Doa Shalat Safar dan Artinya
Doa Shalat Safar dan Artinya

Doa Shalat Safar dan Artinya

Shalat safar adalah salah satu jenis shalat sunnah yang diwajibkan bagi orang yang melakukan perjalanan jauh. Shalat safar dilakukan untuk berdoa agar perjalanan diberkahi keselamatan, kemudahan, dan selamat sampai tujuan. Shalat safar ini dilakukan ketika seseorang akan melakukan perjalanan jauh, seperti perjalanan ke luar negeri, ke luar kota, ataupun ke luar desa.

Doa shalat safar bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT agar diberi kesehatan, perlindungan, dan keselamatan dalam melakukan perjalanan. Shalat ini dapat dilakukan oleh orang yang berangkat berpergian ataupun oleh orang yang menyambut orang yang berangkat berpergian.

Tata Cara Shalat Safar

Pada dasarnya, tata cara shalat safar sama dengan shalat sunnah lainnya, hanya saja jumlah rakaatnya berbeda. Tata cara shalat safar adalah sebagai berikut:

1. Baca doa iftitah, sebagaimana biasanya yang dilakukan ketika akan melakukan shalat sunnah lainnya.

2. Shalat dua rakaat dengan cara berdiri, ruku, sujud, dan duduk.

3. Setelah selesai, berdiri lagi dan membaca doa shalat safar, sebagai berikut:

Doa Shalat Safar

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ، اللَّهُمَّ انِّيْ أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تَجْعَلَ السَّفَرَ رَاحَةً لِيْ وَمُسْتَقِيْمًا

Arti Doa Shalat Safar

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau jadikan perjalanan ini menjadi sebuah kesenangan dan kemudahan untukku.

Setelah itu, berdiri lagi dan membaca doa kepada Allah SWT untuk selamat sampai tujuan. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

Doa Selamat Sampai Tujuan

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظْلَلْنَ، وَرَبَّ الْأَرْضِيْنَ وَمَا أَقْلَلْنَ، رَبَّنَا وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ، فَالْحَافِظُوْنَ وَالْحَافِظَاتُ، وَالْمُنْتَقِمُوْنَ مِنْ عَنْ آلِ مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم، رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِيْنَ

Arti Doa Selamat Sampai Tujuan

Ya Allah, Rabb tujuh langit dan apa yang ada di bawahnya, Rabb dua bumi dan apa yang ada di antaranya. Rabb kami dan Rabb-mu adalah Yang Maha Mulia. Hiduplah orang-orang yang melindungi, dan wanita-wanita yang melindungi, dan orang-orang yang menuntut balas dari keluarga Nabi Muhammad Saw. Ya Allah, limpahkanlah kepada kami kesabaran dan matikanlah kami dalam keadaan Islam.

Ketentuan Shalat Safar

Untuk bisa melakukan shalat safar, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, di antaranya:

1. Shalat safar hanya dikerjakan ketika akan melakukan perjalanan jauh. Perjalanan jauh yang dimaksud adalah jauh dari tempat tinggal seseorang selama 3 mil atau lebih.

2. Shalat safar ini dikerjakan oleh orang yang berangkat berpergian atau oleh orang yang menyambut orang yang berangkat berpergian.

3. Shalat safar ini dikerjakan sebelum berangkat berpergian. Jumlah rakaatnya adalah 2 rakaat.

Manfaat Shalat Safar

Shalat safar memiliki banyak manfaat, di antaranya:

1. Memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT dalam perjalanan jauh.

2. Memohon kemudahan dalam menempuh perjalanan jauh.

3. Memohon agar perjalanan berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan.

Kesimpulan

Shalat safar adalah shalat sunnah yang diwajibkan bagi orang yang melakukan perjalanan jauh. Shalat ini dilakukan agar Allah SWT memberikan perlindungan, kemudahan, dan keselamatan dalam perjalanan. Tata cara shalat safar adalah sama dengan shalat sunnah lainnya, hanya saja jumlah rakaatnya berbeda. Shalat safar memiliki banyak manfaat, di antaranya memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT dalam perjalanan jauh, memohon kemudahan dalam menempuh perjalanan jauh, dan memohon agar perjalanan berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan.