Doa Sholat Jenazah dan Artinya
Doa Sholat Jenazah dan Artinya

Doa Sholat Jenazah dan Artinya

Sholat jenazah adalah sholat yang seorang muslim wajib melaksanakannya terhadap jenazah. Sholat jenazah dapat diartikan sebagai sholat yang dilakukan untuk mendoakan jenazah dan memohon ampunan dari Allah SWT. Imam al-Nawawi rahimahullah menyebutkan bahwa shalat jenazah adalah shalat yang wajib bagi semua orang yang meninggal dunia.

Doa sholat jenazah merupakan doa yang diucapkan saat melakukan sholat jenazah. Doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW dan merupakan doa yang dianjurkan untuk diucapkan saat sholat jenazah. Berikut ini adalah arti lengkap doa sholat jenazah beserta bacaannya:

Bacaan Doa Sholat Jenazah

Doa sholat jenazah dibaca dengan mengucapkan: “Allahuma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shallaita ‘ala ibrahima wa ‘ala ali ibrahima, inna ka hamiidun majiid. Allahumma baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama baarakta ‘ala ibrahima wa ‘ala ali ibrahima, inna ka hamiidun majiid.”

Arti Doa Sholat Jenazah

Berikut ini adalah arti doa sholat jenazah: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkaulah Maha Terpuji lagi Maha Agung. Ya Allah, berilah berkah kepada Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau berikan berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkaulah Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

Manfaat Doa Sholat Jenazah

Doa sholat jenazah memiliki manfaat yang sangat besar bagi si mayit dan juga bagi yang melaksanakan sholat jenazah. Pertama, doa ini akan membawa pahala bagi si mayit dan memudahkan jalan menuju surga bagi si mayit. Kedua, doa ini juga akan memberikan pahala bagi yang melakukan sholat jenazah.

Selain itu, dengan melakukan sholat jenazah juga merupakan bentuk ketakwaan dan kepatuhan kepada Allah SWT. Ini merupakan salah satu bentuk ibadah yang wajib dikerjakan oleh seluruh umat muslim. Dengan melaksanakan ibadah ini, kita bisa mendapatkan ridha Allah dan pahala yang besar.

Syarat-Syarat Melakukan Sholat Jenazah

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk melaksanakan sholat jenazah. Pertama, sholat jenazah hanya diwajibkan untuk orang muslim. Kedua, shalat jenazah hanya dilakukan oleh laki-laki dewasa. Ketiga, sholat jenazah hanya dilakukan untuk orang yang sudah meninggal dunia dan tidak ada lagi harapan untuk hidup kembali. Keempat, sholat jenazah hanya dilakukan satu kali saja dan tidak diperbolehkan dilakukan lebih dari sekali.

Tata Cara Melakukan Sholat Jenazah

Setelah memenuhi syarat-syarat yang ada, berikut ini adalah tata cara melaksanakan sholat jenazah: Pertama, orang yang akan melakukan sholat jenazah harus berwudhu terlebih dahulu. Kedua, shalat jenazah dilakukan dengan 2 rakaat. Ketiga, setelah melakukan sholat jenazah, ucapan salam harus diberikan kepada si mayit dengan mengucapkan “Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh”. Keempat, doa sholat jenazah harus dibaca setelah melakukan shalat jenazah.

Kesimpulan

Sholat jenazah merupakan salah satu sholat yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim. Doa sholat jenazah merupakan doa yang diucapkan saat melakukan sholat jenazah. Doa ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi si mayit dan juga bagi yang melaksanakan sholat jenazah. Adapun syarat-syarat dan tata cara melaksanakan sholat jenazah sudah kita bahas di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Selamat Beramal!