Doa Shalat Hajat dan Artinya
Doa Shalat Hajat dan Artinya

Doa Shalat Hajat dan Artinya

Shalat hajat merupakan sebuah ibadah yang dikerjakan ketika seseorang memiliki hajat tertentu. Shalat hajat dikerjakan dengan tujuan agar hajatnya terpenuhi dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Doa shalat hajat merupakan doa yang dibaca ketika melaksanakan shalat hajat. Doa ini dibaca saat berada di rakaat pertama dan kedua. Berikut adalah doa shalat hajat dan artinya.

Doa Shalat Hajat dan Artinya

Doa dibaca di rakaat pertama adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan hajatku ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan segala kejahatan yang ada di dalamnya.” (HR. Tirmidzi)

Doa dibaca di rakaat kedua adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَأَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat. Aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan di agama, dunia, keluarga, dan hartaku.” (HR. Tirmidzi)

Ibadah shalat hajat merupakan sebuah ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan ketika seseorang memiliki hajat tertentu. Shalat hajat dilakukan dengan tujuan agar hajatnya terpenuhi dan dikabulkan oleh Allah SWT. Doa shalat hajat merupakan doa yang dibaca ketika melaksanakan shalat hajat. Doa shalat hajat tersebut di atas adalah doa yang dibaca di rakaat pertama dan kedua.

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa ibadah shalat hajat merupakan ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan ketika seseorang memiliki hajat tertentu. Doa shalat hajat yang dibaca di rakaat pertama dan kedua adalah doa yang berisi permohonan kepada Allah agar hajatnya terpenuhi dan dikabulkan. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dan kelapangan rezeki untuk semua umat-Nya.