Doa Shalat Sunnah dan Artinya
Doa Shalat Sunnah dan Artinya

Doa Shalat Sunnah dan Artinya

Shalat sunnah adalah shalat yang disyariatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Shalat sunnah merupakan shalat yang wajib dilakukan, tetapi tidak diwajibkan. Shalat sunnah memiliki beberapa doa yang harus dibaca saat melaksanakannya, ada juga doa yang dibaca setelah shalat sunnah selesai. Untuk itu, berikut adalah doa shalat sunnah dan artinya.

Doa Shalat Sunnah Dhuha

Doa shalat sunnah dhuha adalah doa yang dibaca saat melakukan shalat sunnah dhuha. Doa ini adalah doa yang dibaca sebelum rakaat pertama. Berikut ini adalah doa shalat sunnah dhuha dan artinya:

“Allahumma inii as’aluka Khairal mawlii wal makhrajii wa Khairal maa qadhaii wa ‘adzaabil qabd”

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan dalam hak-hakku dan keluar-masukku, dan kebaikan dalam apa yang telah ditentukan dan dalam pembalasanku.”

Doa Shalat Sunnah Tarawih

Doa shalat sunnah tarawih adalah doa yang dibaca saat melaksanakan shalat sunnah tarawih. Doa ini adalah doa yang dibaca sebelum rakaat pertama. Berikut ini adalah doa shalat sunnah tarawih dan artinya:

“Allahumma atiinii fii rohmatikal mubarokah wa aqdhi ‘annii lii ‘adzaabil qabd”

Artinya: “Ya Allah, berilah aku keberkahan dari rahmat-Mu dan pelihara aku dari pembalasan-Mu yang berat.”

Doa Shalat Sunnah Tahajud

Doa shalat sunnah tahajud adalah doa yang dibaca saat melaksanakan shalat sunnah tahajud. Doa ini adalah doa yang dibaca sebelum rakaat pertama. Berikut ini adalah doa shalat sunnah tahajud dan artinya:

“Allahumma inii as’aluka khayra maa fiis samaawaati wal ardhii wa khayra maa aqdharu minhu wa a’uudzubika min ‘adzaabil qabd”

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan di langit dan bumi dan yang terbaik di antara keduanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa yang berat.”

Doa Shalat Sunnah Qabliyah

Doa shalat sunnah qabliyah adalah doa yang dibaca saat melaksanakan shalat sunnah qabliyah. Doa ini adalah doa yang dibaca sebelum rakaat pertama. Berikut ini adalah doa shalat sunnah qabliyah dan artinya:

“Allahumma inii as’aluka hadzaa wa hadzaa wa ‘adzaabil qabd”

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ini dan ini dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa yang berat.”

Doa Shalat Sunnah Witir

Doa shalat sunnah witir adalah doa yang dibaca saat melaksanakan shalat sunnah witir. Doa ini adalah doa yang dibaca sebelum rakaat pertama. Berikut ini adalah doa shalat sunnah witir dan artinya:

“Allahumma inii as’aluka khayra maa tawalla wa khayra maa aqdharu minhu wa a’uudzubika min ‘adzaabil qabd”

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan yang menyertai dan yang terbaik di antara keduanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa yang berat.”

Doa Shalat Sunnah Subuh

Doa shalat sunnah subuh adalah doa yang dibaca saat melaksanakan shalat sunnah subuh. Doa ini adalah doa yang dibaca sebelum rakaat pertama. Berikut ini adalah doa shalat sunnah subuh dan artinya:

“Allahumma inii as’aluka khayra maa fiihi wa khayra maa ba’dahu wa a’uudzubika min ‘adzaabil qabd”

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan yang ada di dalamnya dan kebaikan yang datang setelahnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa yang berat.”

Kesimpulan

Demikianlah doa shalat sunnah dan artinya. Semoga dengan membaca doa-doa shalat sunnah di atas akan membantu kita untuk mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT. Amin.