Doa Shalat Istikharah dan Artinya
Doa Shalat Istikharah dan Artinya

Doa Shalat Istikharah dan Artinya

Doa shalat istikharah adalah doa yang dibaca setelah selesai melaksanakan shalat sunnah istikharah. Shalat istikharah adalah shalat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk atau bantuan dari Allah SWT. Doa shalat istikharah adalah doa yang berisikan mohon petunjuk dan bantuan dari Allah SWT.

Umat muslim diperbolehkan melaksanakan shalat istikharah dalam berbagai situasi. Seperti saat akan melakukan suatu keputusan penting, memilih jalan terbaik, memilih pasangan, dan lain sebagainya. Shalat istikharah ini bisa dilakukan di mana saja, baik di masjid, di rumah, di kantor, di tempat wisata, di kereta, dan di mana saja.

Niat Shalat Istikharah

Sebelum melaksanakan shalat istikharah, maka yang harus dilakukan adalah niat. Niat ini adalah sebagai penanda bahwa anda akan melaksanakan shalat istikharah. Berikut adalah contoh niat shalat istikharah:

“Nawaitu an usallahi ta’alaa shalata istikharah.”

Artinya: Aku niat untuk melakukan shalat istikharah karena Allah SWT.

Doa Shalat Istikharah dan Artinya

Setelah mengerjakan shalat istikharah, maka anda harus membaca doa shalat istikharah. Doa ini adalah doa yang berisikan permohonan petunjuk dan bantuan dari Allah SWT. Berikut adalah doa shalat istikharah dan artinya:

“Allahumma inni astakheeruka bi’ilmika wa astaqdiruka bi’qudratika wa a’oothu bika min sharri ma sana’tu wa a’oothu bika minal ajzi wa alkasali wa a’oothu bika minal jubni wa alharami wa a’oothu bika min ghalabati alqadhi wa qahri al-‘adl.”

Artinya: “Ya Allah, aku mohon pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku mohon pada-Mu dengan kekuasaan-Mu, aku berlindung pada-Mu dari kejahatan yang telah Engkau ciptakan dan aku berlindung pada-Mu dari kelemahan dan kesedihan, aku berlindung pada-Mu dari kebodohan dan kemaksiatan, aku berlindung pada-Mu dari tindakan yang kasar dan penindasan yang tidak adil.”

Setelah itu, anda dianjurkan untuk membaca doa istikharah berulang-ulang sampai anda merasa bahwa doa tersebut sudah tertanam dalam hati anda. Hal ini bertujuan untuk memperjelas maksud dan tujuan anda saat melaksanakan shalat istikharah.

Keutamaan Shalat Istikharah

Keutamaan yang bisa didapatkan ketika melaksanakan shalat istikharah adalah mendapatkan petunjuk dan bantuan dari Allah SWT. Allah SWT akan memberikan petunjuk dan bantuan kepada orang yang serius menjalankan shalat istikharah. Selain itu, jika anda menjalankan shalat istikharah setiap kali akan mengambil keputusan penting, maka anda akan selalu mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

Oleh sebab itu, jika anda sedang dalam masa bingung dan kebingungan, maka anda dianjurkan untuk melaksanakan shalat istikharah. Shalat istikharah ini bisa menjadi penyelamat anda dari kebingungan yang sedang anda alami.

Kesimpulan

Doa shalat istikharah adalah doa yang dibaca setelah selesai melaksanakan shalat sunnah istikharah. Shalat istikharah adalah shalat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk atau bantuan dari Allah SWT. Doa shalat istikharah berisikan mohon petunjuk dan bantuan dari Allah SWT. Umat muslim diperbolehkan melaksanakan shalat istikharah dalam berbagai situasi. Keutamaan yang bisa didapatkan ketika melaksanakan shalat istikharah adalah mendapatkan petunjuk dan bantuan dari Allah SWT. Jadi, jika anda sedang dalam masa bingung dan kebingungan, maka anda dianjurkan untuk melaksanakan shalat istikharah.