Doa Sholat Istiqarah dan Artinya
Doa Sholat Istiqarah dan Artinya

Doa Sholat Istiqarah dan Artinya

Doa sholat istiqarah adalah salah satu bentuk doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin memohon petunjuk dari Allah SWT, untuk membantu dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Doa sholat istiqarah dapat dilakukan pada waktu tertentu setiap hari. Di bawah ini akan kami jelaskan tentang doa sholat istiqarah dan artinya.

Tata Cara Sholat Istiqarah

Sholat istiqarah adalah sholat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Beberapa tata cara yang harus diperhatikan dalam melakukan sholat istiqarah adalah sebagai berikut:

  • Berwudhu dengan benar sesuai dengan tata cara wudhu yang disyariatkan.
  • Sholat istiqarah harus dilakukan dua rakaat.
  • Membaca surat Al-Fatihah dan surat lainnya dalam setiap rakaat.
  • Setelah selesai sholat, lakukan doa istiqarah.

Doa Sholat Istiqarah dan Artinya

Doa sholat istiqarah merupakan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar di berikan petunjuk dan hidayah. Berikut adalah doa sholat istiqarah dan artinya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَغِيثُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي، فَاقْدُرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي، فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pertolongan (Istiqaroh) kepadaMu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaanMu dengan kekuasaanMu, dan aku meminta kepadaMu dengan keutamaanMu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Maha Kuasa sedangkan aku tidak mampu (menguasainya) dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahuinya, dan Engkau Maha Mengatahui (yang ghaib) segala sesuatu. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini lebih baik bagiku dari segi agama, dunia dan akhirat, maka tetapkanlah ia untukku dan mudahkanlah ia bagiku. Namun jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini lebih buruk bagiku dari segi agama, dunia dan akhirat, maka tinggalkanlah ia dan jauhkanlah aku daripadanya”

Keutamaan Sholat Istiqarah

Sholat istiqarah merupakan salah satu bentuk doa yang diperuntukkan bagi orang yang membutuhkan petunjuk dan hidayah dari Allah SWT. Sholat istiqarah dapat membantu orang yang sedang bingung dalam menyelesaikan masalahnya. Menurut hadist, orang yang melakukan sholat istiqarah akan mendapatkan petunjuk dan hidayah dari Allah SWT. Selain itu, melakukan sholat istiqarah juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Kesimpulan

Doa sholat istiqarah adalah salah satu bentuk doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin memohon petunjuk dan hidayah dari Allah SWT. Tata cara melakukan sholat istiqarah yaitu dengan melakukan sholat sunnah dua rakaat, membaca Al-Quran, dan membaca doa istiqarah. Doa sholat istiqarah memiliki arti yang mendalam, yaitu memohon pertolongan kepada Allah SWT dengan ilmu-Nya, memohon kekuasaan-Nya dengan kekuasaan-Nya, dan meminta kepada-Nya dengan keutamaan-Nya yang agung. Melakukan sholat istiqarah akan mendapatkan petunjuk dan hidayah dari Allah SWT, serta mendapatkan pahala dari-Nya.