Doa Setelah Tarawih dan Artinya
Doa Setelah Tarawih dan Artinya

Doa Setelah Tarawih dan Artinya

Masyarakat muslim di Indonesia sudah melakukan ibadah tarawih sejak lama. Ibadah tarawih adalah suatu ibadah sunnah yang dilakukan setelah salat Isya hingga selesai shalat subuh. Banyak umat muslim yang menginginkan mendapatkan pahala dari ibadah tarawih tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan doa setelah tarawih. Berikut ini adalah beberapa doa yang biasa dipanjatkan setelah tarawih.

Doa Setelah Tarawih

Doa yang biasa dipanjatkan setelah tarawih adalah sebagai berikut: “Allaahumma laka sumtu wa ‘alaa rizqika aftartu, Allaahumma taqabbal minni”. Artinya, “Ya Allah, aku telah beribadah kepada-Mu dan berbuka puasa dengan rezeki-Mu. Ya Allah, terimalah dari aku”. Doa ini adalah doa yang terkenal dan biasa dipanjatkan setelah melakukan shalat tarawih.

Selain itu, ada juga doa lain yang biasa dipanjatkan setelah tarawih, yaitu: “Subhanaka Allaahumma wa bihamdika ash-hadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atoobu ilayk”. Artinya, “Maha Suci Engkau ya Allah dan aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampunan-Mu dan aku bertobat kepada-Mu”.

Arti Doa Setelah Tarawih

Doa setelah tarawih yang pertama merupakan doa untuk memohon kepada Allah agar diampuni atas segala dosanya. Doa ini juga mengingatkan kita untuk menghargai rahmat dan nikmat yang diberikan oleh Allah. Dengan berbuka puasa dengan rezeki-Nya, kita dapat menghargai nikmat dan rahmat-Nya.

Doa yang kedua adalah doa untuk memohon ampunan, kebaikan dan rahmat dari Allah. Doa ini mengingatkan kita tentang kebesaran dan kemuliaan Allah. Doa ini juga mengingatkan kita bahwa tidak ada yang berhak diibadahi selain Allah. Doa ini juga mengingatkan kita agar bertobat dan berbuat baik.

Manfaat Doa Setelah Tarawih

Doa setelah tarawih memiliki banyak manfaat bagi umat muslim. Dengan memanjatkan doa, kita berharap dapat mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah. Doa juga mengingatkan kita untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah dan mengingatkan kita untuk menghindari segala bentuk kemaksiatan.

Selain itu, doa setelah tarawih juga bermanfaat untuk menambah iman dan keyakinan kita. Dengan berdoa, kita dapat memperkuat keyakinan kita bahwa Allah itu Maha Pengampun, Maha Penyayang, dan Maha Penyayang terhadap hamba-Nya.

Doa Lainnya

Selain doa-doa di atas, ada juga beberapa doa lain yang bisa dipanjatkan setelah tarawih, antara lain: “Allaahumma inni as’aluka min fadhlika wa rahmatika wa ‘afiyatika wa ‘izzatika”. Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keutamaan, rahmat, kesehatan dan kemuliaan-Mu”.

Ada juga doa lain yang dapat dipanjatkan setelah tarawih, yaitu: “Allaahumma inni as’aluka yaa Muqallibal qulub, thabbit qalbi ‘alaa deenik”. Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, wahai Penguasa hati-hati, teguhkanlah hatiku pada agama-Mu”.

Penutup

Doa setelah tarawih merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pahala dari ibadah tarawih. Dengan memanjatkan doa-doa tersebut, kita dapat memperkuat iman dan keyakinan kita kepada Allah. Doa-doa tersebut juga dapat mengingatkan kita untuk memohon ampunan dan rahmat dari Allah. Semoga Allah menerima doa kita semua.

Kesimpulan

Doa setelah tarawih merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pahala dari ibadah tarawih. Doa-doa tersebut juga dapat mengingatkan kita untuk memohon ampunan dan rahmat dari Allah. Dengan memanjatkan doa-doa tersebut, kita dapat memperkuat iman dan keyakinan kita kepada Allah.