Doa Sholat Hajat Agar Cepat Dikabulkan Oleh Allah
Doa Sholat Hajat Agar Cepat Dikabulkan Oleh Allah

Doa Sholat Hajat Agar Cepat Dikabulkan Oleh Allah

Doa sholat hajat bisa kamu lantunkan dengan khidmat dan penuh keyakinan setelah menjalankan sholat sunnah ini. Sholat sunnah ini dilakukan oleh seseorang ketika memiliki hajat untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Sholat hajat merupakan salah satu sholat sunnah yang banyak dilakukan. Bagaimanapun Juga, setiap orang harus berusaha dan wajib berpasrah diri berserah diri kepada Allah untuk meminta sesuatu yang diinginkannya.

Pengertian Sholat Hajat

Buat kamu yang menginginkan amalah yang sangat baik dan mujarab, melantunkan doa sholat hajat bisa diamalkan. Mengamalkan doa ini akan membuat keinginan yang kamu miliki cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Tentu Saja diimbangi dengan usaha dan kerja keras. Karena bagaimanapun juga, Allah Senang dengan hambanya yang mau bekerja dan berusaha. Setiap umat islam memang memiliki kewajiban untuk melakukan sholat 5 waktu.

Kewajiban ini dilakukan untuk mengingatkan siapa saja sebagai makhluk yang harus taat dan patuh kepada RabbNya. Namun, berbagai macam sholat sunnah juga bisa dilakukan untuk menambah amalan kepada Allah SWT.

Salah satu sholat sunnah yang bisa dilakukan adalah shalat hajat. Kamu bisa melantunkan doa sholat hajat setelah melakukan sholat ini. Sholat ini dilakukan ketika seseorang menginginkan sesuatu atau memiliki keperluan untuk dikabulkan.

Keperluan tersebut sangat bervariasi mulai dari keperluan untuk urusan dunia maupun untuk urusan akhirat. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut memang dengan cara melakukan sholat hajat.

Sholat hajat merupakan shalat yang penting dan bisa kamu lakukan karena bisa mendatangkan rezeki. Sholat ini juga bisa mendatangkan keberhasilan, kesuksesan, dan terijabahi doa-doa yang kamu lantunkan kepada Allah.

Sholat ini dilakukan antara 2 hingga 12 rakaat dan pada setiap rakaat dibacakan surat Al Fatihah, Ayat Kursi, dan Surat Al Ikhlas. Pelaksanaan sholat ini tidak harus dilakukan secara khusus . Dua rakaat shalat hajat sudah bisa kamu lakukan seperti sholat sunah lainnya.

Manfaat Sholat Hajat

Melantunkan doa sholat hajat membuat umat islam bisa mendapatkan rezeki berupa ketentraman hati dan ketenangan dalam menjalankan kehidupan. Begitu Pula , Anda juga bisa mendapatkan hubungan yang baik dengan Allah SWT.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan doa sholat hajat setelah menjalankan sholat sunnah tersebut. Beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan melakukan sholat hajat antara lain adalah sebagai berikut.

1.               Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Dengan melantunkan doa sholat hajat kamu akan lebih dekat kepada Allah SWT. Allah SWT sangat menyukai hamba-hamba yang mendekatkan diri kepada Nya. Mereka merupakan hamba kesayangan Allah yang akan cepat mendapatkan doa yang terkabul.

2.               Rasa tenang

Orang yang melakukan sholat hajat akan mendapatkan rasa yang tenang. Setiap orang pasti akan senang jika mendapatkan ketenangan dalam kehidupannya. Hidup yang tenang memang tidak harus melulu tentang harta.

Tidak Sedikit orang yang memiliki harta yang melimpah namun hatinya belum tenang. Mungkin saja orang tersebut belum mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga Orang tersebut selalu merasa tidak cukup dengan apa yang telah dimilikinya.

3.               Tawakal

Melantunkan doa sholat hajat akan membuatmu memiliki rasa tawakal dan berserah diri kepada Allah. Sehebat apapun kamu memiliki kejayaan di dunia, harus ingat ada Dzat penguasa Alam yang menciptakanmu.

Setiap manusia yang hidup harus memiliki rasa tawakal dan berserah diri kepada Allah. Bertubi-tubi cobaan yang datang, kamu dapat langsung datang kepada Allah, berserah diri dan mendekatkan diri kepadaNya.

4.               Mendapatkan Pahala

Orang yang melakukan sholat hajat akan mendapatkan pahala yang setimpal dari Allah SWT. Pahala ini akan menjadi tambahan amal ketika nanti kamu dihisab setelah hari kiamat. Jadi, perbanyaklah ibadah untuk mendapatkan pahala dari Allah.

Tata Cara Sholat Hajat

Selain melantunkan doa sholat hajat , kamu juga harus mengetahui tata cara menjalankan sholat ini. Karena bagaimanapun juga, sholat harus dilakukan dengan urut agar sah hukumnya. Makanya, kamu juga harus mengetahui tata cara yang tepat dalam menjalankan sholat ini.

Tata cara dalam melaksanakan sholat hajat tidak jauh berbeda dengan melaksanakan sholat-sholat sunnah lainnya. Hal yang paling membedakannya adalah pada niat yang dilantunkan. Berikut tata cara dalam melaksanakan sholat hajat.

1.               Membaca niat

Sebelum melantunkan doa sholat hajat, langkah pertama dalam melaksanakan sholat sunnah ini adalah membaca niat. Niatkan dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan ridho dari Allah SWT.

2.               Doa Iftitah

Setelah membacakan niat, kamu disunahkan untuk membaca iftitah saat takbiratul ihram.

3.               Membaca surat Al Fatihah

Jika doa iftitah sudah kamu lantunkan, maka bisa melanjutkan dengan bacaan selanjutnya yaitu bacaan Al Fatihah. Tidak membaca surat Al Fatihah membuat shalat menjadi sah karena surat ini termasuk bacaan dalam rukun-rukun sholat.

4.               Membaca bacaan pendek

Bacaan pendek yang bisa kamu amalkan dalam menjalankan sholat ini adalah Al Al Ikhlas pada rakaat pertama atau surat Al Kafirun. Untuk rakaat kedua, kamu bisa membacakan ayat kursi.

5.               Ruku

6.               Itidal

7.               Sujud

8.               Duduk diantara dua sujud

9.               Sujud

10. Melakukan rakaat kedua

11. Salam

Sholat hajat memang diakhiri dengan salam. Namun jika kamu ingin melanjutkan kembali untuk rakaat selanjutnya kamu bisa membacakan niat lagi. Tata caranya juga sama mulai dari membacakan niat hingga salam.

Niat Sholat Hajat

Untuk doa sholat hajat memang dilakukan terakhir kali setelah semua proses tata cara sholat sunnah selesai dilakukan. Doa ini bisa ditambahkan dengan doa doa lain yang sekiranya ingin kamu panjatkan kepada Allah.

Untuk mendapatkan sholat yang sah, maka niat harus dilantunkan. Tempat untuk melantunkan sebuah niat untuk sholat adalah di dalam hati. Kamu juga bisa melafalkannya. Namun, melafalkan niat bukanlah suatu syarat.

Hal yang paling penting adalah menghadirkan niat di dalam hati. Sementara yang terbaik adalah melafalkan niat di dalam hati.

Untuk niat dari shalat hajat tersendiri adalah sebagai berikut.

أُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Jika dalam bahasa Latin adalah Usholli Sunnatal Haajati Rok’ataini Lillahi Taala.

Arti dari bacaan niat tersebut sendiri adalah aku berniat sholat sunnah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Niat ini harus dilakukan dengan tulus dan ikhlas dan hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT. Sholat tanpa niat tidak akan sah. Maka, kamu wajib untuk mengingat bahwa harus melantunkan niat terlebih dahulu.

Niat yang dilakukan akan menjadi sebuah bukti bahwa kamu memang menginginkan untuk beribadah melakukan sholat dan berharap hanya kepada Allah SWT. Allah akan mengetahui dengan pasti niat yang kamu lantunkan.

Setelah itu, kamu bisa duduk dengan tumakninah untuk melakukan doa sholat hajat sesuai dengan yang kamu inginkan. Berdoalah dengan semata-mata mengharapkan ridho dari Allah SWT atas semua harapan yang kamu inginkan.

Doa Sholat Hajat

Setelah melakukan sholat hajat, umat islam dianjurkan untuk berdoa. Untuk doa sholat hajat sendiri lebih baik dengan dilakukan ketika melakukan sujud dengan maksud tadzallul setelah salam. Hal ini dilakukan untuk merendahkan diri kepada Allah SWT.

Doa yang bisa dipanjatkan adalah sebagai berikut.

“Subhanallah Walhamdulillah, Walaailaaha Illallah waallahu akbar, walaa haula wala quwwata, illaa billahil ‘aliyil adzim”.

Doa tersebut bisa kamu bacakan dalam jumlah 10 kali saat sujud. Kamu bisa melafalkan doa tersebut dengan hati yang ikhlas dan tulus dengan semata-mata mengharapkan ridho dan kasih dari Allah SWT, Tuhan Semesta alam.

Setelah membaca doa tersebut saat sujud, kamu dapat melanjutkan dengan membacakan sholawat. Sholawat yang bisa kamu bacakan dalam doa sholat hajat adalah sebagai berikut.

“ Allahumma Sholli’alaa sayyidina Muhammad, Wa’alaa ali sayyidina Muhammad”. Sholawat kepada Nabi Muhammad tersebut juga bisa dibacakan dalam jumlah 10 kali. Kamu bisa membacakannya dengan khusyuk.

Untuk doa terakhir, kamu bisa melantunkan doa untuk keselamatan di dunia maupun untuk di akhirat sebagai berikut.

“ Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah, wa fil’akhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban nar”.

Doa untuk keselamatan di dunia dan di akhirat juga senantiasa harus dilantunkan setelah menjalankan sholat wajib. Setiap orang tentunya ingin mendapatkan keselamatan hidup di dunia maupun di akhirat.

Doa Sholat Hajat Lainnya

Selain melantunkan doa di atas, ada pula doa lain yang bisa kamu panjatkan. Doa ini bisa disesuaikan dengan keinginan yang kamu harapkan untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Selain Itu, akan lebih baik dengan diiringi bacaan di bawah ini.

  1. Bacaan Tawassul Dilakukan dengan membaca surat Al Fatihah kepada Baginda Rasulullah SAW bersama para keluarganya, para sahabatnya, ulama, guru, orang tua, dan semua orang muslim
  2. Kamu juga bisa membacakan surat pendek dalam Al Quran antara lain surat Al Falaq, An Naas, dan ayat kursi. Bacaan tersebut bisa dibacakan dalam jumlah masing-masing sebanyak 3 kali.
  3. Jika semua doa tersebut sudah kamu panjatkan, maka bisa dilanjutkan dengan membacakan doa di bawah ini.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Nah, doa tersebut merupakan doa sholat hajat yang mujarab dan bisa kamu lantunkan dengan penuh khidmat kepada Allah Tuhan Semesta Alam. Setelahnya, kamu bisa memanjatkan semua keinginan.

Kamu dapat membacakan semua keinginan sesuai dengan bahasa kamu sendiri yang memang kamu pahami. Tidak harus menggunakan bahasa Arab, yang penting menggunakan bahasa yang kamu pahami makna dan artinya.

Terkabul atau tidaknya suatu harapan yang dipanjatkan kepada Allah memang merupakan rahasia dari Allah sendiri. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berpasrah, serta tidak menyerah dalam berdoa kepada Allah.

Jika doa belum dikabulkan, mungkin saja Allah sedang menguji kesabaran kamu. Dan Allah adalah Dzat yang paling mengetahui kapan doa-doa tersebut memang akan dikabulkan di waktu yang paling tepat untuk semua hambanya yang mendekatkan diri kepada Nya.

Jika kamu ingin mendapatkan sesuatu untuk dicapai, maka berusahalah dengan benar dan jangan lupa untuk mendekatkan diri kepada Allah. Insha Allah, Tuhan Semesta Allah akan mengabulkan doa sholat hajat yang kamu panjatkan.