Doa Sholat Gerhana dan Artinya
Doa Sholat Gerhana dan Artinya

Doa Sholat Gerhana dan Artinya

Gerhana adalah fenomena alam yang terjadi ketika matahari, bulan, atau bahkan kedua-duanya terhalangi oleh benda alam lainnya. Gerhana ini umumnya terjadi pada bulan penuh dan bisa disaksikan dengan mata telanjang. Di beberapa tempat, gerhana juga dimanfaatkan sebagai hari yang spesial untuk melakukan sholat gerhana. Sholat gerhana adalah sholat sunnah yang bisa dilakukan untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

Doa sholat gerhana kadang disebut juga dengan doa sholat istisqa atau doa yang dibaca ketika turunnya hujan. Berbeda dengan sholat istisqa, sholat gerhana tidak memiliki rukun, syarat, ataupun syarat lainnya. Hanya dengan berdiri, bersujud, dan berdoa, kita sudah bisa melakukan sholat gerhana. Tak heran jika sholat gerhana juga disebut sebagai sholat sunnah yang paling singkat.

Doa sholat gerhana memiliki dua macam bentuk. Pertama, doa sholat gerhana yang dibaca setelah selesai salat gerhana. Kedua, doa sholat gerhana yang dibaca sebelum salat gerhana dimulai. Salat gerhana biasanya dilakukan setelah melaksanakan salat sunnah yang tiga rakaat.

Doa Sholat Gerhana Setelah Selesai Salat Gerhana

Doa sholat gerhana yang dibaca setelah salat gerhana selesai dibaca sebagai berikut:

اللهُـمَّ أَنْـتَ الشَّـمْسُ، وَأَنْـتَ الْقَمَـرُ، وَأَنْـتَ حَيُـوضَةُ الْـبَحْـرِ، وَأَنْـتَ الْـمَلِكُ الّذِي لاَ يُـضِيعُ عَـطائِـهِ، اللهُـمَّ أَنْـتَ الْـمُقَـدِّمُ وَأَنْـتَ الْـمُؤَخِّـرُ، رَبَّنَـا وَرَبُّـكَ اللهُـمَّ أَعْـطِنِـي مِـنْ لَـدُنْـكَ رَحْـمَةً وَعَـذْبَـةً، وَأَجِـرْنِـي مِنْ عَـذَابِ الْـقَـبْـرِ، وَأَنْتَ الْـهَادِي إِلَـى صِـراطِكَ الْـمُسْـتَقِـيمِ

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah matahari, Engkau adalah bulan, Engkau adalah lautan, dan Engkau adalah Raja yang tidak akan rugi memberikan anugerah-Nya. Ya Allah, Engkau adalah yang memberi dan yang mengambil, Tuhan kami dan Tuhanmu. Ya Allah, berilah aku rahmat dan adzab dari sisi-Mu, dan peliharalah aku dari siksa kubur, dan Engkau adalah Penunjuk jalan menuju Jalan-Mu yang lurus.”

Doa Sholat Gerhana Sebelum Salat Gerhana

Doa sholat gerhana yang dibaca sebelum salat gerhana dimulai dibaca sebagai berikut:

بِسْـمِ اللهِ الرَّحْـمَنِ الرَّحِـيمِ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُـ وَحْـدَهُ لاَ شَـرِيكَ لَـهُ، لَـهُ الْـمُـلْكُ وَلَـهُ الْـحَـمْـدُ وَهُـوَ عَلَـى كُلِّ شَـيْءٍ قَـدِيرٌ، اللهُـمَّ إِنِّـي أَسْـأَلُـكَ التَّـوْفِيـقَ، وَالْـعَافِـيَةَ، وَالْـهُـدَايَةَ، وَالنِّصْـرَ، وَالنُّصْـرَ الْـعَاجِـلَ وَالْـعَاجِـلَ الآجِـلَ

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan segala puji bagi-Nya. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keberuntungan, kesembuhan, petunjuk, pertolongan, pertolongan yang segera, dan yang terlambat.”

Tata Cara Sholat Gerhana

Tata cara sholat gerhana adalah sebagai berikut:

1. Kita harus berdiri dengan menghadap ke arah kiblat. Setelah itu baca doa sholat gerhana sebelum salat gerhana dimulai.

2. Setelah itu, kita lakukan salat sunnah yang tiga rakaat. Saat melakukan salat, kita bisa membaca doa-doa sholat yang biasa kita baca setiap hari.

3. Setelah itu, kita baca doa sholat gerhana yang dibaca setelah salat gerhana selesai.

4. Setelah selesai, kita bisa berdoa untuk memohon ampunan dari Allah SWT sesuai keinginan kita.

Penutup

Sholat gerhana adalah sholat sunnah yang bisa kita