Berikut Doa Sholat Hajat agar Cepat Terkabul
Berikut Doa Sholat Hajat agar Cepat Terkabul

Berikut Doa Sholat Hajat agar Cepat Terkabul

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam doa sholat hajat agar cepat terkabul. Masalahnya ada banyak orang di luar sana yang tidak memerhatikan ini. Bahkan beberapa hanya menjalankan doa hajat tanpa membaca doa setelahnya.

Perlu diketahui, menjalankan sholat hajat sendiri tidak memiliki batasan waktu. Seseorang bisa melakukan sholat hajat kapan saja selama itu bukan waktu haram untuk sholat. Namun beberapa ulama sepakat ketika menentukan waktu terbaik untuk sholat hajat.

Waktu tersebut sama dengan tahajud yaitu pada sepertiga malam terakhir. Sebenarnya akan lebih baik jika menjalankannya pada sepertiga malam terakhir di bulan ramadhan. Seperti yang pasti diketahui, amalan di bulan ramadhan akan menjadi berlipat ganda.

Selain itu, doa sholat hajat agar cepat terkabul ketika dijalankan pada bulan ramadhan. Jika kamu belum mengetahui perhitungan sepertiga malam terakhir, waktunya di mulai pukul 1 dini hari dan berakhir ketika adzan subuh.

Oleh sebab itu, dibutuhkan perjuangan untuk ada di waktu tersebut. Begadang untuk mencapai waktu tersebut memang diperolehkan. Namun lebih tepat jika memilih untuk tidur dan mengupayakan bangun di waktu tersebut.

Selain Rasulullah SAW mencontohkan seperti itu, cara ini akan membina kamu menjadi lebih disiplin. Di zaman sekarang, disiplin memang menjadi permasalahan utama seorang muslim.

Cara Doa Sholat Hajat Agar Cepat Terkabul

Cara doa sholat hajat agar cepat terkabul sebenarnya begitu mudah. itu karena, setiap orang pasti bisa menjalankan doa sholat tersebut. Adalah kesalahan jika menganggap doa tersebut sebagai hal yang sulit dan tidak bisa dilakukan.

Sebelum berdoa, mulailah terlebih dahulu dengan menjalankan sholat hajat. Sholat hajat sendiri dilakukan dengan 2 rokaat. Sebenarnya bisa juga menggabungkan sholat hajat dengan sholat tahajud.

Caranya dengan menjalankan sholat tahajud terlebih dahulu dan jika selesai lakukanlah sholat hajat sebanyak dua rokaat. Jika sudah selesai, langsung saja berdzikir kepada Allah SWT. Selanjutnya bacalah doa sholat hajat agar cepat terkabul berikut :

“Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim’.”

“Allahumma sholli ‘alaa sayyidina muhammad wa ‘alaa ali sayyidina muhammad. Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil’ahirati hasanah wa qinaa ‘adzaabannar.”

Perlu diingat, doa sholat hajat agar cepat terkabul di atas perlu dibacakan sebanyak 10 kali. Membacakan doa di atas biasanya tidak sulit. Itu karena keberdaannya sendiri berisi kalimat-kalimat yang cukup umum seperti tahlil, tahmid, sholawat, hingga doa sapu jagat.

Jika doa-doa di atas sudah dibacakan ulang sebanyak 10 kali, lanjutkan dengan membaca surat pendek. Jika kebingungan mengenai surat pendek yang dibacakan, baca saja Al Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Jangan lupa juga untuk membaca ayat kursi.

Ulangi semuanya sebanyak tiga kali. Sebenarnya jika memiliki surat lain yang berisi doa, keberadaannya bisa ditambahkan pada bagian ini. Setelah selesai, lanjutkan ke bagian terakhir yang berisi doa utama setelah sholat hajat.

Doa Utama Setelah Sholat Hajat

Biasanya, usaha tambahan perlu dikeluarkan saat membaca doa sholat hajat agar cepat terkabul yang utama. Itu karena, isi dari doa ini tidak seperti yang sebelumnya karena cukup jarang didengar. Berikut uraian lengkap dari doanya :

“Laa Ilaha Illallohul Haliimul Kariimu Subhaanallohi Robbil ‘Arsyil ‘Azhiim. Alhamdu Lillaahi Robbil ‘Aalamiin.”

“As `Aluka Muujibaari Rohmatika Wa ‘Azaaima Maghfirotika Wal Ghoniimata Ming Kulli Birri Wassalaamata Ming Kulli Itsmin Laa Tada’ Lii Dzamban Illa Ghofartahu Walaa Hamman Illaa Farojtahu Walaa Haajatan Hiya Laka Ridhon Illa Qodhoitahaa Yaa Arhamar Roohimiin”.

Akan lebih baik jika menghafat doa sholat hajat agar cepat terkabul. Perlu diingat, doa di atas memiliki arti yang sangat mendalam. Mungkin dengan mengetahui artinya, kamu bisa lebih termotivasi untuk menghafalnya. Berikut arti dari doa di atas :

“Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.”

“Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa.”

“Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”

Sebagai usaha membaca doa sholat hajat agar cepat terkabul, bisa juga dengan membacakan arti tersebut setelah membacakan arabnya.

Pilihan ini lebih tepat karena bisa membuat seseorang lebih khusyu. Itu karena membaca arabnya saja membuat seseorang sulit untuk paham.

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berdoa

Dalam membaca doa sholat hajat agar cepat terkabul, seseorang tidak boleh asal. Aspek penting dalam berdoa perlu diperhatikan agar upayanya dilakukan secara maksimal. Salah satu poin paling vital berhubungan dengan beberapa kesalahan saat berdoa.

Itu karena ada beberapa kesalahan yang sangat vital dan sering terlupakan. Nantinya kemungkinan doa menjadi tidak terkabul akan membesar apabila kesalahan ini terus dilakukan. untuk lebih lengkap, berikut beberapa kesalahan tersebut.

  1. Tidak Memohon Ampun

Dalam doa sholat hajat agar cepat terkabul, penting untuk mengupayakan agar posisi diri di hadapan Allah SWT berada di titik yang baik. Adalah kesalahan jika berdoa tanpa mengakui dosa-dosa yang sebelumnya pernah dilakukan. Oleh sebab itu, hal ini perlu diperhatikan.

Sangat penting untuk memohon ampun terlebih dahulu akan dosa yang sebelumnya pernah dilakukan. Jika dosa dalam diri menumpuk dan tidak segera diselesaikan, terkabulnya doa akan menjadi lebih sulit.

  1. Tidak Yakin

Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan saat memanjatkan doa hajat berhubungan dengan keyakinan. Ada beberapa orang yang berdoa dengan rasa tidak yakin kalau doa tersebut akan dikabulkan. Perlu diingat, ketidakyakinan tersebut merupakan kesalahan.

Dalam sebuah hadits riwayat abu daud, Rasulullah SAW menyarankan pada umatnya agar teguh dalam berdoa. Selalu ingat kalau Allah SWT adalah yang maha kuasa dan tidak ada satu hal pun yang di luar kuasanya.

  1. Hanya Sesaat

Dalam doa sholat hajat agar cepat terkabul, konsistensi merupakan hal yang paling vital. itu karena ada beberapa orang yang hanya memanjatkan doa sekali atau dua kali lalu tidak berdoa lagi. Biasanya ini dilakukan karena menganggap doa tersebut tidak terkabul.

Perlu diingat, perilaku semacam itu adalah kesalahan besar. Prinsip pertama dalam berdoa adalah memanjatkannya secara berkepanjangan. Jangan lupa kalau doa adalah senjata utama umat muslim sehingga keberadaannya perlu terus diingat.

  1. Tidak Khusyu

Saat menjalankan doa sholat hajat agar cepat terkabul, khusyu merupakan hal penting. Ketika seseorang tidak khusyu, kemungkinan terkabulnya doa menjadi semakin kecil. Pernah ada satu cerita di zaman Nabi Musa tentang seseorang yang doanya tidak terkabul.

Ketika itu, seseorang tersebut mengadu pada Nabi Musa mengenai masalahnya ini. Saat mendengar keluhan tersebut, Nabi Musa mengadu pada Allah SWT terkait masalah ini.

Ketika itu, Allah SWT membalas “Wahai Musa, ia berdoa kapadaku namun hatinya bersama kambing-kambingnya”. Ini membuktikan kalau orang tersebut tidak khusyu saat berdoa.

  1. Tergesa-gesa

Manusia adalah makhluk yang hidup dalam kondisi tergesa-gesa. Kondisi ini sebenarnya merupakan sifat dasar yang sulit diselesaikan. Namun dalam doa sholat hajat agar cepat terkabul, sifat tergesa-gesa ini perlu dihilangkan.

Sangat penting untuk memastikan kalau doa tersebut memang dilakukan terus menerus dalam keadaan tenang. Pastikan semua fokus diri diarahkan pada doa tersebut. biasanya sikap tergesa-gesa terjadi karena memikirkan hal lain yang tidak terlalu penting.

  1. Tidak Memahami Waktu Mustajab

Dalam doa sholat hajat agar cepat terkabul, penting untuk mengetahui waktu-waktu mustajab dimana doa lebih mudah terkabul. Perlu diingat, waktu setelah sholat hajat adalah salah satunya. Waktu di sepertiga malam terakhir juga termasuk mustajab.

Namun ada juga waktu lain seperti bulan Ramadhan, selepas sholat fardu, ketika hujan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, penting memerhatikan waktu-waktu ini dan memanjatkan doa di waktu tersebut.

  1. Egois

Kesalahan selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam doa sholat hajat agar cepat terkabul berhubungan dengan sikap egois. Biasanya seseorang berdoa hanya untuk kepentingannya sendiri. Padahal sangat tepat jika doa tersebut diberikan juga untuk orang lain.

Walaupun secara keduniaan terkesan tidak berguna, hal ini sebenarnya penting agar doa cepat terkabul. Itu karena, muslim yang berdoa untuk sahabatnya akan didoakan pula oleh malaikat agar mendapat hal serupa. Oleh sebab itu, penting untuk tidak bersikap egois.

  1. Bukan Kebutuhan

Allah SWT akan memberikan hal yang seseorang butuhkan dan tidak selalu memberikan hal yang seseorang inginkan. Itu karena apa yang diinginkan tersebut tidak selalu dibutuhkan dan bisa saja berdampak buruk apabila dikabulkan.

Oleh sebab itu, penting untuk menyadari kebutuhan ini dan memanjatkan doa terkait hal tersebut. Biasanya doa semacam ini lebih cepat terkabul. Untuk lebih jelas, coba saja lihat cerita para Nabi. Semua doa yang diceritakan pasti berhubungan dengan kebutuhan.

  1. Menganggap Remeh

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, doa merupakan senjata utama seorang muslim. Oleh sebab itu, keberadaannya perlu dianggap penting dan dilakukan secara serius. Masalahnya, kondisi berbeda terjadi pada umat muslim masa kini.

Sekarang doa dianggap sebagai hal remeh yang tidak terlalu penting. Ketika berdoa, penting untuk menghilangkan anggapan tersebut terlebih dahulu. Jika anggapan ini tidak diubah, sulit untuk mengupayakan agar doa-doa menjadi terkabul.

  1. Ibadah Lain

Doa memang sangat penting dalam kehidupan. Namun adalah kesalahan jika berdoa tanpa menjalankan ibadah lain. Perlu diingat, Islam mengatur setiap sendi kehidupan manusia. Oleh sebab itu, ibadah seharusnya bisa dilakukan selama 24 jam.

Normalnya, beberapa orang akan merasa berat ketika mengatakan kalau ibadah perlu dilakukan selama 24 jam. Oleh karena itu, akan lebih baik jika memulainya dari yang wajib terlebih dahulu. setelah itu, intensitasnya bisa ditambah sedikit demi sedikit.

  1. Kurang Bersyukur

Kebanyakan orang sering berdoa karena menganggap kalau apa yang didoakan adalah hal yang sifatnya penting. Biasanya doa ini dipanjatkan tanpa menyadari banyaknya nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

Bahkan bukan tidak mungkin seseorang mengatakan doanya sulit terkabul karena terus fokus pada doa terbaru. Padahal jika melihat doa sebelumnya, mungkin saja doa tersebut sudah terkabul. Ini hanya akan terasa apabila sikap bersyukur dilakukan terus menerus.

Penting untuk memastikan agar doa dilakukan secara konsisten. Selain itu, pastikan juga sholat hajat yang dijalankan diupayakan secara serius. Oleh sebab itu, pastikan serius dalam doa sholat hajat agar cepat terkabul.