Doa Setelah Wudhu: Tulisan Arab dan Artinya
Doa Setelah Wudhu: Tulisan Arab dan Artinya

Doa Setelah Wudhu: Tulisan Arab dan Artinya

Doa setelah wudhu merupakan salah satu doa yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Doa setelah wudhu ini berisi permohonan kepada Allah agar dapat dipanjangkan umur, dipelihara kesehatan, dipenuhi kebutuhan, dan dimudahkan urusan. Doa ini juga berisi permintaan untuk dijauhkan dari segala macam dosa. Doa ini dibaca setelah melakukan wudhu. Berikut adalah tulisan arab dan artinya.

Doa Setelah Wudhu Arab

Doa setelah wudhu berbunyi “ اللَّهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ”. Ini dibaca dengan mengucapkan “Allahumma inni as-aluka al-`afiyah fiddunya wal-akhirah”.

Arti Doa Setelah Wudhu

Doa setelah wudhu ini berarti “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat”. Doa ini juga bisa diartikan sebagai permintaan kepada Allah agar diberi keselamatan baik di dunia maupun akhirat.

Hukum Membaca Doa Setelah Wudhu

Menurut mayoritas ulama, membaca doa setelah wudhu adalah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat ditekankan). Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang berbunyi “Barangsiapa yang melakukan wudhu lalu mengucapkan: ‘Allahumma inni as-aluka al-`afiyah fiddunya wal-akhirah’, maka akan diberikan kepadanya keselamatan (afiyah) di dunia dan akhirat”. Oleh karena itu, sebaiknya setiap orang yang melakukan wudhu selalu mengucapkan doa setelah wudhu ini.

Makna Doa Setelah Wudhu

Doa setelah wudhu berisi permohonan kepada Allah agar diberikan keselamatan baik di dunia maupun akhirat. Doa ini berisi permintaan agar Allah memberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan duniawi, dipanjangkan umur, dipelihara kesehatan, dijauhkan dari segala macam dosa, dipenuhi kebutuhan, dan dimudahkan urusan. Dengan membaca doa setelah wudhu, insan berharap agar Allah senantiasa melindunginya dan memberikan keberkahan.

Ketentuan Membaca Doa Setelah Wudhu

Mengucapkan doa setelah wudhu hukumnya sunnah muakkadah. Sebagaimana yang disebutkan di atas, doa setelah wudhu ini harus dibaca setelah melakukan wudhu. Tidak ada ketentuan khusus tentang jumlah kali pembacaan doa setelah wudhu. Setiap orang bebas membacanya sebanyak yang ia mau.

Doa lainnya yang Dibaca Setelah Wudhu

Selain doa setelah wudhu, terdapat juga doa lain yang dibaca setelah melakukan wudhu. Doa lainnya yang dibaca setelah wudhu adalah doa “Ya Hayyu Ya Qayyum”. Doa ini berbunyi “Ya Hayyu Ya Qayyum bi-rahmatika astaghiith”. Artinya adalah “Ya Hayyu Ya Qayyum dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan”. Doa ini berisi permintaan kepada Allah untuk diberikan pertolongan dan kuasa-Nya.

Kesimpulan

Doa setelah wudhu adalah salah satu doa yang wajib dibaca oleh semua muslim setelah melakukan wudhu. Doa ini berisi permohonan kepada Allah agar dipanjangkan umur, dipelihara kesehatan, dipenuhi kebutuhan, dan dimudahkan urusan. Doa ini juga berisi permintaan untuk dijauhkan dari segala macam dosa. Doa setelah wudhu berbunyi “Allahumma inni as-aluka al-`afiyah fiddunya wal-akhirah”. Artinya adalah “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan akhirat”. Membaca doa setelah wudhu adalah sunnah muakkadah. Selain doa setelah wudhu, terdapat juga doa “Ya Hayyu Ya Qayyum” yang juga dibaca setelah melakukan wudhu.

Kesimpulan

Doa setelah wudhu adalah salah satu doa yang wajib dibaca oleh semua muslim setelah melakukan wudhu. Doa ini berisi permohonan kepada Allah agar dipanjangkan umur, dipelihara kesehatan, dipenuhi kebutuhan, dan dimudahkan urusan. Membaca doa ini adalah sunnah muakkadah yang sangat ditekankan dan memiliki makna yang sangat luas. Selain doa setelah wudhu, terdapat juga doa “Ya Hayyu Ya Qayyum” yang juga dibaca setelah melakukan wudhu.