinya “Ya Allah, tolonglah aku, perbaikilah aku, ampunilah aku, berilah rahmat kepadaku, dan mudahkanlah urusanku.”

Kesimpulan

Demikianlah doa-doa sholat jumat dan artinya dalam bahasa Indonesia. Selain dari do