Doa Sholat Jenazah Perempuan dan Artinya
Doa Sholat Jenazah Perempuan dan Artinya

Doa Sholat Jenazah Perempuan dan Artinya

Dalam ajaran agama Islam, sholat jenazah adalah sholat yang khusus ditujukan untuk mayat umat Islam yang telah meninggal dunia. Sholat jenazah ini dapat dilakukan bagi siapa pun yang telah meninggal dunia, baik laki-laki atau perempuan. Bagi perempuan, ada beberapa doa khusus yang harus dibaca saat melaksanakan sholat jenazah, sebagai bentuk penghormatan dan pemeliharaan terhadap mereka.

Doa sholat jenazah perempuan yang dapat dibaca adalah sebagai berikut: “Allaahumma innaa nasta`īnuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu `alayka wa nuthni `alayka al-khair, wa nashkuruka wa laa nakfuruka wa nakhla`u wa natruku mayyitahaa, wa laa yamuutu bihi, wa laa yunqa`u bihi. Allaahumma, maa a`lamu bihi min khaufii wa-haraj, wa maa a`lamu bihi min `ilmin laa yanfa`uhu. Allaahumma, inii a`oodhu bika minal-harami kullihim, wa a`oodhu bika min `adhaabin-naar. Allaahumma, inii a`oodhu bika min `adhaabil-qabri wa min fitnatil-qabri.”

Berikut ini adalah arti doa sholat jenazah perempuan tersebut: “Ya Allah, kami memohon pertolonganMu, meminta ampun kepadaMu, beriman kepadaMu, berserah diri kepadaMu, mengharap rahmatMu, tidak menyalahkanMu dan meminta kepadaMu segala kebaikan. Ya Allah, apa yang kami ketahui tentang rasa takut dan sengsara atas mayat jenazah ini, dan apa yang kami ketahui tentang ilmu yang tidak ada gunanya. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari segala bentuk kejahatan, dan berlindung kepadaMu dari adzab api neraka. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari adzab kubur dan fitnah kubur.”

Sholat jenazah merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Tidak hanya laki-laki, perempuan pun juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat jenazah. Sholat jenazah adalah bentuk penghormatan terhadap orang-orang yang telah meninggal dunia, dan juga merupakan bentuk ibadah yang dapat menghapus dosa-dosa yang terdapat pada mayat jenazah tersebut. Oleh karena itu, sebagai orang yang beriman, kita pun harus tahu bagaimana cara melaksanakan sholat jenazah khususnya untuk perempuan.

Di dalam pelaksanaan sholat jenazah, terdapat beberapa haji yang harus dilakukan. Haji-haji tersebut antara lain seperti iqamah sholat jenazah, membaca surat Al-Fatihah, doa jenazah, membaca salam, dan membaca tasbih atau tahlil. Pada haji iqamah, seorang imam atau pemimpin sholat harus membaca iqamah lalu meminta jamaah untuk mengikuti sholat jenazah. Kemudian, setelah iqamah selesai, imam atau pemimpin sholat harus membaca surat Al-Fatihah, yang merupakan surat utama dalam Al-Quran.

Selanjutnya, setelah surat Al-Fatihah selesai, imam atau pemimpin sholat pun harus membaca doa jenazah perempuan. Setelah itu, imam atau pemimpin sholat pun harus membaca salam, lalu meminta jamaah untuk membaca tasbih atau tahlil. Setelah itu, imam atau pemimpin sholat pun harus mengakhiri sholat jenazah dengan membaca doa penutup.

Kesimpulan

Doa sholat jenazah perempuan merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Doa sholat jenazah ini dapat dibaca oleh laki-laki maupun perempuan. Doa sholat jenazah perempuan ini memiliki arti yang dalam, yaitu memohon pertolongan, ampunan, beriman, berserah diri, mengharap rahmat, tidak menyalahkan Allah, dan meminta segala kebaikan. Dalam pelaksanaannya, haji yang harus dilakukan antara lain seperti iqamah sholat jenazah, membaca surat Al-Fatihah, doa jenazah, membaca salam, dan membaca tasbih atau tahlil.