Doa Sholat dan Artinya
Doa Sholat dan Artinya

Doa Sholat dan Artinya

Sholat atau salat adalah sebuah ibadah yang sangat penting bagi umat Muslim. Tidak ada sholat yang lebih kuat dibandingkan dengan sholat yang diwajibkan oleh Allah swt. Melalui sholat, seseorang bisa mendekatkan diri kepada Allah swt dan memperoleh berkah-Nya. Sholat juga merupakan syarat utama untuk masuk surga.

Ada berbagai macam doa yang perlu dibaca dalam sholat, baik khusus untuk sholat wajib ataupun sholat sunnah. Doa-doa tersebut penting untuk dihafalkan dan dibaca sebagai bentuk ibadah saat melaksanakan sholat. Berikut ini adalah beberapa doa sholat dan artinya:

1. Doa Iftitah

Doa iftitah adalah doa yang diucapkan sebelum memulai sholat. Doa ini juga disebut sebagai doa qunut. Artinya adalah: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Maha Pemurah dan Maha Penyabar. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”.

2. Doa Qunut

Doa qunut adalah doa yang diucapkan saat sholat shubuh. Doa ini dibaca setelah tahiyat akhir dan sebelum ruku’. Artinya adalah: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan di dunia dan di akhirat, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku dan kejahatan dari orang yang mengikutiku”.

3. Doa Tasbih

Doa tasbih adalah doa yang dibaca saat melakukan ruku’. Artinya adalah: “Mahasuci Allah, Mahabesar Allah, Mahamulia Allah, Mahakuasa Allah, tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Allah, tidak ada yang mempunyai sifat seperti-Nya”.

4. Doa Tashahhud

Doa tashahhud adalah doa yang dibaca saat duduk antara dua ruku’. Artinya adalah: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam atas Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya”.

5. Doa Salam

Doa salam adalah doa yang dibaca saat salam setelah sholat selesai. Artinya adalah: “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah”. Yang berarti: “Semoga keselamatan dan rahmat Allah selalu bersamamu”.

6. Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa setelah sholat fardhu adalah doa yang dibaca setelah sholat wajib. Artinya adalah: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan di dunia dan di akhirat, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku dan kejahatan orang yang mengikutiku”.

7. Doa Setelah Sholat Sunnah

Doa setelah sholat sunnah adalah doa yang dibaca setelah sholat sunnah. Artinya adalah: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan di dunia dan di akhirat, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku dan kejahatan orang yang mengikutiku”.

8. Doa Niat Sholat

Doa niat sholat adalah doa yang dibaca ketika seseorang akan melakukan sholat. Artinya adalah: “Aku niat untuk melakukan sholat (nama sholat) fardhu dengan tujuh waktu dengan niat (nama sholat) untuk Allah”.

9. Doa Sholat Tahajud

Doa sholat tahajud adalah doa yang dibaca saat melakukan sholat tahajud. Artinya adalah: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan di dunia dan di akhirat, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku dan kejahatan dari orang yang mengikutiku”.

10. Doa Sholat Taubat

Doa sholat taubat adalah doa yang dibaca saat melakukan sholat taubat. Artinya adalah: “Ya Allah, ampunilah aku atas segala kesalahan yang telah aku lakukan dan janganlah Engkau jadikan aku termasuk orang-orang yang zalim”.

Kesimpulan

Ada berbagai macam doa yang perlu dibaca dalam sholat, baik khusus untuk sholat wajib ataupun sholat sunnah. Doa-doa tersebut penting untuk dihafalkan dan dibaca sebagai bentuk ibadah saat melaksanakan sholat. Dengan menghafal dan membaca doa-doa sholat, seseorang bisa mendekatkan diri kepada Allah swt dan memperoleh berkah-Nya.