Doa Sholat Hajat Bahasa Arab dan Artinya
Doa Sholat Hajat Bahasa Arab dan Artinya

Doa Sholat Hajat Bahasa Arab dan Artinya

Sholat hajat adalah salah satu jenis sholat yang diperuntukkan bagi orang yang ingin meminta sesuatu dari Allah SWT. Doa ini berisi doa-doa yang bersifat memohon sesuatu, baik mohon kesembuhan, mohon kemudahan, mohon keberhasilan dalam pelaksanaan sebuah pekerjaan, dan lain sebagainya.

Doa sholat hajat berasal dari bahasa Arab, yaitu “Du’a Hajat”. Doa ini juga sering disebut sebagai “Doa Istikharah”, yaitu doa yang diucapkan untuk meminta petunjuk dan kebijaksanaan kepada Allah SWT. Doa sholat hajat ini juga dapat disebut sebagai “Doa Iftitah” atau “Doa Mujmal”.

Bacaan Doa Sholat Hajat Bahasa Arab dan Artinya

Berikut adalah bacaan doa sholat hajat bahasa Arab dan artinya. Doa ini merupakan doa yang biasa diucapkan sebelum melaksanakan sholat hajat dan diucapkan sebanyak tiga kali:

اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya: “Ya Allah, Rabb semua manusia, yang menghilangkan segala kesusahan. Sembuhkanlah (diriku) karena Engkaulah yang Maha Penyembuh. Tidak ada penyembuhan selain penyembuhan-Mu, yang tidak meninggalkan penyakit (yang disembuhkan).”

Tata Cara Melaksanakan Doa Sholat Hajat

Untuk melaksanakan doa sholat hajat, kita harus melakukannya dengan tata cara yang benar. Berikut adalah tata cara melakukan doa sholat hajat:

Pertama, bersihkanlah diri anda dengan mandi atau wudhu, dan pastikan anda berada dalam keadaan suci.

Kedua, baca doa sholat hajat sebanyak tiga kali, seperti yang telah disebutkan di atas.

Ketiga, lakukan sholat sunnah 2 rakaat.

Keempat, baca doa sholat hajat sebanyak tiga kali lagi.

Kelima, setelah itu, kita dapat membaca doa atau zikir lain yang sesuai dengan yang kita inginkan atau permohonan kita.

Keenam, setelah selesai, ulangi doa sholat hajat sebanyak tiga kali.

Ketujuh, akhiri dengan salam.

Manfaat Melakukan Doa Sholat Hajat

Ada banyak manfaat bagi orang yang melakukan doa sholat hajat, di antaranya:

Pertama, doa sholat hajat akan membantu kita untuk mendapatkan petunjuk dan kebijaksanaan dari Allah SWT.

Kedua, doa sholat hajat akan membantu kita untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Ketiga, doa sholat hajat akan membantu kita untuk mewujudkan harapan dan permintaan kita.

Keempat, doa sholat hajat akan membantu kita untuk mendapatkan kemudahan dalam menghadapi masalah yang kita hadapi.

Kelima, doa sholat hajat akan membantu kita untuk mendapatkan keberhasilan dalam melaksanakan pekerjaan yang kita lakukan.

Kesimpulan

Doa sholat hajat adalah salah satu jenis doa yang biasa diucapkan untuk meminta petunjuk dan kebijaksanaan kepada Allah SWT. Doa ini berasal dari bahasa Arab yaitu “Du’a Hajat”. Melakukan doa sholat hajat memiliki banyak manfaat, seperti membantu kita untuk mendapatkan petunjuk dan kebijaksanaan dari Allah SWT, membantu kita untuk mencapai tujuan yang kita inginkan, membantu kita untuk mewujudkan harapan dan permintaan kita, membantu kita untuk mendapatkan kemudahan dalam menghadapi masalah yang kita hadapi, dan membantu kita untuk mendapatkan keberhasilan dalam melaksanakan pekerjaan yang kita lakukan.