Doa Sholat Beserta Artinya Lengkap
Doa Sholat Beserta Artinya Lengkap

Doa Sholat Beserta Artinya Lengkap

Tidak ada yang lebih dahsyat dari doa. Ucapan yang tercipta dari lubuk hati kita adalah rahasia yang tertanam dalam diri kita. Doa dapat membuka pintu rezeki, mengabulkan hajat, memberikan kekuatan, dan sebagainya. Salah satu bentuk doa adalah sholat. Sholat adalah bentuk ibadah yang diwajibkan bagi umat muslim untuk menyembah Allah SWT. Dengan menunaikan sholat, kita dapat menyampaikan keinginan kita kepada Allah SWT dan memohon ampunan-Nya. Berikut ini adalah doa sholat beserta artinya lengkap.

Doa Sholat Tahiyat Awal

Doa sholat tahiyat awal adalah doa yang diucapkan ketika memulai sholat. Berikut ini adalah doa sholat tahiyat awal beserta artinya.

التَّحِيَّاتُ لِلّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Artinya: “Tahiyatulillah, shalawat, dan tayyibat. Assalamu’alaika ayyuhan nabiyyu, wa rohmatullahi wa barokatuh”. (Segala puji bagi Allah, segala shalawat, dan segala kebaikan. Semoga keselamatan, rahmat dan berkah Allah SWT senantiasa terlimpah padamu, wahai Nabi Muhammad).

Doa Sholat Tahiyat Akhir

Doa sholat tahiyat akhir adalah doa yang diucapkan ketika akan mengakhiri sholat. Berikut ini adalah doa sholat tahiyat akhir beserta artinya.

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ

Artinya: “Allahumma antas salam, wa minkas salam, tabarokta ya dzal jalali wal ikram”. (Ya Allah, Engkau adalah segala keselamatan dan dari-Mu datanglah segala keselamatan. Maha Suci Engkau, wahai Pencipta Keagungan dan Kemuliaan).

Doa Sholat Jumat

Doa sholat jumat adalah doa yang diucapkan ketika melakukan sholat jumat. Berikut ini adalah doa sholat jumat beserta artinya.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَائِنَا وَأَجِرْنَا مِنْ خَطَايَانَا وَأَطْفِئْ عَنَّا سَخَطَكَ وَأَغْنِنَا بِرَحْمَتِكَ الْوَاسِعَةِ

Artinya: “Allahumma barik lana fi raja-ina wa ajirna min khotaya-ina wa atfi’anna sakhotaka wa aghnina bi rohmatika-l wahitsa”. (Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada kami dalam keinginan kami, ampunilah kami dari segala dosa kami, cegahlah kemurkaan-Mu kepada kami, dan berilah kami anugerah rahmat-Mu yang luas).

Doa Sholat Sunat

Doa sholat sunat adalah doa yang diucapkan ketika melakukan sholat sunat. Berikut ini adalah doa sholat sunat beserta artinya.

اللَّهُمَّ انْفَعْنِيْ بِمَا عَلَّمْتَنِيْ وَ عَلِّمْنِيْ مَا يَنْفَعُنِيْ

Artinya: “Allahumma infa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfa’uni”. (Ya Allah, berilah manfaat kepadaku dari apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku dan ajarkanlah kepadaku yang bermanfaat bagiku).

Doa Istighfar

Doa istighfar adalah doa yang diucapkan ketika memohon ampunan kepada Allah SWT. Berikut ini adalah doa istighfar beserta artinya.

اللَّهُمَّ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ ، خَشِيتُكَ فَاغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ إِنَّكَ أَنْتَ الْأَرْحَمُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Allahumma antal ghofurur rohimi, khasiituka faghfirli warhamni innaka antal arhamur rohimi”. (Ya Allah, Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, aku takut kepada-Mu maka ampunilah aku dan kasihilah aku. Sungguh Engkau Maha Pengasih lagi Maha Penyayang).

Doa Setelah Sholat

Doa setelah sholat adalah doa yang diucapkan setelah melakukan sholat. Berikut ini adalah doa setelah sholat beserta artinya.

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ حِيْنَ يَصْعَدُ وَحِيْنَ يَسْبِحُ وَإِذَا سَبَّحَ الْمَلاَئِكَةُ فِي الس