Doa Sholat Fajar dan Artinya
Doa Sholat Fajar dan Artinya

Doa Sholat Fajar dan Artinya

Sholat fajar adalah shalat yang dilakukan pada waktu fajar sebelum terbitnya matahari. Shalat fajar adalah shalat yang paling utama dari lima shalat wajib yang dilaksanakan oleh umat muslim. Dengan shalat fajar umat muslim dapat mengikuti perintah Allah SWT untuk mengingat-Nya setiap hari.

Shalat fajar dilakukan sebanyak dua rakaat yang disebut Shubuh. Ada beberapa doa saat melakukan shalat fajar. Berikut adalah doa shalat fajar dan artinya yang dianjurkan untuk dibaca oleh umat muslim.

Doa Sholat Fajar dan Artinya

Doa pertama adalah doa setelah takbiratul ihram. Doa ini harus dibaca setelah takbiratul ihram. Doa ini adalah: “Subhanakallahumma wa bihamdika ashadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilayk”. Artinya adalah: “Maha suci Engkau Ya Allah dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Engkau. Aku memohon ampunanmu dan aku bertaubat kepada-Mu”.

Doa kedua adalah doa ketika sujud. Doa ini harus dibaca ketika melakukan sujud. Doa ini adalah: “Subhana Rabbial ‘Ala wa bihamdih”. Artinya adalah: “Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi dan segala puji baginya”.

Doa ketiga adalah doa setelah shalat. Doa ini harus dibaca setelah selesai melakukan shalat. Doa ini adalah: “Allahumma laka aslamtu wabika amantu wa ‘alayka tawakkaltu wa ‘ala rizqika aftartu”. Artinya adalah: “Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku bertawakal kepada-Mu dan aku memohon rezeki kepada-Mu”.

Doa keempat adalah doa setelah membaca surat al-Fatihah. Doa ini harus dibaca setelah membaca surat al-Fatihah. Doa ini adalah: “Allahumma innaka afuwun tuhibbul afwa fa’fu anni”. Artinya adalah: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan menyukai pengampunan, maka ampunilah aku”.

Doa kelima adalah doa ketika duduk antara dua sujud. Doa ini harus dibaca ketika duduk antara dua sujud. Doa ini adalah: “Rabbighfirli wa liwalidayya wa lilmumineena yawma yaqumul hisab”. Artinya adalah: “Ya Tuhanku, ampunilah aku, kedua orang tuaku dan seluruh orang beriman pada hari pembalasan”.

Doa keenam adalah doa ketika berdiri lagi setelah sujud. Doa ini harus dibaca ketika berdiri lagi setelah sujud. Doa ini adalah: “Rabbana wa laka alhamd”. Artinya adalah: “Ya Tuhan kami, dan untuk-Mu segala puji”.

Doa ketujuh adalah doa setelah salam. Doa ini harus dibaca setelah salam. Doa ini adalah: “Allahumma antas salam wa minkas salam tabarakta ya dzaljalali wal ikram”. Artinya adalah: “Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang Penyempurna segala keselamatan. Dari-Mu datang segala keselamatan. Maha Suci Engkau, ya Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan”.

Kesimpulan

Doa shalat fajar adalah kumpulan doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh umat muslim ketika melakukan shalat fajar. Doa-doa tersebut adalah doa setelah takbiratul ihram, doa ketika sujud, doa setelah shalat, doa setelah membaca surat al-Fatihah, doa ketika duduk antara dua sujud, doa ketika berdiri lagi setelah sujud dan doa setelah salam. Dengan membaca doa-doa tersebut, kita dapat memperoleh ampunan dari Allah SWT.