Doa Sholat Istikharah dan Artinya
Doa Sholat Istikharah dan Artinya

Doa Sholat Istikharah dan Artinya

Sholat istikharah adalah sholat sunnah yang dilakukan oleh seseorang ketika ingin meminta petunjuk Allah SWT untuk menentukan sebuah keputusan. Doa istikharah ini diajarkan oleh Rasulullah SAW, dengan jelas dan rinci. Berikut adalah doa sholat istikharah dan artinya.

Doa Sholat Istikharah dan Artinya

Doa sholat istikharah adalah doa yang bersumber dari hadits Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah doa sholat istikharah yang bisa Anda baca dan artinya.

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon petunjuk dan keputusan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuatan kepada-Mu dengan kekuatan-Mu, aku meminta keutamaan-Mu yang agung. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa, tidak ada yang mampu menghalangi-Mu dan Engkau Maha Mengetahui, tidak ada yang mengetahui selain-Mu dan Engkau Maha Mengetahui yang ghaib”.

Ketentuan Sholat Istikharah

Ada beberapa ketentuan sholat istikharah yang harus Anda patuhi sebelum membaca doa tersebut. Pertama, sholat istikharah hanya boleh dilakukan saat ingin memutuskan suatu masalah atau hal penting. Kedua, Anda harus bersuci seperti bersiap-siap untuk sholat berjamaah. Ketiga, Anda harus mengerjakan sholat istikharah 2 rakaat. Setelah itu, Anda bisa membaca doa istikharah. Terakhir, Anda harus beristikharah dengan ikhlas dalam hati.

Ketika Beristikharah

Ketika Anda beristikharah, maka Anda harus menceritakan masalah yang sedang Anda hadapi. Setelah itu, Anda harus berdoa dan memohon petunjuk dan keputusan kepada Allah SWT. Setelah itu, Anda harus menjalankan cara-cara yang telah diatur oleh Allah SWT. Jangan lupa, jangan berbuat sesuatu tanpa izin dari Allah SWT.

Waktu Sholat Istikharah

Sholat istikharah bisa dilakukan kapan saja, meskipun ada waktu yang dianjurkan untuk melakukannya. Waktu terbaik untuk melakukan sholat istikharah adalah pada malam Jumat. Selain itu, Anda juga bisa melakukan sholat istikharah setiap saat, tergantung pada masalah yang sedang Anda hadapi.

Keutamaan Sholat Istikharah

Sholat istikharah mempunyai banyak keutamaan, di antaranya adalah Anda akan selalu mendapatkan petunjuk dan keputusan yang terbaik untuk masalah yang sedang Anda hadapi. Selain itu, melakukan sholat istikharah juga bisa meningkatkan keimanan Anda kepada Allah SWT. Ini karena Anda harus berserah diri dan memohon petunjuk kepada Allah SWT.

Doa Setelah Sholat Istikharah

Setelah melakukan sholat istikharah, Anda harus membaca doa berikut: الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي وَهَبَ لِي رَحْمَةَ عِنْدَ مُوسِيَّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِنْ عِبَادِهِ بِإِذْنِهِ.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberiku rahmat dan memberiku keutamaan melebihi banyak hamba-hamba-Nya dengan izin-Nya”.

Manfaat Sholat Istikharah

Manfaat sholat istikharah yang paling utama adalah Anda akan mendapatkan petunjuk dan keputusan yang tepat. Selain itu, sholat istikharah juga bisa meningkatkan keimanan Anda kepada Allah SWT. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari segala bentuk kerugian dan kesulitan.

Kesimpulan

Sholat istikharah adalah sholat sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, untuk meminta petunjuk dan keputusan kepada Allah SWT. Sholat istikharah memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah mendapatkan petunjuk dan keputusan yang terbaik serta meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Semoga kita semua diberi petunjuk dan keputusan yang terbaik oleh Allah SWT.