Doa Sholat Jenazah Arab dan Artinya
Doa Sholat Jenazah Arab dan Artinya

Doa Sholat Jenazah Arab dan Artinya

Sholat jenazah adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan setelah seseorang meninggal dunia. Sholat jenazah adalah sholat yang wajib dilakukan oleh umat muslim untuk mengantarkan jenazah ke alam barzakh. Sholat jenazah atau sholat mayyit adalah sholat fardhu yang wajib dilakukan oleh umat muslim, baik laki-laki maupun perempuan.

Doa sholat jenazah diucapkan untuk mengingatkan jenazah yang telah meninggal dunia agar menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Doa sholat jenazah Arab dan artinya sudah diketahui oleh umat muslim di seluruh dunia. Doa sholat jenazah Arab dan artinya adalah sebagai berikut:

Doa Sholat Jenazah Arab

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَاراً خَيْراً مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْراً مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجاً خَيْراً مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Terjemah Doa Sholat Jenazah Arab

Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, berilah kesembuhan kepadanya, berilah maaf atas dosanya, cukupilah pahala dia, lapangkanlah makamnya, basuhlah dia dengan air dan salju serta es, bersihkanlah dia dari segala dosa, sebagaimana Engkau telah mensucikan pakaian putih dari kotoran, gantilah baginya tempat yang lebih baik dari tempat tinggalnya, keluarga yang lebih baik dari keluarganya, istri yang lebih baik dari istrinya, masukkanlah dia ke dalam surga, lindungilah dia dari azab kubur dan azab neraka.

Fadhilah Doa Sholat Jenazah

Dari Abu Hurairah RA ia berkata, Nabi SAW bersabda: “Ketika seorang muslim meninggal dunia dan para muslim mengerjakan sholat jenazahnya, mereka akan diberi pahala seperti pahala yang diterima oleh sholatnya ketika ia masih hidup. Apabila para muslim meninggalkan sholat jenazahnya, maka mereka akan dibebani dengan dosanya.” (HR. Muslim).

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa yang mengerjakan sholat jenazah, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala yang diterima oleh sholatnya ketika ia masih hidup. Dan barangsiapa yang mengikuti jenazah sampai dikuburkan, maka ia akan mendapat pahala seperti pahala yang diterima oleh sholatnya ketika ia masih hidup.” (HR. Tirmidzi).

Sholat jenazah adalah salah satu cara agar jenazah yang telah meninggal dunia mendapatkan pahala dari Allah SWT. Dengan melaksanakan doa sholat jenazah Arab dan artinya, maka kita akan mendapatkan pahala yang besar. Selain itu, kita juga dapat berdoa agar jenazah tersebut mendapatkan tempat yang baik di sisi Allah SWT.

Kesimpulan

Sholat jenazah adalah sholat yang wajib dilakukan oleh umat muslim untuk mengantarkan jenazah ke alam barzakh. Doa sholat jenazah Arab dan artinya adalah doa yang bersifat mendoakan dan mengingatkan jenazah yang telah meninggal dunia agar menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Melalui doa sholat jenazah ini, kita akan mendapatkan pahala yang besar. Selain itu, kita juga dapat berdoa agar jenazah tersebut mendapatkan tempat yang baik di sisi Allah SWT.