Doa Shalat Tahajud dan Artinya
Doa Shalat Tahajud dan Artinya

Doa Shalat Tahajud dan Artinya

Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Shalat ini merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Shalat tahajud biasanya dilakukan setelah shalat isya sebanyak 2 rakaat atau 4 rakaat. Namun ada juga yang melakukannya sebanyak 8 rakaat hingga 12 rakaat.

Doa shalat tahajud juga disebut dengan doa qunut. Doa qunut ini adalah doa yang dibaca oleh imam atau oleh orang yang melakukan shalat tahajud sendiri. Doa ini biasanya dibaca setelah ruku’ dan sebelum sujud. Doa qunut yang biasa dibaca adalah sebagai berikut “Allahumma inni zalamtu nafsi zulman katsiran, wa la yaghfirudzunuba illa anta, faghfir li maghfiratan min kulli dzambin anta ala kulli syai-in qadir.”

Arti Doa Shalat Tahajud dan Manfaatnya

Doa qunut ini memiliki arti yang sangat dalam. Artinya adalah “Ya Allah, sesungguhnya aku telah melakukan kesalahan yang banyak, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosaku selain Engkau. Berilah ampunan untuk segala dosa yang telah aku lakukan, dan Engkau mampu atas segala sesuatu.” Doa ini juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi orang yang mengamalkannya.

Manfaat utama dari doa shalat tahajud adalah orang yang melakukannya akan diberi kesabaran dan hikmah untuk menghadapi segala masalah. Selain itu, orang yang rutin melakukan shalat tahajud juga akan mendapatkan banyak berkah dan rahmat dari Allah SWT. Shalat tahajud juga akan membantu orang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Keutamaan Shalat Tahajud

Shalat tahajud memiliki banyak keutamaan yang tidak dapat diraih dengan melakukan shalat-shalat wajib lainnya. Diantaranya adalah:

1. Shalat tahajud dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah diperbuat. Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang melakukan shalat tahajud di malam hari, maka Allah akan mengampuni seluruh dosa-dosanya.”

2. Shalat tahajud juga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam al-Quran surat al-Muzzammil ayat 20, “Dan (ingatlah) pada malam hari, tambahkanlah pada sisa-sisa hari (yang telah berlalu), karena sesungguhnya ucapan itu lebih baik (dari pada ucapan yang lain) dan doa itu lebih baik (dari pada berbuat maksiat).”

3. Shalat tahajud juga dapat meningkatkan pahala yang diberikan oleh Allah SWT. Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang melakukan shalat tahajud, maka Allah akan menambahkan pahala baginya sebanyak 1000 kebajikan dan akan menghapuskan 1000 kejahatan.”

Kapan Waktu Shalat Tahajud

Waktu yang tepat untuk melakukan shalat tahajud adalah antara akhir malam hingga sebelum terbit matahari. Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang melakukan shalat tahajud di akhir malam (sebelum terbit fajar) maka ia telah melakukan shalat tahajud pada waktunya.”

Bacaan Doa Setelah Shalat Tahajud

Setelah melakukan shalat tahajud, biasanya para jamaah akan membaca doa setelah shalat yang disebut dengan doa tahajud. Doa ini biasanya berisi permohonan ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan dan berbagai macam kebaikan lainnya. Berikut adalah doa yang biasa dibaca setelah shalat tahajud:

“Allahumma inni as-aluka bi rahmatika, wa bi ni’matika, wa bi fadhlika, wa bi ‘azhimika, wa bi qudratika, wa bi qudratika, wa bi qudratika. Allahumma ihdina fi’d-dunya hasanatan, wa fi’l-akhirati hasanatan, wa qina ‘adhaban-nar.”

Kesimpulan

Shalat tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Shalat ini dilakukan pada malam hari sebanyak 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat, hingga 12 rakaat. Doa yang biasa dibaca pada shalat tahajud adalah doa qunut yang berisi permohonan ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan. Shalat tahajud memiliki banyak keutamaan dan manfaat yang sangat luar biasa bagi orang yang melakukannya.