Doa Setelah Wudhu Lengkap Dengan Artinya
Doa Setelah Wudhu Lengkap Dengan Artinya

Doa Setelah Wudhu Lengkap Dengan Artinya

Doa adalah kata-kata yang mengandung makna yang ditujukan untuk memohon kepada Allah SWT. Doa penting untuk dibaca setelah melakukan wudhu karena wudhu adalah syarat untuk melakukan sholat. Orang yang melakukan wudhu diharuskan membaca doa setelah wudhu lengkap dengan artinya yang berisi kerendahan hati dan pengagungan terhadap Allah SWT.

Doa Setelah Wudhu yang Dibaca

Doa yang dibaca setelah wudhu adalah: “أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ”. Artinya adalah “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya dan aku juga bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya”.

Doa ini dibaca setelah wudhu sebagai bentuk penghormatan dan pengagungan pada Allah SWT dan mengingatkan kita bahwa sholat yang kita lakukan adalah untuk Allah SWT.

Doa Lainnya yang Dibaca Setelah Wudhu

Selain doa di atas, dianjurkan juga untuk membaca doa lain yang dapat menambah keutamaan wudhu dan sholat. Doa-doa tersebut adalah sebagai berikut:

1. “اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي بَصَرِي نُورًا وَفِي سَمْعِي نُورًا وَعَنْ يَمِينِي نُورًا وَعَنْ شِمَالِي نُورًا وَفَوْقِي نُورًا وَأَسْفَلَ مِنِي نُورًا”. Artinya adalah “Ya Allah, jadikanlah di dalam hatiku cahaya, di dalam pandanganku cahaya, di dalam pendengaranku cahaya, di sebelah kanan cahaya, di sebelah kiriku cahaya, di atasku cahaya, dan di bawahku cahaya”.

2. “اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِّرِينَ”. Artinya adalah “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci”.

3. “اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُغْسَلُ الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ”. Artinya adalah “Ya Allah, bersihkanlah aku dari segala dosa-dosaku sebagaimana pakaian putih dibersihkan dari kotoran”.

4. “اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ الصَّالِحِينَ”. Artinya adalah “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang shaleh”.

Keutamaan Membaca Doa Setelah Wudhu

Dianjurkan untuk selalu membaca doa setelah wudhu lengkap dengan artinya karena memiliki beberapa keutamaan yang perlu diketahui. Beberapa keutamaan dari membaca doa setelah wudhu antara lain:

1. Pahala yang besar dimulai sejak wudhu sampai selesai sholat.

2. Mendapatkan cahaya dan kekuatan untuk melakukan amal shaleh.

3. Meraih perlindungan dari Allah SWT.

4. Bisa menghilangkan dosa-dosa kecil yang telah dilakukan.

Kesimpulan

Doa setelah wudhu merupakan kata-kata yang memohon kepada Allah SWT dan mengagungkan-Nya. Doa ini penting untuk dibaca karena memiliki banyak keutamaan yang akan menutupi segala kekurangan yang ada pada diri seseorang. Oleh karena itu, selalu baca doa setelah wudhu lengkap dengan artinya untuk mendapatkan berkah dan rahmat-Nya.