Doa Sholat 5 Waktu Beserta Artinya
Doa Sholat 5 Waktu Beserta Artinya

Doa Sholat 5 Waktu Beserta Artinya

Sholat merupakan salah satu ibadah yang selalu dilakukan oleh umat Islam. Bagaimana tidak, sholat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan setiap muslim. Dibawah ini adalah doa-doa yang digunakan saat melakukan sholat 5 waktu beserta artinya.

Doa Sholat Subuh

Doa sholat subuh merupakan doa ketika muslim melakukan sholat pada pagi hari. Doa sholat subuh berikut ini adalah :

اللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوتُ وَإِلَيْكَ النُّشُورُ

Artinya : “Ya Allah, dengan rahmat-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu tempat kembali (bagi semua makhluk).”

Doa Sholat Dzuhur

Doa sholat Dzuhur adalah doa yang dibaca ketika melakukan sholat di waktu siang hari. Doa ini sebagai berikut :

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ

Artinya : “Ya Allah, berilah petunjuk-Nya kepadaku di jalan yang telah Engkau beri petunjuk, perlindungi aku dengan penyelamatan-Mu, dan berilah perlindungan-Mu kepadaku, berkahilah aku dengan apa yang telah Engkau berikan, dan lindungilah aku dari kejahatan yang telah Engkau tetapkan.”

Doa Sholat Ashar

Doa sholat Ashar adalah doa yang dibaca ketika melakukan sholat di waktu sore hari. Doa ini adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ كُلَّهُ، دِقَّهُ وَجِلَّهُ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ، وَعَلاَنِيَتَهُ وَسِرَّهُ

Artinya : “Ya Allah, ampunilah semua dosaku, baik yang kecil maupun yang besar, yang dahulu maupun yang terakhir, yang terang-terangan maupun yang tersembunyi.”

Doa Sholat Maghrib

Doa sholat maghrib adalah doa yang dibaca ketika melakukan sholat di waktu petang hari. Doa ini adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِيْ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِيْ دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keampunan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keampunan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan harta benda.”

Doa Sholat Isya

Doa sholat Isya adalah doa yang dibaca ketika melakukan sholat di waktu malam hari. Doa ini adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْفَرَجَ، وَالْعَافِيَةَ، وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ، وَالإِخْلَاصَ فِيْ الْحَبِّ وَالنِّصْفِ مِنَ الْعَدَلِ

Artinya : “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kelapangan, keselamatan, perlindungan dari api neraka dan keikhlasan dalam cinta dan keadilan.”

Kesimpulan

Dengan adanya doa-doa yang dibaca ketika melakukan sholat 5 waktu, umat Islam diharapkan dapat menjalankan ibadah sholat dengan khusyuk dan penuh kesadaran. Semoga Allah SWT menerima segala ibadah yang kita lakukan dan memberikan kita pahala yang berlipat ganda.