Doa Sholat Istikhoroh dan Artinya
Doa Sholat Istikhoroh dan Artinya

Doa Sholat Istikhoroh dan Artinya

Sholat Istikhoroh adalah salah satu sholat sunnah yang selalu ditunaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini bertujuan untuk meminta pertolongan dari Allah SWT dan menjadi sarana untuk mendapatkan petunjuk dan ketenangan hati. Doa sholat istikhoroh dibaca ketika seseorang akan memilih antara dua pilihan atau lebih ketika akan melakukan sesuatu.

Doa sholat istikhoroh sendiri mengandung arti yang sangat luas. Istikhoroh berasal dari kata “khoroh” yang artinya bertanya. Artinya, sholat istikhoroh adalah berdoa kepada Allah SWT untuk meminta petunjuk dalam memilih sesuatu. Seseorang yang membaca doa ini berharap agar Allah SWT memberikan petunjuk dan jalan yang terbaik untuk kehidupan.

Doa sholat istikhoroh dibaca minimal 2 rakaat dan 3 rakaat maksimal. Seseorang yang akan membaca sholat istikhoroh harus memahami maknanya terlebih dahulu. Setelah itu, orang tersebut akan berdiri di hadapan Allah SWT dan membaca doa tersebut sambil menyebutkan tujuan yang ingin dicapainya.

Doa Sholat Istikhoroh dan Artinya

Doa sholat istikhoroh dibaca di setiap rakaatnya. Berikut adalah doa yang dibaca: “Allahumma inni astakhiruka bi ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa asaluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wala aqdiru wa ta’lamu wala a’lamu wa anta allamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lam anna hadha-l-amra [disini disebutkan tujuan yang ingin dicapai] khayrun li fi dini wa dunia wa akhirati, faqdirhu li wa yassirhu li thumma barik li fihi.”

Artinya: “Ya Allah, aku minta petunjuk dan pertolongan dengan ilmu-Mu, dan aku mohon kekuasaan-Mu, dan aku mohon rahmat-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Menentukan (sesuatu) dan tidak ada yang menentukannya, dan Engkau Maha Mengetahui (sesuatu) dan tidak ada yang mengetahuinya. Engkau Maha Mengetahui segala yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa hal ini [ini disebutkan tujuan yang ingin dicapai] lebih baik bagiku dalam agama, dunia, dan akhirat, maka tentukanlah bagiku dan mudahkanlah bagiku, dan berilah berkah padanya.”

Kemudian, setelah doa istikhoroh selesai, orang yang membacanya harus berdoa kepada Allah SWT untuk memberikan petunjuk dan jalan yang terbaik. Seseorang yang berdoa dengan hati yang ikhlas dan penuh keyakinan akan menerima jawaban dari Allah SWT. Setelah itu, ia harus mengikuti petunjuk Allah SWT dengan tulus dan ikhlas.

Tata Cara Membaca Doa Sholat Istikhoroh

Tata cara membaca doa sholat istikhoroh cukup sederhana. Pertama, orang yang akan membaca doa ini harus berwudhu terlebih dahulu. Kemudian, berdiri di hadapan Allah SWT dengan ikhlas dan tulus. Setelah itu, baca surat Al-Fatihah dan ayat-ayat suci Al-Quran di setiap rakaatnya. Setelah itu, baca doa sholat istikhoroh di atas. Terakhir, berdoa kepada Allah SWT untuk memberikan petunjuk dan jalan yang terbaik.

Manfaat Membaca Doa Sholat Istikhoroh

Membaca doa sholat istikhoroh memiliki banyak manfaat. Manfaat pertama adalah memberikan ketenangan hati dan jiwa. Seseorang yang membaca doa ini akan merasakan ketenangan dan kedamaian di hatinya. Manfaat kedua adalah membantu seseorang dalam mengambil keputusan. Setelah membaca doa ini, seseorang akan lebih mudah untuk memilih antara dua pilihan atau lebih.

Selain itu, membaca doa sholat istikhoroh juga dapat membantu seseorang untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Dengan membaca doa ini, seseorang dapat menyampaikan harapannya kepada Allah SWT dan berharap agar Allah SWT memberikan petunjuk dan jalan yang terbaik. Doa ini juga dapat membantu seseorang untuk memperoleh kesuksesan dan kebahagiaan dalam kehidupan.

Kesimpulan

Doa sholat istikhoroh adalah salah satu doa sunnah yang selalu dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini bertujuan untuk meminta pertolongan dari Allah SWT dan menjadi sarana untuk mendapatkan petunjuk dan ketenangan hati. Doa sholat istikhoroh memiliki banyak manfaat, seperti memberikan ketenangan jiwa dan hati, membantu dalam mengambil keputusan, dan membantu seseorang untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.