Doa Shalat Istikharah Jodoh dan Artinya
Doa Shalat Istikharah Jodoh dan Artinya

Doa Shalat Istikharah Jodoh dan Artinya

Shalat istikharah adalah salah satu dari shalat sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Istikharah berasal dari kata al-istikharah yang artinya berupaya untuk mendapatkan keberuntungan. Shalat istikharah disunnahkan bagi orang yang ingin melakukan sesuatu diantaranya dalam hal jodoh.

Shalat istikharah jodoh adalah shalat yang dilakukan dengan tujuan memohon petunjuk kepada Allah SWT dalam menetapkan pasangan hidup yang baik. Shalat ini sangat dianjurkan sebelum menetapkan pasangan hidup. Shalat istikharah jodoh bisa dilakukan oleh siapapun yang sedang mencari pasangan hidup.

Doa shalat istikharah jodoh merupakan doa yang dibaca oleh setiap orang yang melakukan shalat istikharah. Doa shalat istikharah jodoh ini diawali dengan doa yang biasa dipanjatkan ketika memulai shalat, diikuti dengan doa khusus yang berisi permohonan petunjuk kepada Allah SWT dalam menetapkan pasangan hidup yang baik.

Berikut ini adalah doa shalat istikharah jodoh yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika. Fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta allamu l-ghuyub. Allahumma in kunta ta’lam anna hadza-l-amra (mentebak nama jodoh) khayrun li fi dini wa dunya wa akhirati, faqdirhu li wa yassirhu li thumma barik li fih.”

Arti dari doa diatas adalah: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu dengan segala pengetahuan-Mu, dan aku memohon kekuatan-Mu, dan aku mohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Menentukan dan tidak ada yang dapat menentukan selain Engkau, dan Engkau Maha Mengetahui dan tidak ada yang dapat mengetahui selain Engkau dan Engkau Maha Mengetahui akan segala yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa (mentebak nama jodoh) ini lebih baik bagiku dalam hal agama, dunia dan akhirat, maka tentukanlah untukku dan mudahkanlah untukku, serta berkahilah aku dalam hal ini.”

Doa shalat istikharah jodoh ini dibaca setelah selesai mengerjakan shalat istikharah. Shalat istikharah sendiri dilakukan dengan cara melakukan shalat dua rakaat, setelah itu membaca doa istikharah dan akhirnya berdo’a menurut isi hati yang ingin dimintakan.

Setelah shalat istikharah selesai, seseorang akan merasakan kedamaian dalam hati. Jika tidak merasakan kedamaian dalam hati, maka bisa berarti bahwa Allah SWT belum memberikan petunjuk tentang pasangan hidup yang baik. Namun jika merasa kedamaian dalam hati, maka bisa diartikan bahwa pasangan yang dipilih adalah yang terbaik.

Meskipun demikian, Allah SWT tidak akan menentukan jodoh seseorang kalau ia tidak melaksanakan hak-hak orang lain terlebih dahulu. Oleh karena itu, kita harus bersabar dan bertawakkal kepada Allah SWT. Allah SWT yang Maha Mengetahui akan melakukan yang terbaik untuk hamba-Nya.

Kesimpulan

Shalat istikharah jodoh merupakan shalat sunnah yang bisa dilakukan oleh seseorang yang sedang mencari pasangan hidup. Doa shalat istikharah jodoh berisi permohonan petunjuk kepada Allah SWT dalam menetapkan pasangan hidup yang baik. Setelah melakukan shalat istikharah, seseorang akan merasakan kedamaian dalam hati jika Allah SWT telah memberikan petunjuk tentang pasangan hidup yang baik. Namun ingat, Allah SWT tidak akan menentukan jodoh seseorang kalau ia tidak melaksanakan hak-hak orang lain terlebih dahulu.